alexa-tracking

Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bc98ec1ee5df5c128b4576/tiga-pilihan-sby-dan-demokrat-di-pilkada-dki-putaran-kedua
Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua
Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) didampingi Calon Wakil Gubernur Slyviana Murni (kanan) dan Anggota Tim Pemenangannya memberikan keterangan pers di Posko Tim Pemenangan Agus-Slyvi, Jakarta, Rabu (15/2/2017).
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan arah dukungan Partai Demokrat pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, Senin (6/3/2017). Ke manakah partai berlogo tiga berlian ini berlabuh setelah jagoannya Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tereliminasi pada Pilkada putaran pertama?

Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan pernyataan dukungan parati demokrat akan disampaikan di kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat. Dilansir Kompas.com, pernyataan dukungan itu akan disampaikan SBY atau Sekretaris Jenderal Hinca Pandjaitan.

Roy menuturkan, DPP Parta Demokrat akan melakukan rapat rutin pada Senin ini dengan dihadiri SBY. Karena rapat diadakan pasca-penetapan pasangan cagub-cawagub yang maju pada putaran kedua, SBY akan sekaligus mengumumkan dukungan partainya.

Partai Demokrat memiliki tiga pilihan pada putaran kedua Pilkada DKI, yaitu nonblok, memilih kandidat Paslon nomor urut dua, dan memberikan dukungan kepada kandidat Paslon nomor urut tiga. Roy Suryo, dikutip Republika, menegaskan partainya lebih condong ke pilihan pertama, yakni bersikap nonblok.

Roy mengatakan sedari awal partainya sudah mengusung pasangan calonnya sendiri, Agus-Sylvi. Roy menegaskan, sikap yang akan diputuskan partai tidak ada hubungannya dengan dengan hasil dari pertemuan dengan ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keputusan itu, kata Roy, sifatnya lebih kepada hasil dari pertimbangan internal dari partai dan masukan dari beberapa kalangan.

Demokrat yang mengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni jeblok pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berlangsung pada 15 Februari lalu. Agus-Sylvi gugur pada putaran kedua karena perolehan suara keduanya paling rendah dibandingkan kedua pasangan penantangnya. Agus-Sylvi memperoleh 937.955 suara atau sekitar 17,05 persen.

Pasangan calon nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 2.364.577 suara atau 42,99 persen. Adapun pasangan calon nomor tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, memperoleh 2.197.333 suara atau 39,95 persen.

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta telah menetapkan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi sebagai peserta putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 pada Sabtu (4/3/2017). Kedua pasangan calon akan mulai berkampanye pada Selasa (7/3/2017) dan berakhir 15 April 2017. Sementara pemungutan suara putaran kedua dilaksanakan pada 19 April 2017.

Dalam Pilkada serentak 2017 yang melibatkan 101 daerah, Partai Demokrat mengklaim memenangkan 50 persen dari pemilihan yang diikuti. Perolehan partai berlogo tiga berlian itu masih kalah ketimbang Partai Golkar.

Separuh lebih (53,46 persen; 54 dari 101) kepala daerah yang terpilih melalui pemilihan langsung melalui Partai Golkar. Dari 310 paslon, ada 54 calon kepala daerah dukungan Golkar yang menang, dari kader Golkar, kader partai lain, maupun bukan dari kalangan partai.

Dari 15 partai peserta Pilkada 2017 (termasuk 3 partai lokal di Aceh), Golkarlah yang paling aktif dalam pilkada (95 partisipasi). Peringkat itu disusul oleh PDIP (89), dan Demokrat (89), Nasional Demokrat (84), dan Partai Amanat Nasional (82).
Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-putaran-kedua

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua Polemik surat Sudirman kepada Freeport

- Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua Mbah Priok: ABK atau ulama?

- Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua Pengampu Dua Masjid Suci di Pulau Seribu Pura

×