alexa-tracking

[ASK] APAKAH INI MODUS PENIPUAN BARU JUAL BELI RUMAH

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aad93f14088d3d138b4567/ask-apakah-ini-modus-penipuan-baru-jual-beli-rumah
[ASK] APAKAH INI MODUS PENIPUAN BARU JUAL BELI RUMAH

[ASK] APAKAH INI MODUS PENIPUAN BARU JUAL BELI RUMAH

Quote:Original Posted By kobie20
mohon saran dan pandangannya agan2 skalian.
case nya bgini,
karna saya pindah tugas, saya ingin jual rumah saya di kota A. sertifikat SHM.
nah, brp hari lalu ada yg menghubungi saya utk melihat rumah. jadi saya sudah hubungi teman yg jaga rumah saya, dan calon pembeli keesokan harinya sudah melihat rumah tsb.
kita deal harga, dan yang jadi masalah adalah, calon pembeli ingin meminjam uang ke bank dengan jalur kredit usaha utk membeli rumah saya. dan dia menyampaikan bahwa saratnya adalah melampirkan fotocopy Sertifikat rumah dan KTP saya agar proses pencairan di bank bisa dilakukan.
setelah ada kepastian dari bank bisa dicairkan, baru saya, calon pembeli, dan pihak perbankan melakukan pencairan dan penyerahan sertifikat asli.

pertanyaan saya,, apakah aman / beresiko memberikan fotocopy sertifikat + KTP ke calon pembeli utk pengurusan kreditnya ke bank..??

mohon saran dan infonya agan2 skalian.. saya takut, karna awam tentang masalah beginian. secara jaman skarang banyak modus penipuan, trimakasih utk jawaban2nya.. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By son63


Tetapi kalau fotokopy itu di salah gunakan gan bagaimana tuh, di buat palsu oleh si peminjam sertifikat dengan alasan bla bla bla, ujung2nya engga jadi beli tapi sertifikat udah di duplikat

Ene juga masih newbi nih jadi kepo


Quote:Original Posted By axlabbas


Saran ane.. jangan
Sekarang lagi banyak modus penipuan menggunakan kredit bank. Jd si pelaku minjam duit ke bank atas nama korban.. karena korban ngasi ktp dan fcopy sertifikat

Ada yang janggal menurut ane.. kalau memang si calon pembeli mau beli rumah agan.. minimal dia punya dana sendiri.. atau dia pinjam sendiri dari bank dr jaminan apapun yg atas namanya si pembeli sendiri

Lagian kalau mau serius beli.. bukan melalui perantara,tetapi melalui pemilik langsung yakni agan

Berpikir terburuk sih kalau ane gan


Quote:Original Posted By maseade
"dan yang jadi masalah adalah, calon
pembeli ingin meminjam uang ke bank dengan jalur
kredit usaha utk membeli rumah saya. dan dia
menyampaikan bahwa saratnya adalah melampirkan
fotocopy Sertifikat rumah dan KTP saya agar proses
pencairan di bank bisa dilakukan".


Lah ini mah ente yang rugi dong -_-. ente sama aja dengan ikhlas memberikan jaminan Sertifikat ente ke pembeli buat minjem duit. Nanti kalo tuh pembeli gak bisa nyicil utang kreditnya, jadi rumah ente mao di sita gitu? kan proses jual beli belum terjadi, jadi SHM nya masih nama ente gan..


"setelah ada kepastian dari bank bisa dicairkan,
baru saya, calon pembeli, dan pihak perbankan
melakukan pencairan dan penyerahan sertifikat
asli."

Bank apaan gan, bisa minjem duit tanpa tahan jaminan SHM asli? enak juga tuh, ane juga lagi nyari buat modal usaha nih emoticon-Smilie hehehe

intinya sangat berisiko banget proses jual beli model begini plus ribet juga, tanpa melibatkan pihak Bank aja udah ribet jual beli tanah atau rumah, apalagi melibatkan pihak Bank..
Saran aja gan, mending ente bilangin ama tuh pembeli, bisikin di kupingnya," Kalo gak mampu beli, jangan di paksain beli" hehehe


Quote:Original Posted By Jeng.toretto
Modus sekarang yg pernah ane denger nih gan,
jadi tu pembeli pinjem duit ya katakanlah agan jual rumah 100jt ,nah tu buyer pinjam sertifikat buat ngutang bank sebesar 150jt. nah begitu duitnya cair ntar yg 100 buat bayar rumah agan, nah yg 50 itu keuntungan buat dia. Ntar dia cm bayar cicilan beberapa kali aja di awal habis gitu dia ngilang deh ntar rmh agan yg disita. kasus disini kan menguntungkan pembeli itu dah untung 50jt. yaa yg pernah ane denger sih kaya gt gak tau juga kalo sistem kredit bank syaratnya apa aja, intinya selalu ada jalan buat cari duit emoticon-Toast



RESERVED
RESERVED
kayanya serius banget nih..
ane nyimak dolo
RESERVED
RESERVED
Quote:Original Posted By Nikitah
RESERVED


Anu gan, ada uang ada barang aja
Hati hati gan
Ada gak penjual rumah gratis Ariel Tatum?
wkwk sama bgt modusnya. wktu itu ane mau jual rumah jg. pas ads pembeli udh liat rumah nego harga. dia minta bayar setengah dlu dan ingin menjadikan nykb ane sbg komisaris di perusahaanya. jd alesanya dia itu nykb ane dijadiin komisaris trs dia mau minjem uang di bank dgn jaminan surat rumah ane. pas udh ngurus di notaris untung notarisnya baek ane di saranin untuk tidak menjual ( tanpa sepengetahuan pembeli penipu itu) sharing aja ati1 gan wkwk
Modus sekarang yg pernah ane denger nih gan,
jadi tu pembeli pinjem duit ya katakanlah agan jual rumah 100jt ,nah tu buyer pinjam sertifikat buat ngutang bank sebesar 150jt. nah begitu duitnya cair ntar yg 100 buat bayar rumah agan, nah yg 50 itu keuntungan buat dia. Ntar dia cm bayar cicilan beberapa kali aja di awal habis gitu dia ngilang deh ntar rmh agan yg disita. kasus disini kan menguntungkan pembeli itu dah untung 50jt. yaa yg pernah ane denger sih kaya gt gak tau juga kalo sistem kredit bank syaratnya apa aja, intinya selalu ada jalan buat cari duit emoticon-Toast


Trus rugi apa ya? Kan si pemilik rmh sdh dpt uang jual rumah sbsar 100jt..Klopun toh si pembeli g ngangsur kan sdh urusan dya..Mau di sita atau di bakar kan itu sdh jadi rmhnya dya?.. gw pernah kyk gini kok..Jdi knp qta lebihkan waktu pinjam k bank..Krn nanti yg d ACC pihak bank itu tdk bulat 150jt tp cm 110 atau pun malah 105jt...Nah sisa kelebihan pinjaman bank itu bs buat renovasi rmh yg qta beli...Gw sih gtu...
Tanya bank mana.kasi copy nya ke bank.lgpl cm copy aja ga bisa jd jaminan kredit.sebelum ttd akad kredit pasti di dpn notaris.kl ga ada notaris jgn mau.
Susah malsuin sertifikat rmh krn ada bangunan n imb.yg byk di palsu sertifikat tanah.pemiliknya ga tgl di situ.patokan ga jelas

Cukup fotokopi SIMB, surat kepemilikan, surat PBB tahun terakhir udah cukup, tak perlu KTP.
kayaknya tuh pembeli mau ngikutin cara-cara seminar membeli rumah tanpa utang gan emoticon-Wkwkwk

Kalau saran ane sih jangan mudah memberikan dokumen-dokumen penting ke orang lain meskipun hanya fotokopi soalnya takut disalahgunakan. Kalau cuma ditunjukkan aja silakan dan itu wajar karena pembeli kan juga ingin tahu beneran ada sertifkatnya ngga rumah incarannya. Kecuali kalau si pembeli deal dan sudah bayar DP menurut ane aman ngasih fotokopian sertifikat dll apalagi kalau diperlukan untuk mengurus KPR.

Quote:Original Posted By lavinieroz
wkwk sama bgt modusnya. wktu itu ane mau jual rumah jg. pas ads pembeli udh liat rumah nego harga. dia minta bayar setengah dlu dan ingin menjadikan nykb ane sbg komisaris di perusahaanya. jd alesanya dia itu nykb ane dijadiin komisaris trs dia mau minjem uang di bank dgn jaminan surat rumah ane. pas udh ngurus di notaris untung notarisnya baek ane di saranin untuk tidak menjual ( tanpa sepengetahuan pembeli penipu itu) sharing aja ati1 gan wkwk


kalau kayak gini justru lebih bahaya lagi karena nama yg tercantum di akte perusahaan (akte pendirian CV) itu bakalan kena tagih jika perusahannya bangkrut dan punya utang walaupun cuma minjem nama. Coba inget-inget pelajaran sekolah dulu pasti pernah diajarin kalau anggota CV itu ikut menanggung kewajiban/resiko perusahaan bahkan sampai ke harta pribadinya. CMIIW emoticon-shakehand
Jaman sekarang data pribadi kita jangan dikasih kasih sama orang kecuali buat lamar kerja di perusahaan terpercaya
RESERVED emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By remora
Modus sekarang yg pernah ane denger nih gan,
jadi tu pembeli pinjem duit ya katakanlah agan jual rumah 100jt ,nah tu buyer pinjam sertifikat buat ngutang bank sebesar 150jt. nah begitu duitnya cair ntar yg 100 buat bayar rumah agan, nah yg 50 itu keuntungan buat dia. Ntar dia cm bayar cicilan beberapa kali aja di awal habis gitu dia ngilang deh ntar rmh agan yg disita. kasus disini kan menguntungkan pembeli itu dah untung 50jt. yaa yg pernah ane denger sih kaya gt gak tau juga kalo sistem kredit bank syaratnya apa aja, intinya selalu ada jalan buat cari duit emoticon-Toast


Trus rugi apa ya? Kan si pemilik rmh sdh dpt uang jual rumah sbsar 100jt..Klopun toh si pembeli g ngangsur kan sdh urusan dya..Mau di sita atau di bakar kan itu sdh jadi rmhnya dya?.. gw pernah kyk gini kok..Jdi knp qta lebihkan waktu pinjam k bank..Krn nanti yg d ACC pihak bank itu tdk bulat 150jt tp cm 110 atau pun malah 105jt...Nah sisa kelebihan pinjaman bank itu bs buat renovasi rmh yg qta beli...Gw sih gtu...


Rumah seharga 100jt dijadikan jaminan kredit 150jt?
Gak mungkin bank memberi kredit diatas harga jaminan
ato kalo disetujui bank mungkin harga jual 100 juta terlalu murah ( harga jual rumah harusnya diAtas 150)
Quote:Original Posted By poy004id


Rumah seharga 100jt dijadikan jaminan kredit 150jt?
Gak mungkin bank memberi kredit diatas harga jaminan
ato kalo disetujui bank mungkin harga jual 100 juta terlalu murah ( harga jual rumah harusnya diAtas 150)


Gini lho gan..Kmrn kan aneh beli rmh tuh..Nah pemilik rmh mnta harga 180jt kemudian ane ajuin k bank seharga 250 JT(ane sdh blg sm penjual rumah klo misal dtnyain bank tlg kerjasamanya dgn blg rmh tersebut dijual seharga 250jt) dan Alhamdulillah d ACC 190jtaan.. ngerti g yg ane maksud bang?
Bank gak bakal mau transaksi kalo gak liat sertifikat aslinya ,notaris juga gak mau akad tanpa itu.....Suruh orang banknya saja utk hubungi agan....utk klarifikasi...Gak mungkin juga orang bank gak menghubungi agan....
gembok dlu trit tentang modusnya emoticon-Ngakak