alexa-tracking

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bb31eadc06bd8e718b4569/nah-loh-astronotnya-sudah-jawab-bumi-datar-vs-bumi-bulat
Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat
Lagi banyak yang bahas teori flath earth di wall FB ane, jadi penasaran juga. Yang benar mana? Bumi datar atau bulat? Sayangnya fikiran jadi kacau karena memang tidak punya kapasitas untuk memahami berbagai teori–teori sains yang tidak mudah dicerna oleh saya yg awam. Ada beberapa yang bisa dipahami tapi ada lebih banyak lagi pembahasan yang bikin kepala jadi puyeng tujuh keliling.

Seperti orang-orang biasa pada umumnya, ane awalnya mempercayai bahwa bumi itu bulat. Tapi akhir-akhir ini banyak berseliweran di medsos postingan yang membahas tentang teori flat earth, yang kemudian ujung-ujungnya membawa saya untuk menyimak beberapa seri video flat earth di youtube. Hasilnya, jujur saja membuat pusing. Ada beberapa argumen yang terasa masuk akal, dan ada juga yang susah di cerna oleh otak ane yang pas-pasan ini. Tapi video itu sukses membuat ane ragu dan bertanya-tanya, benarkah bumi itu datar ?

Jadi, mulailah rasa penasaran itu lama kelamaan makin membesar. Membaca artikel-artikel dan menyimak berbagai video adalah sarana untuk mengobati rasa penasaran itu. Tapi akhirnya justru tambah mengarah kepada kekacauan berpikir saja.

Oh ya ane teringat ada astronot muslim yang pernah mampir di stasiun luar angkasa ISS tahun 2007 lalu dan masih hidup sampai sekarang. Beliau adalah Dr.Sheikh Muszaphar Shukor. Menurut ane, cara yang paling benar dan paling sahih untuk mengetahui bumi itu datar atau bulat adalah bertanya langsung ke orangnya yang pernah benar-benar naik ke luar angkasa.
Spoiler for "Astronot Malaysia":

Sebab Seeing is believing, melihat sendiri sesuatu itu merupakan fakta yang kuat. Ada beberapa poin penting yang bisa kita jadikan pegangan disini agar bisa percaya dengan perkataan beliau :

Quote:1. Beliau seorang muslim yang berhak dipercaya.
Spoiler for "Bersama Keluarga":

Terlebih lagi beliau bukan muslim biasa-biasa saja, beliau adalah seorang cendekiawan muslim, seorang doktor ortopedi yang mendapat tugas untuk menjalankan percobaan-percobaan di bidang kesehatan di dalam ISS, yaitu karakteristik dan perkembangan sel-sel kanker hati dan leukimia, serta kristalisasi berbagai protein dan mikroba pada gravitasi rendah. Malaysia saat itu mengadakan pemilihan astronot dari 11.000 calon yang mendaftarkan diri. Calon yang terpilih menjalani latihan terakhir di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan. Muszaphar dan tiga calon akhir yang lain dipilih pada awal tahun 2006. Setelah selesai menjalani latihan di Star City, Rusia, Sheikh Muszaphar dipilih sebagai calon utama astronot pertama Malaysia. Kebayang kan gimana spesialnya beliau?


Quote:2. Dewan Fatwa Malaysia ( Sejenis MUI ) sampai menerbitkan buku khusus mengenai panduan muslim di Antariksa

Spoiler for "Buku Panduan Di Luar Angkasa":

Buku ini mengatur tata cara salat di ruangan tanpa gravitasi, bagaimana mencari kiblat dari ISS, bagaimana menentukan waktu salat, dan bagaimana berpuasa, mengingat beliau berada di ISS selama Ramadhan . Bahkan, Sheikh Muszaphar juga merayakan hari raya Idul Fitri di luar angkasa. Ini adalah bukti bahwa pemerintah Malaysia melalui kementrian agamanya dalam keadaan “yakin” bahwa beliau benar-benar terbang ke luar angkasa.


Quote:3. Kerjasama program luar angkasa bukan dengan NASA, tetapi dengan Rusian Federal Space Agency
Spoiler for " Soyuz TMA-11":

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa golongan Flat Earth sangat anti dengan NASA. Apapun yang bersumber dari NASA adalah hoax atau kebohongan semata. Sedangkan misi penerbangan astronot Malaysia adalah hasil kerjasama antara pemerintah Malaysia dengan Rusia. Misi itu sendiri merupakan bagian dari paket pembelian 18 pesawat tempur Sukhoi milik Rusia oleh Malaysia pada tahun 2003. Pesawat Rusia yang bernama Soyuz TMA-11 itu meluncur di Kazakhstan dan mendarat juga di negara yang sama.

Tidak seperti NASA, Program Luar angkasa Rusia malah sangat jarang dibahas oleh golongan Flat Earth (Atau mungkin tidak ada?). Ane sendiri sudah membaca lumayan banyak artikel,postingan medsos, dan komentar-komentar di youtube tentang bentuk bumi, tapi belum mendapati yang secara khusus membahas tentang Program Antariksa Rusia.

Okelah kalau yang dari Rusia ini juga dianggap palsu. Paling tidak Space Program Rusia tidak “sekotor’ NASA yang kerap jadi bahan bullyan Flat Earth.


Nah..

Berangkat dari tiga poin itu, ane berinisiatif untuk bertanya langsung sm beliau, mencari akun medsosnya dan alhamdulillah memang ada dan aktif ngepost . Hasilnya, kurang dari 24 jam pertanyaan ane sudah dijawab. BUMI MEMANG BULAT. Yes.. I do believe, ane percaya gan.. Karena memang tidak ada alasan untuk tidak percaya. Beliau adalah seorang musllim baik-baik yang berprestasi dan berpredikat baik, muslim yg menjalani kehidupan normal dan tidak aneh-aneh. Tidak ada salahnya untuk percaya. Itu saja sebenarnya sudah cukup untuk menutup pembahasan yang maha tidak penting ini pada kesimpulan akhir, bahwa bumi memang bulat.
Spoiler for "Jawabannya gan":

Tapi..

bakal lain cerita kalau Dr.Sheikh Muszaphar dianggap berbohong,terlibat konspirasi elit global, antek Yahudi,atau malah mungkin mempertanyakan keislaman beliau,dst. Naudzubillah!! Jawaban itu akan sia-sia saja. Tidak ada nilainya sama sekali.

Dan juga, andai satu hari si Fulan penganut Flat Earth itu punya kelebihan duit dan berencana terbang ke atas juga untuk memastikan, kemudian mendapati fakta bahwa bumi bulat, lalu ia menceritakan apa yang dia lihat, niscaya teman sesama Flat Earthnya tidak akan ada yang percaya. Ia akan dengan mudahnya dicap sebagai pembohong. Begitu aja terus seperti lingkaran setan.

Lantas kita mau percaya sama siapa, Jika saudara seiman saja tidak bisa kita percaya? Mau kembali ke teori-teori njlimet itu? Percayalah. Yang anda dapatkan hanyalah kekacauan pikiran. Kecuali basic ilmu anda memang dari sains jadi bisa paham,membandingkan, dan membuat pilihan.

Wallahu A’lam


Sumber : blog ane. Hasil pemikiran Sendiri gan. Data-data diambil dari wikipedia



ANE TAMBAHIN GAN.. Bagaimana cara membuktikan sendiri bumi bulat atau datar. Modalnya hanya jaringan internet dan photoshop aja untuk membuat garis lurus

Quote:Original Posted By amikamiya
Kalau mau usaha cari sendiri gambar curvature/lengkungan sangat gampang. Hanya modal internet dan software saja untuk membuat garis lurus. Ada banyak dokumentasi balon cuaca bertebaran di google. Silahkan ambil random sampel fotonya. Cari yang masih ori yg belum tersentuh software, dan hindari juga yg memakai kamera yg berefek fish eye seperti gopro dan semacamnya. File foto di bawah ini ORIGINAL/ASLI,belum tersentuh editan software apapun, ketinggian 17 mil (27km). kemudian saya buatkan garis lurus di photoshop buat panduan, jadi kelihatan lengkungannya.

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat


cek sumber gambar orinya di sini https://glossarch.files.wordpress.co...12/07/0472.jpg


Berikutnya cara mengecek foto itu masih virgin/ori/asli atau tidak adalah dengan mengecek metadanya/file exifnya. Kl belum tau caranya klik kanan foto > klik properties > trus klik kolom details. Akan muncul seperti di gambar. berikut cara melihat perbandingannya

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat


Geser lagi slider ke bawah. Akan kelihatan perbedaannya. Foto asli walaupun sudah di edit pakai software data exiff kameranya tetap ada. tapi di kolom " program name" sudah tertera program editornya. Contohnya foto-foto luar angkasa terbitan NASA, file fotonya asli ada data exiff kamera tapi foto-fotonya sudah status "edited" semua. Jika foto dalam proses editing berpindah layernya maka Data-data exiff bawaan foto itu akan hilang,seperti contoh gambar dibawah

Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat

Ini kameranya yg dipakai, bukan kamera atau lensa fish eye
Nah loh Astronotnya Sudah Jawab, Bumi Datar VS Bumi Bulat


masih ada bahas kek gini ya gan, ane males mikir mau bulat mau datar, yang penting ibadah lancar
kalo kaum FE mah ga bakal percaya dan menganggap semua itu cuma rekayasa, CGI dan konspirasi mamarika

dan mereka lebih percaya sama video2 di yutub emoticon-Najis (S)

makanya ane bilang
TIADA FLAT EARTH YANG TIDAK GOBLOK

itu sudah emoticon-Angkat Beer
lha iya masih aja mikir bumi datar, ane nyampe bingung sendiri emoticon-Bingung
Kalo gag percaya juga, mungkin penganut FE bisa patungan buat kirim 2 orang dari kalangan FE untuk ke luar angkasa
Kek gini masih banyak di perbincangkan yak, sudah jelas semua-nya toh, bairlah kaum FE masih dengan kepercayaan mereka sendiri emoticon-Big Grin
tuh astronot favorit gwe gan sis...

emang betul kok bumi ini sphere...

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
Kalau di abad pertengahan ok lah hal ini jadi perdebatan, kalau jaman sekarang kan sdh jelas, teknologi nya ada, bingung ane
Teori2 yang sudah ber tahun tahun lamanya, dan teori yang hanya berjam jam saja... lebih percaya teori sebentar emoticon-Leh Uga

Dasar kaum tepos emoticon-Leh Uga bulat itu lebih ... emoticon-Betty
Mantap gan emoticon-Keep Posting Gan

Banyak FE yang bilang GE ga logis, ga masuk akal, pusing. Lebih masuk akal FE, gampang dll
Ya itu karena ente ga paham dengan ilmunya. 1 jam browsing di Internet beda dengan orang yang kuliah/belajar fisika, astronomi.

Jangan cuma pikir kita2 dibohongin NASA pikir juga ente dibohongin sama BossDarling pembuat video FE101.
Siapa dia emoticon-Bingung (S) punya ilmu apa dia di bidang Fisika dan Astronomi? Yang ada dia cuma translate, ngambil sumber dari luar FE luar terus dibuat versi Indonesianya.

Quote:Apabila perkara diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya maka tunggulah kiamat/kehancuran itu. (HR Al-Bukhari dari Abi Hurairah).

Di thread sebelah ane dicerca sama salah seorang penganut FE, udah kaya yg paling pinter sedunia aja tuh emoticon-Traveller


Makan tuh datar emoticon-Wkwkwk
Nah loh,

Nah loh, avatar TSnya cantik .........................emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By streamous
Di thread sebelah ane dicerca sama salah seorang penganut FE, udah kaya yg paling pinter sedunia aja tuh emoticon-Traveller


Makan tuh datar emoticon-Wkwkwk


link gan?
Bosen bahas kayak gini emoticon-Smilie
Dah jelas banget gan ini mah..
Klo masih gak percaya namanya orang bebal
yoi sesama umat harus saling percaya perkataan umat lainnya. wkwkwk padahal yg ngomong cuma manusia juga yg merupakan tempat segala khilaf dan godaan duniawi.
Tidak usah saling menghina dan mengejek pemikiran orang lain, kalian gak percaya ya sudah ga usah di hina dan di ejek, toh ga bakal merugikan kalian. Kaliam diamkan saja, mereka juga ga bakal ganggu atau kontak kalian kok. Nanti suatu saat ketika kalian mati juga kalian akan tahu sendiri tentang ciptaan tuhan. Peace emoticon-Smilie
* dalamnya lautan bisa di ukur, dalamnya hati org hanya dia dan tuhan yang tahu *
haha emoticon-Big Grin
disini ada, disana ada, bingung nonton yang mana emoticon-Bingung
Bosen lama2 bahas kayak gini..
Flat Earth lagi .... itu mah cita cita orang yang pengen jalan jalan ke bulan. biar diajak. mau diomongin apapun nggak bakal denger mereka mah.
Masih dibahas lagi rupanya
Sekalian Gemboked pejwan