alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bbc1c454c07acb568b4568/polemik-surat-sudirman-kepada-freeport
Polemik surat Sudirman kepada Freeport
Polemik surat Sudirman kepada Freeport
Menteri ESDM Sudirman Said, pendahulu Ignasius Jonan, saat rapat kerja dengan Komisi Energi DPR, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2016). Surat Sudirman saat masih negoisasi dengan Freeport kini menjadi senjata buat Freeport.
Hubungan Pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang tengah tegang, membuka masalah lama.

Kali ini, surat yang dikirimkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pendahulu Ignasius Jonan, Sudirman Said yang menjadi polemik.

Sudirman Said, saat masih menjabat menteri pernah mengirim surat kepada PTFI sebagai balasan atas permohonan operasi PTFI pada 9 Juli 2015.

Sudirman membalas surat itu kepada Freeport McMoran Inc, induk PTFI pada 7 Oktober 2015.

Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoRan Richard C. Adkerson menyatakan, pada 7 Oktober 2015, pemerintah telah memberikan kepastian perpanjangan kontrak.

"Kami bicara konsisten sesuai peraturan di Indonesia. Juga konsistensi dari pemerintah, 7 Oktober 2015 yang mana kami diberikan kepastian," kata Adkerson, Senin (20/2), seperti dinukil dari Liputan6.com.

Dalam surat itu, Sudirman Said menuliskan empat poin.

Berikut petikan surat tersebut.

Yang terhormat,Sdr James R. MoffetChairman of the Board Freeport McMoran Inc

Terima kasih atas surat saudara tanggal 7 Oktober 2015. Sehubungan dengan surat tersebut dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Sambil melanjutkan proses penyelesaian aspek legal dan regulasi, pada dasarnya PT Freeport Indonesia dapat terus melanjutkan kegiatan operasinya sesuai dengan kontrak karya hingga 30 Desember 2021.

2. Pemerintah telah menerima permohonan perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia melalui surat tertanggal 9 Juli 2015, sebagaimana kami sampaikan melalui surat tanggapan nomor 6665/05/MEM/2015 tanggal 11 September 2015.

3. Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan penataan ulang regulasi bidang mineral dan batubara agar lebih sesuai dengan semangat menarik investasi bidang sumber daya alam di Indonesia.

PT Freeport Indonesia dapat segera mengajukan permohonan perpanjangan operasi pertambangan, setelah diimplementasikannya penataan peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut dipahami bahwa persetujuan atas permohonan tersebut nantinya akan memberikan kepastian dalam aspek keuangan dan hukum yang sejalan dengan isi kontrak yang saat ini berlaku.

4. Dapat ditegaskan bahwa terkait permohonan perpanjangan kontrak PTFI, kami memahami bahwa Pemerintah Indonesia dan PTFI telah berdiskusi dan menyepakati seluruh aspek dalam Naskah Kesepakatan Kerjasama yang ditandatangani pada 25 Juli 2014.

Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan investasi asing di Indonesia, namun karena perlunya penyesuaian peraturan yang berlaku di Indonesia maka persetujuan perpanjangan kontrak PTFI akan diberikan segera setelah hasil penataan peraturan dan perundangan di bidang mineral dan batubara diimplementasikan.

Sebagai konsekuensi atas persetujuan tersebut, PTFI berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar tambahan 18 miliar Dollar Amerika untuk kegiatan operasi PTFI selanjutnya.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Menteri Energi dan Sumber Daya MineralSudirman Said.

Menurut peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gajah Mada (UGM) Fahmy Radhi, surat ini melemahkan posisi Indonesia.

Tapi, PTFI kecil peluang menangnya karena mereka belum mematuhi pembangunan smelter sebagaimana yang disyaratkan dalam undang-undang.

"Peluang kita itu 70 persen, dia 30 persen," ujar Fahmy seperti dipetik dari CNNIndonesia.com.

Sebab, permintaan pemerintah agar PTFI ini membangun smelter berdasar Undang-Undang. "Selama dasarnya UU, itu jadi pertimbangan kuat," ucap Fahmy.

Menurut Sudirman, surat itu harus dipahami sebagai proses negoisasi yang sedang berlangsung waku itu. "Surat itu ditulis atas perintah Pak Presiden (Joko Widodo)," ujarnya seperti dipetik dari detikFinance, Jumat (3/3).

Sudirman telah menjelaskan perihal surat ini kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Sebelum surat tersebut dibuat, Presiden melakukan pertemuan dengan Chairman Freeport McMoRan James Moffett. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan, Sudirman diminta membuat surat tersebut.

Sudirman menyebut sudah melapor ke Presiden. "Tidak ada resiko hukum atau prosesnya prudent (hati-hati)," ujar Sudirman.

Sebab dalam surat tersebut pemerintah juga tetap mendorong Freeport melakukan investasi. "Enggak ada yang dilanggar. Pada waktu itu pesannya kira-kira kita undang investasi kok," kata dia.
Polemik surat Sudirman kepada Freeport


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...epada-freeport

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Polemik surat Sudirman kepada Freeport Mbah Priok: ABK atau ulama?

- Polemik surat Sudirman kepada Freeport Pengampu Dua Masjid Suci di Pulau Seribu Pura

- Polemik surat Sudirman kepada Freeport Bagaimana modus kartel membuat harga cabai melonjak