alexa-tracking

Ini Komentar Jokowi soal Kisruh Freeport di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ac846bd675d48e558b4569/ini-komentar-jokowi-soal-kisruh-freeport-di-indonesia
Ini Komentar Jokowi soal Kisruh Freeport di Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan permasalahan PT Freeport Indonesia kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Saat ini proses negosiasi antara pemerintah dan perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut menemui jalan buntu. ‎"Tanya Menteri ESDM," ujar dia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/2/2017).
Quote:
Jangan mudah menyerah ...
Quote:
image-url-apps
Spoiler for Jokowi Tak Beri Keistimewaan, Freeport Ancam PHK Karyawan & Gugat Pemerintah Indonesia ke Arbitrase:
image-url-apps
Spoiler for Menteri Jonan: Freeport Mau Berbisnis atau Berperkara?:
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Kampret emoticon-fuck3 bikin trit jam gini emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:

Baru bangun tidur gan ,.. Mau Tidur lagi susah

image-url-apps
Nasbungtaik memuja yg 10 tahun berkuasa,dimana logikanya ya? Gada hasilnya apapun 10 tahun!
nasbung diem seribu bahasaemoticon-Leh Uga

kata nya nasionalist dan benci ahok cina yg gak nasionalist, ehhhhhhh kalo udah pemerintah vs freeport aja diem kek jangkrik, krik krik krikemoticon-No Hope
image-url-apps
Quote:


Tuh hasilnya ormas barbar yg mengira diri mereka suci yg Ada cm bahan tertawaan dan di sumpahin biar siaL hidup mereka dalam cari makan
image-url-apps
Quote:


Luhut Yakin Pemerintah Indonesia Menang Lawan Freeport

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa pemerintah siap menghadapi Freeport dalam atbitrase internasional. Ia meyakini pemerintah Indonesia bisa menang melawan Freeport.

Sebab, selama ini memang sudah banyak kesepakatan yang dilanggar oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu.

"Kalau yang kita hitung, harusnya kita menang dong. Kan 2009 harusnya dia sudah buat smelter, dia tidak buat smelter. Dia harus divestasi 51 persen, dia tidak divestasi waktu itu. Jadi apa lagi?" kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Luhut mengaku sudah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo terkait ancaman atbitrase yang diajukan oleh Freeport. Presiden, lanjut dia, pada prinsipnya setuju bahwa Indonesia sudah memberikan opsi terbaik bagi Freeport yang tidak melanggar undang-undang dan peraturan yang ada.

Namun, apabila Freeport tidak puas dengan opsi yang diberikan pemerintah dan berniat menempuh langkah hukum, maka Indonesia akan menghadapi.

"Nanti kita siap jika diajukan, kita akan layani dengan baik," ucap Luhut. Luhut juga menegaskan bahwa banyak perusahaan internasional lain yang dengan profesional mau berdiskusi dengan pemerintah.

Oleh karena itu, ia menilai harusnya Freeport juga bisa berdiskusi dengan pemerintah apabila memiliki kemauan yang sama.

"Chevron, 300 miliar dolar AS company, mereka dengan profesional negosiasi dengan kita. Tidak ada yang tidak bisa diselesaikan kalau kita mau selesaikan dengan baik," ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi untuk PT Freeport Indonesia (PTFI) berdasarkan peraturan pemerintah nomor 1 Tahun 2017 (PP 1/2017).

Aturan tersebut mewajibkan perusahaan tambang pemegang Kontrak Karya (KK) untuk mengubah status kontraknya menjadi IUPK. Namun, hal ini tidak diterima oleh Freeport.

CEO Freeport McMoran Inc, Richard Adkerson secara tegas mengatakan, pemerintah dianggap berlaku sepihak dalam menerbitkan aturan tersebut. Hingga saat ini, belum ada kata sepakat antara PTFI dengan pemerintah Indonesia.

"Hukum kontrak karya Freeport tidak dapat ditentukan sepihak bahkan dengan aturan yang baru. Pemerintah dan Freeport tidak mencapai kesepakatan terkait kontrak karya tidak dapat untuk operasi," ujar Adkerson di Jakarta, Senin (20/2/2017) kemarin.

Karena itu, Freeport berencana menempuh arbitrase jika pemerintah Indonesia dan PTFI tak juga menemui kata sepakat. "Belum secara pasti ke arbitrase, tetapi jika tak ada juga kata sepakat maka ada rencana akan ke sana (arbitrase)," terangnya. http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...awan.freeport.

Pemerintah Minta Freeport Angkat Kaki Jika Kalah Arbitrase

image-url-apps
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah meminta PT Freeport Indonesia untuk menghentikan operasinya setelah 2021 mendatang alias angkat kaki, jika kalah dalam arbitrase. Pemerintah menjamin lahan tambang Grasberg yang dikeloa Freeport akan kembali ke negara dalam kurun waktu empat tahun lagi, asalkan Freeport keok di ranah sengketa perdata di luar peradilan umum tersebut.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai, arbitrase adalah langkah yang diinginkan oleh perusahaan tambang yang berbasis di Amerika Serikat itu. Kalau kalah, Freeport harus berani menanggung akibatnya.

"Apakah masalah arbitrase ini menjadi pertimbangan untuk melanjutkan operasionalnya, ya bergantung. Kalau mereka kalah, kan lahannya akan kembali jadi milik Indonesia. Ia yang mau minta begitu, ya sudah," terang Luhut ditemui di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Selasa (21/2).

Lebih lanjut Luhut menegaskan, pemerintah meyakini akan menang melawan Freeport, karena peraturan dan Undang-Undang yang dibuat pemerintah jauh lebih kuat kedudukan hukumnya dibandingkan Kontrak Karya (KK) yang dimiliki perusahaan. Menurutnya, sudah saatnya bagi pemerintah untuk tidak didikte oleh korporasi.

"Ini kan sudah 50 tahun, masa Indonesia tidak boleh jadi mayoritas? Kami tahu yang jelas UU dan peraturan kami susun. Selain itu, kan pengadilannya juga Indonesia berlokasi di Indonesia," imbuh dia.

Sembari menanti hasil arbitrase, Luhut mengatakan, pemerintah tengah menyusun skema pendanaan jika Freeport benar-benar hengkang pada 2021 mendatang. Ia bilang, pemerintah akan mengupayakan segala cara untuk mengelola tambang Grasberg, termasuk mengoptimalkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan badan usaha swasta.

Ia juga yakin, nilai saham induk usaha Freeport-McMoran Inc akan terjun selepas kalah arbitrase. Dengan demikian, ada kemungkinan valuasi asetnya di Papua juga akan turun mengikuti pergerakan harga saham.

"Kalau sudah murah, langsung saja kami beli 30 persen saham mereka. Jangan sampai diatur-atur lagi," jelasnya.

Sebelumnya, Freeport-McMoran secara resmi menyatakan bahwa perusahaan memberi waktu kepada pemerintah selama 120 hari ke depan untuk mempertimbangkan kembali poin-poin perbedaan antara pemerintah dan Freeport Indonesia terkait pemberian izin rekomendasi ekspor berdasarkan ketentuan KK.



Pengajuan arbitrase layak ditempuh karena perusahaan menilai pemerintah tak konsisten dalam menjalankan aturan hukum yang telah dibuatnya sendiri, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).Freeport bersikukuh, pemerintah tak dapat mengubah ketentuan hukum dan fiskal yang telah berlaku dalam KK menjadi ketentuan berdasarkan status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) karena berdasarkan UU Minerba, KK tetap sah berlaku selama jangka waktunya.

http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20170221130905-85-194966/pemerintah-minta-freeport-angkat-kaki-jika-kalah-arbitrase/
Quote:


Memangnya UU Nomor 04 Tahun 2009 diterbitkan oleh Walikota Solo waktu itu ???

emoticon-Leh Uga


Kalau gak ada UU ini ...... asing aseng keenakan ekspor mineral mentah
Quote:


Gak usah diperdebatkan, sekarang yang berani gunain UU nya siapa gitu saja lo. Kalau bagus bilang bagus jelek bilang jelek, jangan karena sakit hati lanjut yang baik jadi jelek, yang jelek jadi bahan untuk melengserkan. Kita sama-sama warga Indonesia gans, harus saling mendukung satu sama lain emoticon-Jempol
image-url-apps
https://mobile.facebook.com/story.ph...345f04fb12212fIni Komentar Jokowi soal Kisruh Freeport di Indonesia
image-url-apps
Quote:


Komen ente cocoknya buat nastaik laknat si gembrot strato.

image-url-apps
Quote:


Sop nastaik laknat masih same aje nih,

Sungguh 32 +10 yg penuh kesia2an. emoticon-Ultah


Trit yg panjang lebar,statement jokita-nya cuma seuprit.
""Tanya Menteri ESDM," ujar dia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/2/2017)."
Tidak menjawab pertanyaanemoticon-Cape d...
image-url-apps
dulu awal-awal jokowi jadi presiden ane gak suka sama dia, sekarang sejak banyak pembangunan disana sini ane jadi suka sama kebijakannya jokowi, yah semoga aja kasus freeport ini bisa dimenangin pemerintah, udah hampir setengah abad bumi papua dikeruk kekayaanya, semoga bisa diambil alih indonesia dan memajukan daerah papua sana, kasian pembangunan disana belum merata
image-url-apps
Quote:


Maksud lo ini,mahluk bar2 yg mengklaim golongannya suci?

Ini Komentar Jokowi soal Kisruh Freeport di Indonesia
image-url-apps
Quote:


wah kalo jonan berhasil usir freeport, bisa bakalan jadi capres 2019 nich
bakal di anggap pahlawan nasional tuh jonan
kalo berhasil lo yaa
×