alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Dampak Pencabutan Izin Pabrik Semen di Rembang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ab1cc4de2cf2bc168b4567/dampak-pencabutan-izin-pabrik-semen-di-rembang

Dampak Pencabutan Izin Pabrik Semen di Rembang

Dampak Pencabutan Izin Pabrik Semen di Rembang

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah telah mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/4 Tahun 2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur Nomor 660.1/30 Tahun 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Hal tersebut menimbulkan beberapa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat di Rembang. Pada awalnya pabrik semen dijadwalkan beroperasi mulai bulan Januari 2017, akan tetapi seiring terjadinya pro dan kontra di masyarakat. Pabrik tersebut belum bisa beroperasi dan hal ini membuat nasib pembangunan pabrik semakin tidak jelas.

Banyak warga yang berharap pabrik Semen Indonesia mampu mengangkat perekonomian di wilayahnya. Warga memanfaatkan peluang untuk membuka usaha. Mulai dari warung-warung kelontong, rumah makan sampai warung-warung kopi. Semua warga berharap dengan adanya pabrik semen akan mampu memberikan tambahan ekonomi.

Akan tetapi, belakangan terakhir banyak warga yang kecewa dengan pencabutannya izin PT Semen Indonesia. Warga yang sudah terlanjur membuka warung-warung terpaksa harus menyimpan kesedihan melihat warung-warungnya sepi pelanggan. Mayoritas pelanggan warung-warung warga adalah para pekerja pabrik yang jumlahnya ribuan orang. Dengan adanya pencabutan izin, hal tersebut berdampak pada tidak adanya kegiatan di pabrik. Ribuan pekerja terpaksa dirumahkan sampai masalah yang terjadi selesai.

Warga penolak pabrik semen adanya juga harus memiliki rasa empati terhadap tetangganya yang sudah rela mengeluarkan modal untuk membuka usaha. Mereka juga harus memikirkan nasib ribuan tetangganya yang sudah mendapat pekerjaan namun terpaksa dirumahkan, karena masalah tersebut. Harapan warga untuk memperbaiki nasibnya sudah sangat cerah, jangan sampai karena sifat keegoisan sekelompok orang membuat nasib warga lainnya terbengkalai. Semua pihak yang menolak pembangunan pabrik semen tidak boleh tutup mata perihal kesedihan dari warga yang sudah terlanjur berharap lebih kepada pabrik semen.

Jangan lupakan faktor ekonomi dalam pembangunan pabrik semen. Adanya pihak kontra pabrik semen memikirkan dampak ekonomi dalam pembangunan pabrik semen. Dalam beberapa analisa, adanya pabrik semen akan membuka peluang masyarakat untuk lebih baik secara ekonomi. Akan ada industri-industri kecil yang akan menunjang pabrik semen dan hal ini dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memperbaiki ekonominya.

Bukan hanya itu saja, dengan banyaknya industri kecil tentu akan membuka peluang lapangan pekerjaan. Selain yang paling utama adalah lapangan pekerjaan yang disediakan pabrik semen yang jumlahnya banyak. Semua pihak harus bijaksana dalam melihat masalah ini, sifat mau menang sendiri harus dijauhkan. Semoga pihak kontra semen dapat bisa lebih merasakan kesedihan dari tetangganya yang sedang menaruh harapan pada pabrik.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/sekawanrem...23bd6744bfc2bd
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kenapa jadi semrawut begini toh emoticon-Bingung
yep.. pasti itu....

bakalan sepi daerah situ,,,
Quote:


semakin panjang gan
Quote:


kasihan mereka yang menggantung nasib ke pabrik
percuma kalo bisa dagang uang banyak tapi lingkunan tempat mereka dagang dab berekonomi hancur. inget ga masalah lapindo? ya kurang lebih kalo ga teliti dalam mengelola lingkungan, bisa aja terjadi kecelakaan dengan jenis lain.
Quote:


kuncinya ada disini http://berita.suaramerdeka.com/amdal...semen-rembang/


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di