alexa-tracking

Ini Dia, Daftar Gaji Pekerja TI di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ab09b6c0cb17f94e8b4584/ini-dia-daftar-gaji-pekerja-ti-di-indonesia
Ini Dia, Daftar Gaji Pekerja TI di Indonesia
Ini Dia, Daftar Gaji Pekerja TI di Indonesia
KOMPAS.com - Beberapa profesi yang berkaitan dengan teknologi informasi (TI) di Indonesia ternyata memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi. Ini berdasarkan analisis situs Jobplanet yang menghimpun gaji dari 6.500 responden pekerja TI di Indonesia.

Jobplanet sebagai platform komunitas online yang memberi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, menyebut gaji rata-rata staf di bidang TI di Indonesia adalah Rp 4.050.000. 

Sementara, gaji rata-rata manajer di bidang TI adalah Rp 8.500.000. Angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh para karyawan di bidang TI, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka. 

Selain itu, Jobplanet juga menemukan beberapa profesi TI yang diganjar gaji rata-rata yang lebih tinggi, antara lain project coordinator, software architect, dan konsultan enterprise resource planning (ERP).

Profesi TI dengan gaji rata-rata lebih tinggi
 
Pada level staf, profesi-profesi TI yang diganjar gaji rata-rata paling tinggi adalah pekerja dengan jabatan project coordinator dengan gaji rata-rata Rp 5.650.000.

Selanjutnya, diikuti pekerja dengan posisi staf software architecture sebesar Rp 5.230.000, UI/UX developer sebesar Rp 5.050.000, staf ERP sebesar Rp 5.000.000, dan system engineer sebesar Rp 4.625.000.
 
Sementara pada level manajer, profesi-profesi dengan gaji rata-rata tertinggi adalah project manager yakni sebesar Rp 11.540.000, diikuti oleh ERP manager sebesar Rp 11.000.000, software architecture manager sebesar Rp 9.650.000, IT quality assurance manager sebesar Rp 9.400.000, dan information system manager sebesar Rp 9.050.000.

Gaji rata-rata pengembang aplikasi dan game
 
Meskipun pengembang aplikasi dan game tidak termasuk dalam profesi TI dengan gaji tertinggi, namun seiring dengan bertumbuhnya industri mobile dan digital, semakin banyak lulusan TI yang melirik profesi tersebut. 

Di antara 6.500 responden yang ikut serta dalam riset Jobplanet, terdapat 517 orang pengembang aplikasi dan 32 orang pengembang game.
 
Dari analisis, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata pengembang aplikasi di level staf adalah Rp 4.580.000 dan di level manajemen adalah Rp 9.010.000. 

Sementara, gaji rata-rata pengembang game di level staf adalah Rp 3.205.000 dan di level manajer Rp 6.505.000.
 
Berdasarkan data yang terkumpul dari para responden di Jobplanet.com, rentang gaji para pengembang game di Indonesia dari level staf hingga manajer berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 15.000.000. 

Sedangkan rentang gaji para pengembang aplikasi dari level staf hingga manajer berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 37.000.000.

Standar pengupahan masih berbeda-beda

“Kami berharap informasi ini dapat memberikan wawasan bagi para karyawan di bidang TI serta membantu para pencari kerja dalam mengukur nilai profesionalisme mereka di mata perusahaan,” kata Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (15/4/2016).

Baca: 10 Perusahaan Idaman Pekerja di Indonesia

“Tentunya setiap perusahaan memiliki standar pengupahan karyawan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM (sumber daya manusia)," imbuh Kemas.

Analisis di atas dilakukan terhadap informasi gaji dari 6.500 orang responden yang bekerja di bidang TI, yang terkumpul hingga akhir Maret 2016 di situs Jobplanet.com. 

Para responden yang juga merupakan pengguna Jobplanet itu tersebar di 35 provinsi di Indonesia, dengan perbandingan jumlah karyawan di level staf sebanyak 78 persen dan level manajer sebanyak 22 persen.

http://tekno.kompas.com/read/2016/04...I.di.Indonesia

Setelah 4 tahun kuliah
5 tahun kerja jd bawahan
Di angkat manager Gaji 8,5
Nikah 100jt
Rumah cicil 10 jt
Mobil cicil 4 juta
Minus brp itu
emoticon-Gila
image-url-apps
krg dihargai disini, padahal org IT diluar digaji gede
image-url-apps
+1 dulu nnt update
KASKUS Ads
itu yg terkumpul loh ....

sisanya ??? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Mau susah jangan mau kerja di perusahaan IT. Bidang IT di Indonesia menjanjikan tapi perlu waktu.

Tapi sabarlah kawan kawan!

20 tahun dari sekarang, semua lowongan yang ada hanya ada lowongan IT. Mengapa???

Akuntansi 10 tahun lagi punah
Cleanning Service 12 tahun lagi punah
HRD 15 tahun lagi punah
Marketing 8 tahun lagi punah
DLL akan punah

Semua dikerjakan oleh sistem yang terkomputerisasi. Sistem yang kuat dan tidak korup. Bertahanlah di IT kawan kawan. Masamu akan datang
image-url-apps
Nanti bisa nguliahin anaknya ga
image-url-apps
Wajar. Itu kan cuma gaji pokok. Mayor aja gaji pokoknya sekitar 3jutaan.
image-url-apps
semua IT, emang . masa depan dapat diprediksi.

tapi sekolah malah modal bacot "cepat dapet kerja".
image-url-apps
gaji hecker berapa ?
kok gak disebutin
image-url-apps
Tergantung perusahaannya
sambil freelance dong diluar indo....keruk dollar tuh kalo skillfull ma pengalaman mah....
malahan bisa kerja "remote" dirumah gaji dollar.....
image-url-apps
Quote:


Ya kagak hilang lah.
Akuntansi hilang? Bisa kacau aliran dana orang. Yg ada di level perusahaan besar, orang akuntannya yg ditraining supaya bisa IT atau sekedar mengoperasikan IT. Sedangkan di level rendah, akuntansi akan tetap ditemukan di ruko2.

Sama halnya dengan profesi lainnya.

Tentunya angka dibawah 1 generasi itu terlalu rendah untuk menghilangkan profesi. Setidaknya butuh 4-5 generasi supaya penerusnya tidak mencontoh orang yg pernah berpengalaman langsung di profesi tsb.

Dan yg lebih parah lagi, orang IT harus terus belajar ilmu baru supaya tetap exist karena ilmunya tetap berkembang dengan pesat. Kalau orang ITnya tidak sedang bekerja di perusahaan besar yg memberikan training gratis, bisa2 5 tahun lagi, ilmunya sudah ketinggalan dan diganti oleh fresh graduate yg ilmunya lebih up to date. Kalau beruntung, dia diangkat jadi manager (makanya manager2 senior kebanyakan kodingnya kagak beres karena sudah nggak up to date).
yah emang kenyataannya gitu. Se expert apapun ente di IT gajinya cuman lebih besar dikit dari buruh. Makanya mending terjun bentar trus resign buka usaha sendiri.
image-url-apps
Quote:


sumpah ini komen bikin ane ngakakemoticon-Leh Uga

Kebanyakan nonton film fiction

Minimal 100 tahun lg tong baru ob jd robot smua

Accounting sampai kapanpun ga akan pernah ilang tong

U mao nyuruh orang sabar 100 tahun lagi tong?
image-url-apps
Paling enak ya jd konsultan ERP (non SAP ya emoticon-Stick Out Tongue)

Kerjanya jalan2 terus, Indonesia hampir semua udah pernah dijelajahin, ke luar negri rutin, garudamiles udah ga keitung banyaknya. Gaji > 15jt. Alhamdulillah deh ane sama kerjaan yg sekarang.
image-url-apps
Quote:


Quote:


Akuntansi mah cuma debet kredit doang. Terus jurnal jurnal dan neraca neraca doang. Hitungan yang dipakek cuma hitungan dasar anak SD emoticon-Ngakak (S)

Ilmu semacam itu guuaampang bingitz dibuat software canggihnya. Apalagi otak otak IT. Cuma diludahin tuh akuntansi. Training sebulan pasti jago anak anak IT dibandingkan lulusan STAN yang 3 tahun emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Quote:


Marketing, akuntansi, hrd itu ga bakalan punah si agan eui emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:



Inilah contoh ignorant fool. Kasihan lihatnya tapi ya mau gimana lagi.
Hitungan masuk dan keluar, mesin kasir aja juga bisa.
Tapi kalau sampai menghitung aset, liabilitas, purchasing power sampai business development/investasi, emang ada program yg ngasih tau.
Makanya sekarang banyak program akuntansi tapi yg ngisi programnya bukan orang IT tapi orang akuntansi. Kalau melihat fakta ini saja sulit, gimana kalau dihadapkan pada fakta bahwa sebagian besar orang IT di-out source-kan?

orang IT biasanya punya penghasilan lain jg emoticon-Big Grin
kalau buzzer berapa emoticon-Toast
×