alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bc9e92de2cf27d288b4568/kpk-berharap-publik-kawal-sidang-kasus-e-ktp
KPK Berharap Publik Kawal Sidang Kasus E-KTP
Quote:KPK Berharap Publik Kawal Sidang Kasus E-KTP

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan, kasus atau perkara ‎dugaan korupsi proyek pengadaan E-KTP di Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) tahun anggaran 2011-2012 tidak akan berhenti pada dakwaan atas nama Sugiharto dan Irman yang nanti akan dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Dia menegaskan, nama-nama besar yang tercantum dalam dakwaan Sugiharto dan Irman tidak mungkin ditarik mundur. "Dakwaan telah kita serahkan bersama berkas perkara dua terdakwa. Kita tinggal menunggu sidang yang telah terjadwal 9 Maret 2017. Tentu dakwaan tersebut tidak akan berubah lagi dan bukti-bukti sudah disiapkan," kata Febri saat dihubungi KORAN SINDO, Minggu (5/3/2017).

Febri mengatakan, KPK berharap publik bisa mengawasi jalannya persidangan dan fakta-fakta yang muncul nanti, termasuk nama-nama besar yang tertuang dalam dakwaan atas nama Sugiharto dan Irman.

Persidangan pasti dilakukan secara terbuka. Sebab, dalam pengembangan perkara setelah dakwaan dibacakan dan fakta-fakta muncul menjadi perhatian KPK. "Penyampaian informasi awal kita lakukan sejak proses penyidikan secara bertahap. Kami berharap nanti perkara ini akan dikawal oleh masyarakat juga, agar dapat tuntas," tegasnya.

Febri mengingatkan, seperti yang pernah disampaikan sebelumnya bahwa pengusutan dan penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan E-KTP ini memakan waktu yang cukup lama. Maka, dengan jumlah saksi ratusan serta ribuan berkas perkara, persidangan mulai dari dakwaan, pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan terdakwa, penuntutan, hingga pembacaan putusan pasti akan memerlukan waktu yang juga cukup lama.

Artinya, untuk penetapan tersangka baru tentu akan memakan waktu cukup lama. Febri menegaskan, KPK tidak bicara takut atau tidak terkait munculnya nama-nama besar dalam dakwaan Sugiharto dan Irman dengan pengusutan lanjutannya. Menurut Febri, penanganannya nanti tidak akan menggoyang eksistensi KPK. "Kasus sudah dimulai, dakwaan sudah diajukan, dan persidangan akan dilakukan. Nanti kita akan jalankan terus penanganan perkara ini," tegasnya.

Mantan fungsional Direktorat Gratifikasi KPK ini menambahkan, dalam proses pembuktian nantinya KPK akan berupaya membuktikan unsur-unsur yang ada dalam Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tipikor yang dikenakan ke terdakwa Sugiharto dan Irman. Pasal-pasal tersebut berisi di antaranya ada unsur memperkaya diri sendiri yakni Sugiharto dan Irman, memperkaya orang lain, dan memperkaya korporasi. "Karena dari sanalah nanti salah satu hal yang dibuktikan sampai akhirnya putusan nanti," tandasnya.

Seperti diketahui, Sugiharto adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan E-KTP yang juga Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil). Sementara, Irman adalah mantan Dirjen Dukcapil yang kini menjabat sebagai staf ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik (nonaktif).

(zik)
https://nasional.sindonews.com/read/...ktp-1488752372


bukan Ahok.. emoticon-Hansip
Usut tuntas tuh kasus...

Untung ktp udah dibikin seumur hidup ,jadi kedepannya gk ada lagi kejadian kek gini...
Quote:Original Posted By tarminator
Usut tuntas tuh kasus...

Untung ktp udah dibikin seumur hidup ,jadi kedepannya gk ada lagi kejadian kek gini...


Tetep aja.. bila ada kesalahan data di pusat.. bakal diulang lagi semua... amit2..
Quote:Original Posted By khayalan


Tetep aja.. bila ada kesalahan data di pusat.. bakal diulang lagi semua... amit2..


Yah minimal meminimalisir lah...

Daripada setiap 5 tahun diadakan lelang pengadaan kepingan ktp dan di korupsi...
Usut tuntas. Cabut sampai ke akar emoticon-Mad emoticon-Mad
kasus lama ga beres beres , tinggal di periksa aja yg kemarin mengembalikan uang dari kasus e-ktp ??.?????...??????????????.??.????..???.????????.???????????.??????????????
Bukan ahok, kaga bakal di kawal emoticon-linux2
Quote:Original Posted By dunnyri
Bukan ahok, kaga bakal di kawal emoticon-linux2


Klauaa yaang korupsi sopan apalagi dipake buat amal gak masalah ya bray, kaya status yang banyak beredar di twitter. Padahal beramal harus dari sumber dana yang jelas dan tidak diperbolehkan dari sumber yang abu-abu. Disini mah bebas, yang penting ada duitnya emoticon-Cape d...
jangan ke publik minta pengawalannya
minta tuh pada koordinator ge-en-pe
udah diakui tugasnya sangat bagus buat ngawal2.
Quote:Original Posted By dunnyri
Bukan ahok, kaga bakal di kawal emoticon-linux2


Ahok anggota DPR komisi II bray waktu pembahasan E-KTP. dia termasuk yang balikin duitnya atau kagak itu belum tau brayemoticon-Traveller
ada nasi bungkusnya gk nih emoticon-Leh Uga
Disiarin langsung aja sidangnya klo emang mau sih.. Walopun mungkin gak bakalan rame, tp kan memberi kesempatan buat yg mau ngawal utk ngikutin prosesnya emoticon-Big Grin
kasus e-ktp banyak yang terlibat brey
emoticon-Cool