alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bc3003c1cb17b0088b4568/fun-facts-theme-park-legendaris-indonesiapic
Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic)
Quote:Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic)Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic)Halo agan-agan sekalian, perkenalkan kami adalah Theme Park Journey suatu komunitas Pecinta Theme Park di Indonesia. Di kesempatan ini kami mau share mengenai sejarah theme park berteknologi tinggi pertama yang ada di Indonesia yaitu DUNIA FANTASI.
Di thread sebelumnya kami sempat membahas mengenai sejarah Dunia Fantasi mulai dari awal pembangunan, siapa orang-orang yang terlibat, wahana Istana Boneka, Balada Kera, theme song sampai di hari pembukaannya pada 29 Agustus 1985. Buat semua pembaca yang belum pernah membacanya bisa langsung klik link PART 1sebelum membaca thread berikut.
Di part 2 ini kami akan melanjutkan sekaligus menambahkan kisah sejarah Dunia Fantasi; meliputi Dunia Fantasi Legends, Karakter Dunia Fantasi, Studio Fantasi, Parade Akbar dan Elektrik Dunia Fantasi, Panggung Maksima, Pentas Animatronik di Dunia Fantasi, serta 2 kawasan tambahan yaitu Yunani dan Fantasi Hikayat berikut wahananya.
Are you ready guys?


Dunia Fantasi Legends; Alm. Soedharnoto & Alm. Alex Kumara.
Quote:Mungkin kalian bingung mengapa kami menuliskan Alm. Soedharnoto & Alm. Alex Kumara dalam Dunia Fantasi Legends. Bagi yang belum mengetahui siapakah mereka, Bapak Soedharnoto adalah seorang Komposer Indonesia legendaris yang dikenal dengan lagu ciptaanya Garuda Pancasila. Beliau ikut andil dalam menciptakan theme song di Dunia Fantasi, Balada Kera, Istana Boneka dan Puri Misteri.
Sedangkan Bapak Alex Kumara adalah tokoh industri pertelevisian nasional yang juga dikenal sebagai salah satu perintis berdirinya RCTI, SCTV, TRANS TV dan TV ONE. Juga perintis ide teknis musik di Dunia Fantasi bersama Bapak A.Teddy Darmanto selaku Pimpinan Proyek Dunia Fantasi/ Bengkel Dunia Fantasi.
Quote:Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic) Sudharnoto, Alex, Teddy Saat berkunjung ke Tokyo Disneyland
Singkat cerita ketiga legends tersebut bekerjasama menciptakan lagu dan melakukan eksperimen audio system dan recording untuk Istana Boneka dan Balada Kera. Awalnya Teddy Darmanto memiliki ide untuk menggunakan 2x24 track 2inch + 2x4 track Otari = 56 track synchronization. Play back system dengan 24 track 2inch machine (biasanya dipakai untuk master recording) tetapi karena akan dipakai untuk Istana Boneka yang endless show, maka harus dibuat tape machine play back 24 track, demikian juga untuk Balada Kera. Bayangkan, dalam satu hari bisa sampai 8x show tentu saja sangat berisiko untuk rewind dan play berulang kali karena akan cepat merusak kualitas audio maupun data sehingga Alex Kumara mencetuskan ide bersama untuk membuat sebuah machine khusus dengan model seperti kaset endless loop ukuran cassette 90cm x120cm tebal 75mm, anti-magnetik. Ujung akhir pita tersambung dengan awal tanpa mekanikal sehingga tidak ada tension pada pita. Manufacture mesin dipesan ke Quantum Industry El Segundo California.
Proses recording Audio Istana Boneka dan Balada Kera memakan waktu kurang lebih 6 bulan bersama Teddy, Soedharnoto, dan Alex Kumara.
Yakti Mintareja selaku Engineering Mechanical BenDufa (Bengkel Dunia Fantasi) ikut serta dalam membuat figure animatronik Balada Kera dan Istana Boneka serta mengatur tekanan kompresor pada setiap boneka agar semua berjalan mulus dan alami. Suhaedi selaku programmer saat itu memprogram satu persatu boneka agar sesuai dengan irama, dengan menggunakan computer AT386 dan Apple yang merupakan perangkat paling canggih pada masa itu.
Istana Boneka menggunakan tape machine playback 24, dimana 20 track digunakan untuk mengisi audio Istana Boneka. Track 21 untuk SMPTE TIMECODE dan track 22 untuk untuk program animatronik. 2 track sisanya adalah sebagai backup. Pada akhirnya hampir seluruh figur dan dekorasi yang bergerak terprogram dalam satu computer, disesuaikan dengan irama lagu setiap kawasan atau daerah, namun seiring berjalannya waktu sistem ini tidak berjalan lagi.
Pada tahun 1986 sempat dibuat recording dengan narasi Istana Boneka dalam bentuk kaset pita kemudian dijual komersil. Kaset ini dinarasikan oleh tokoh Ibu, Bobon dan Boni yang sedang berkunjung ke Dunia Fantasi dan menaiki wahana Istana Boneka.
Terima kasih Pak Soedharnoto, Pak Alex Kumara yang telah ikut serta dalam pembangunan Dunia Fantasi dan menginspirasi kita sebagai generasi penerus bangsa.

Lagu soundtrack Istana Boneka & Balada kera juga Sempat dirilis ke publik pada tahun 1996
Spoiler for KASET LAGU ISTABON & BALARA :
Spoiler for Lagu istabon bisa didengar disini:



Karakter Dunia Fantasi
Spoiler for Karakter:


Studio Fantasi (Stufan)
Quote:
Spoiler for STUDIO FANTASI:



Pentas AnimatronikQuote:
Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic)
Dari thread sebelumnya kita sering menyebutkan tentang animatronik, mungkin banyak yang belum mengerti apa sih maksudnya?
Animatronik adalah akronim kata dari animasi, mekanikal dan elektronik. Penggabungan seni dengan teknologi demi menciptakan suatu figur yang bisa bergerak layaknya makhluk hidup. BenDufa sudah menciptakan lebih dari 600 buah animatronik buatan lokal yang tidak kalah dengan teknologi yang dimiliki Disneyland saat itu. lengkap dengan pembuatan moulding dan
Berikut adalah beberapa set di Dunia Fantasi yang menggunakan teknologi animatronik:

Panggung Jakarta
Spoiler for Panggung Jakarta:


Panggung BNI
Spoiler for Panggung BNI:


Shooting Gallery
Spoiler for Shooting Gallery:


emoticon-Jempol

LANJUT POSTINGAN DIBAWAH YA GAN.... hehehe

Fun Facts Theme Park Legendaris DUFAN Indonesia(pic)

Quote:
Beruang Madu atau Care Bears
Spoiler for Beruang Madu:


Teater Sang Pelopor "SARCOS"
Spoiler for Teater Sang Pelopor "SARCOS":



Kawasan Fantasi Hikayat
Quote:Kawasan ini merupakan hasil dari master plan Dunia Fantasi yang merencanakan hadirnya 4 kawasan yaitu; Fantasi Keliling Dunia, Fantasi Hikayat, Fantasi Masa Depan dan Fantasi Petualang. Sayangnya perluasan tersebut terhenti di Fantasi Hikayat. 2 kawasan lagi yang belum terlaksana sampai sekarang yaitu Fantasi Masa Depan dan Fantasi Petualang.
Teater Antariksa
Spoiler for Teater Antariksa:


Quote:Quote:Original Posted By iho_growler
Kalo asal-usul kalimat "Segede Gaban" tau ngga gan? Denger denger dulu sekitar tahun 90-an awal ada patung Gaban yang tingginya 10 meter di Dufan? Bener ngga?

ROBOT YANG MENJADI TOPIK SEGEDE GABAN
Fun Facts Theme Park Legendaris Indonesia(pic)
Hmmm... ini juga sedang ramai menjadi topik di sosial media. karena ada quote dan foto Robot Animatronik tersebut yang sudah di EDIT kepalanya... dijadikan Quote Segede Gaban yang dikaitkan dengan patung Robot didepan wahana Teater Antariksa. sebetulnya saat itu Dunia Fantasi Bekerjasama dengan Serial TV jepang yang sedang tayang di Indonesia yaitu GENZI ZARBOGAR yang sempat dipentaskan di Panggung Maksima Dunia Fantasi juga. itu adalah Robot Animatronik Terbesar yang pernah dibuat oleh BenDufa, kemudian Wahana Teater Antariksa juga sedang menayangkan film Robocop jadilah BenDufa Menciptakan Robot tersebut sebagai IKON. dulu dia bisa menggerakan tangan kepala kaki dsb setiap setengah jam. sebetulnya tidak ada hubungannya dengan GABAN hanya saja anak-anak generasi 90an ditayangkan dengan Film seri GABAN dari situlah orang2 menyangka itu Robot Gaban atau prakiraan Lainya adalah ROBOCOP, sebetulnya hanya karakter robot yang diciptakan saja oleh BenDufa.
Jadi yang sedang ramai di sosial media itu kurang tepat, namun itulah bagaimana pendapat orang dalam mengingat suatu IKON sesuai jamannya yang ada Di Dunia Fantasi. mungkin kalau sekarang orang bisa menyebutnya sebagai IRON MAN hahahaha...


Kawasan Fantasi Hikayat kemudian memberikan 4 wahana baru yaitu Rajawali, Burung Tempur, Puri Misteri dan Rama Shita. Puri Misteri dan Rama Shita adalah 2 wahana fenomenal yang akan kita kupas di thread terpisah yang akan datang... karena tidak akan cukup kalau digabung di sini. hihihi, tapi sebelumnya Kami berikan teaser supaya kalian bisa kebayang dan penasaran bagaimana serunya cerita di balik 2 wahana tersebut.
PURI MISTERI
RAMA SHITA LEGENDA MASA DEPAN
youtube-thumbnail



Selanjutnya kita akan membahas mengenai Wahana Puri Misteri Rama Shita yang sangat fenomenal, lengkap dengan Gambar dan Audio nya emoticon-Toast
Sekian dulu Thread dari kami semoga bermanfaat dan infomatif untuk generasi berikutnya... mohon maaf jika ada kesalahan dalam thread maklum ane masih newbie... salam...emoticon-Cendol (S)
emoticon-I Love Indonesia (S) . mohon minta cendolnya agan sekalian dan Jangan lupa di Rateemoticon-Rate 5 Star emoticon-Cendol (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast emoticon-Toast

rasanya jadul bgt ngeliat foto-fotonya

emoticon-Matabelo

sekarang masih ada parade kyk dulu kah?

jarang kesono

emoticon-Hammer2
ane kira itu fotonya Dono Kasino Indro emoticon-Hammer2
Parade Masih ada Gan setiap hari minggu... cuman gak se meriah jaman dulu...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)