alexa-tracking

Yamaha dan Honda bersalah, bayar denda hingga Rp 25 miliar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aae078dcd770a2148b4569/yamaha-dan-honda-bersalah-bayar-denda-hingga-rp-25-miliar
Yamaha dan Honda bersalah, bayar denda hingga Rp 25 miliar
Yamaha dan Honda bersalah, bayar denda hingga Rp 25 miliar

Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU) telah memutuskan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha) dan PT Astra Honda Motor (Honda) telah terbukti melakukan kartel dalam industri sepeda motor jenis skuter matik 110-125 cc di Indonesia. Mereka juga melanggar pelanggaran Pasal 5 Ayat (1) Undang-Undang Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Putusan tersebut dibacakan Ketua Majelis Tresna Priyana Soemardi serta R. Kurnia Syaranie dan Munrokhim Misanam sebagai anggota Majelis Komisi di Ruang Sidang KPPU, Jakarta, Senin (20/2).

"Majelis KPPU memutuskan terlapor terbukti menyakinkan dan melanggar pasal 5," kata Tresna saat membacakan putusan.

Tresna Priyana Soemardi juga mengatakan, terlapor satu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha) dikenakan membayar denda sebesar Rp 25 miliar dan PT Astra Honda Motor (Honda) membayar denda sebesar Rp 22,5 miliar. Denda tersebut harus disetorkan kepada kas negara melalui bank negara.

"Menghukum denda terlapor satu Yamaha 25 miliar rupiah dan disetor kas negara, serta menghukum denda terlapor kedua Honda 22 miliar 500 juta. Bahwa terlapor satu dan dua memberikan denda buktinya diserahkan ke KPPU," katanya.

Dia menambahkan, bahwa terlapor diberikan waktu 14 hari untuk mengajukan keberatan setelah menerima draf putusan KPPU.

Untuk diketahui, kasus ini bermula dari kecurigaan KPPU terhadap penguasaan pasar kedua pabrikan asal Jepang itu di kelas motor skuter matik 110-125 cc di Indonesia. Kedua pabrikan itu disebut menguasai 97 persen pasar dalam beberapa tahun terakhir.

Investigator KPPU juga menemukan adanya pergerakan harga motor skutik Yamaha dan Honda yang saling beriringan. Mereka menganggap adanya perjanjian tak tertulis di antara pimpinan kedua pabrikan itu untuk mengatur harga jual skutik.

Dalam sidang mereka telah menyimpulkan bahwa Yamaha dan Honda terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran Pasal 5 Ayat (1) UU No 5 Tahun 1999. Mereka juga merekomendasikan majelis hakim agar menjatuhkan hukuman berdasarkan Pasal 47 UU No 5 Tahun 1999.

https://www.merdeka.com/uang/yamaha-...25-miliar.html

MAU LAKU TAPI KENAPA PAKE PRAKTIK KOTOR? emoticon-Cool
PERTAMAX
Kartel emoticon-Big Grin
cuman 25 miliar bre? emoticon-Leh Uga
Udah gak heran lah kalo emang ada permainan harga..
Justru yg ironis fans masing2 merk yg fanatik sama pabrikan emoticon-Big Grin
Isi undang2 nya apa sih? emoticon-Hammer2
Ya buat nyeponsorin tim motogp mangkanya yamaha dan honda indonesia naikin harga jual
FBY dan FBH harus sadar diri, mereka belain mati mati an produknya tapi gak dapet apa apa. Crooot.
kesian suzuki,,
skutiknya kurang laku emoticon-Traveller
Kecil amat ya kena 25 em,
KARTEL

persengkokolan 2 badan usaha emoticon-Leh Uga
makanya gak beda jauh tuh harganya, sekarang tinggal kredit. mau lo miskin tiap hari engap engapan dan muka pas pasan, kalo udah punya motor meski kredit yg entah dpt duit drimana dpnya, cewe kampung pasti nempel emoticon-Leh Uga.

udah bayar aja. trs naikin harga beat sejuta udah balik tuh setahun.
Quote:Original Posted By suramonly
cuman 25 miliar bre? emoticon-Leh Uga


Di mata suatu lembaga/perusahaan bukan nilai dendanya yang dipermasalahkan.

Kalau suatu lembaga dinyatakan bersalah dan dikenakan denda/ganti rugi 1 rupiah, dan mereka tidak terima maka mereka akan melakukan perlawan habis-habisan sekalipun harus keluar uang miliaran rupiah untuk bayar pengacara handal, sogok sana-sini, dll.
Logikanya denfanya 1 rupiah tapi mereka melawan dan mengeluarkan uang miliaran rupiah.

Pointnya adalah kalau mereka menerima mereka bersalah itu artinya merusak citra perusahaan tersebut dan akibatnya merusak kepercayaan investor.
Investor tidak percaya lagi akibatnya merusak bisnis mereka.
Quote:Original Posted By suramonly
cuman 25 miliar bre? emoticon-Leh Uga


25.000.000.000 / 12.000.000 = 25.000 / 12 = 2.084 biji motor ... kecil gan

Penjualan motor tahuin 2015 tembus 6 jutaan unit (sumber)

Denda seuprit ga ngaruh ....
Syukurlah diputus salah
Mainin harga toh, ttp aja laku emoticon-Traveller abis matik mana lg yg oke?
kok matic sekarang kalau di dengerin lama-lama kaya mesin jahit ya...
intinya yg penting udah bisa nyetir motor emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By fernando21


25.000.000.000 / 12.000.000 = 25.000 / 12 = 2.084 biji motor ... kecil gan

Penjualan motor tahuin 2015 tembus 6 jutaan unit (sumber)

Denda seuprit ga ngaruh ....


memang bre
kalo kenanya 25T baru tuh berasa

Quote:Original Posted By kutu.ular


Di mata suatu lembaga/perusahaan bukan nilai dendanya yang dipermasalahkan.

Kalau suatu lembaga dinyatakan bersalah dan dikenakan denda/ganti rugi 1 rupiah, dan mereka tidak terima maka mereka akan melakukan perlawan habis-habisan sekalipun harus keluar uang miliaran rupiah untuk bayar pengacara handal, sogok sana-sini, dll.
Logikanya denfanya 1 rupiah tapi mereka melawan dan mengeluarkan uang miliaran rupiah.

Pointnya adalah kalau mereka menerima mereka bersalah itu artinya merusak citra perusahaan tersebut dan akibatnya merusak kepercayaan investor.
Investor tidak percaya lagi akibatnya merusak bisnis mereka.


lu yakin bre perusahaan sekaliber honda / yamaha bakalan sepi investor? jgn lupa di indonesia cara naekin pamor salah satunya ya pake skandal
abis bayar denda, udah deh ngalir lagi kaya biasa emoticon-Embarrassment
waduh masalahnya apa tuh???ane kurang paham dehemoticon-Marah emoticon-Wakaka