alexa-tracking

Freeport: Staf Khusus Trump Pemegang Saham Terbesar Kami !!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aabfb7dbd770c9328b456d/freeport-staf-khusus-trump-pemegang-saham-terbesar-kami
Hepi 
Freeport: Staf Khusus Trump Pemegang Saham Terbesar Kami !!
Jakarta - President and CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson, mengungkapkan salah satu pemilik saham Freeport McMoRan Inc adalah Carl Icahn, pendiri Icahn Enterprises. Icahn memegang 7% saham Freeport McMoRan, dan tercatat sebagai pemegang saham terbesar sejak 1,5 tahun terakhir.

Icahn kini menduduki posisi penting pasca terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Ia adalah 'Special Advisor' alias staf khusus Trump. Kisruh mengenai kelanjutan investasi Freeport di Indonesia tentu tak lepas dari perhatian Icahn.


"Freeport McMoRan adalah perusahaan listed di AS. Ia mempunyai saham Freeport sebesar 7% dan ia sudah memilikinya selama 1,5 tahun, dua dari perwakilannya ada di jajaran direksi Freeport McMoRan. Dia bukan representatif resmi pemerintah, tapi staf khusus, dia juga sangat concern dengan situasi di Indonesia," ungkap Richard dalam konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Sementara itu, Mantan Staf Khusus Menteri ESDM, Said Didu, menyarankan agar pemerintah tidak bersikap terlalu keras memaksakan kehendak pada Freeport. Harus hati-hati agar sengketa tidak sampai berlanjut ke Arbitrase.
[B]
Sebab, Carl Icahn adalah orang dekat Presiden AS Donald Trump. Dengan kebijakannya yang proteksionis, Trump kemungkinan besar akan sangat melindungi kepentingan perusahaan AS di luar negeri. Bila terjadi sengketa, yang akan dihadapi pemerintah Indonesia bukan hanya Freeport, tapi mungkin juga pemerintah AS.

"Pemilik saham terbesar Freeport adalah penasihat Trump, kita harus hati-hati. Betul-betul simalakama, kalau pemerintah lunak dianggap memihak Freeport, kalau keras bisa Arbitrase," kata Said Didu saat dihubungi detikFinance.[/B
]

Menurutnya, mau tak mau pemerintah harus merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 (PP 1/2017) untuk mengakomodasi keinginan Freeport. Konsekuensinya, pemerintah pasti akan dicibir pro asing, tidak konsisten, lemah, dan sebagainya.

Tapi untuk menghindari kerugian yang lebih besar, pemerintah harus siap tidak populer. Freeport punya posisi kuat dalam KK. Ketentuan dalam KK boleh dibilang setara dengan Undang Undang. Aturan seperti PP, apalagi yang lebih rendah, tidak dapat membatalkan KK.

"Saya khawatir, PP harus diganti lagi. Ini betul-betul simalakama," ujarnya.

Solusi lain dengan konsekuensi lebih buruk, bisa saja Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpaksa mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) untuk mengganti Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (UU Minerba). "Bisa-bisa Presiden terpaksa mengeluarkan Perppu," ucapnya.

Said Didu menyebut, ada 3 masalah besar terkait Freeport yang harus segera dipecahkan pemerintah melalui revisi PP atau penerbitan Perppu, yaitu stabilitas dan kepastian untuk investasi yang diminta Freeport, izin ekspor konsentrat, dan divestasi saham.

Kalau pemerintah dan Freeport tak bisa mencapai titik temu untuk 3 masalah ini, situasi sosial dan ekonomi di Papua bisa kacau. Ini yang benar-benar harus dihindari. "Dampak sosial ekonomi di Papua menurut saya paling krusial," tutupnya. (mca/wdl)

news


aih.... papa setnov emoticon-Kiss (S)
apakah jokowi bakal ngeper sama freeport ???? emoticon-Big Grin
gue pribadi sih berharap pemerintah tegas sama freeport. masak kita dikadalin terus ? sudah mangkir bangun smelter, masih aja bisa ekspor konsentrat. pas disuruh rubah iupk gak mau???
horeeeeeee civil war emoticon-Ngakak (S)

kesempatan buat nasbung radikal mendirikan khilafah islamiyah dalam kekacauan inihemoticon-Ngakak (S)
usir aje usir mamarika


Partai Perindo selalu siap membela Trump... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By adthsanz
usir aje usir mamarika


bakalan perang saudara indonesia (proxy war) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
net wotrhnya ngeri, pantes papa minta saham emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Bos Besar Freeport Ancam Gugat Pemerintah RI ke Arbitrase


Jakarta - PT Freeport Indonesia telah menghentikan kegiatan produksinya sejak 10 Februari 2017 lalu. Para pekerja tambangnya di Mimika, Papua, yang berjumlah puluhan ribu sudah dirumahkan. Jika ini terus berlangsung perekonomian di Papua akan ikut goyang. Lebih dari 90% pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Mimika, sekitar 37% PAD Provinsi Papua berasal dari Freeport.

Puluhan ribu pekerjanya pun mengancam menduduki kantor-kantor pemerintah, bandara, dan pelabuhan kalau pemerintah tak segera memulihkan kegiatan produksi Freeport.

Pangkal masalahnya, Freeport membutuhkan kepastian dan stabilitas untuk investasi jangka panjangnya di Tambang Grasberg, Papua. Sedangkan pemerintah menginginkan kendali yang lebih kuat atas kekayaan sumber daya mineral.

Pada 10 Februari 2017 lalu, pemerintah telah menyodorkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) kepada Freeport sebagai pengganti Kontrak Karya (KK). Jika tak mau menerima IUPK, Freeport tak bisa mengekspor konsentrat tembaga, kegiatan operasi, dan produksi di Tambang Grasberg pasti terganggu.

IUPK bukan kontrak, posisi pemerintah sebagai pemberi izin jadi lebih kuat daripada korporasi sebagai pemegang izin. KK memposisikan pemerintah dan Freeport sebagai 2 pihak yang berkontrak dengan posisi setara. Ini adalah langkah pemerintah untuk memperkuat penguasan negara terhadap kekayaan alam.

Tapi Freeport tak mau begitu saja mengubah KK-nya menjadi IUPK. Sebab, IUPK dinilai tak memberikan kepastian, pajaknya bisa berubah mengikuti aturan perpajakan yang berlaku (prevailing), tak seperti KK yang pajaknya tak akan berubah hingga masa kontrak berakhir (naildown).

Selain itu, pemegang IUPK juga diwajibkan melakukan divestasi hingga 51%. Freeport keberatan melepas saham hingga 51%, karena itu berarti kendali atas perusahaan bukan di tangan mereka lagi, saham mayoritas dipegang pihak lain.

Beredar informasi, Freeport kini sedang mengambil ancang-ancang untuk menggugat pemerintah Indonesia ke Arbitrase Internasional.

President dan CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson, melakukan konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, pada hari ini (20/2/2017) untuk menjelaskan duduk permasalahan. Ia menegaskan, Freeport tak dapat menerima IUPK.

"Posisi kami adalah kami tidak dapat menerima IUPK dari pemerintah dengan melepas KK, kita tidak bisa melakukan itu," kata Richard.

Pihaknya dan pemerintah masih punya waktu selama 120 hari sejak 18 Februari 2017 untuk mencari win-win solution. Jika tak tercapai titik temu, Freeport dapat mengambil jalan Arbitrase.

"Ada waktu 120 hari di mana pemerintah dan Freeport bisa menyelesaikan perbedaan-perbedaan yang ada. Jika tidak dapat menyelesaikan perbedaan-perbedaan itu dengan pemerintah, Freeport dapat menyelesaikan perbedaan-perbedaan melalui Arbitrase," ujar Richard.

Baca juga: Jonan: Freeport Sebaiknya Tidak Arbitrase, Tapi Kalau Mau Silakan

Richard menambahkan, saat ini Freeport belum menggugat ke Arbitrase Internasional. 120 hari adalah proses ke Arbitrase. Jika masalah dapat terselesaikan dengan baik, pemerintah Indonesia dan Freeport tak perlu berhadapan di Arbitrase.

Sampai saat ini, Freeport masih berkomitmen mencari solusi yang menguntungkan semua pihak. "Sekarang kita tidak melangkah ke Arbitrase, tapi lebih ke proses Arbitrase, 120 hari dari Jumat kemarin. Kita tidak akan mendikte pemerintah, tapi kami berkomitmen untuk bekerja sama," tutupnya. (mca/wdl)

news
Ntaps.. kenak ancam
Ancam balik gih
Quote:Original Posted By CallToArms
net wotrhnya ngeri, pantes papa minta saham emoticon-Big Grin


dari papa minta saham pertama kali, lalu papa kasih dukungan ke trump, lalu trump menang dan penasehat khusus trump pemilik saham freeport kok pas semua emoticon-Big Grin
SI trump kaga bakal ngorbanin kepentingan amerika d indo (dan kawasan asia tenggara) cuma gara2 freeport.. emoticon-Malu (S)
dia itu pebisnis.. bukan emak2 yg cuma mentingin egonya doang.. emoticon-Malu (S)
lain cerita kalo kemarin si hillary yg naik.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
ntar didamaikan papa setnov - riza chalid - luhut
Quote:Original Posted By cimed.hokkien
horeeeeeee civil war emoticon-Ngakak (S)

kesempatan buat nasbung radikal mendirikan khilafah islamiyah dalam kekacauan inihemoticon-Ngakak (S)


terbalik, saatnya jokowi bisa tampil akan konsisten dengan janji kampanye dan peraturan pemerintah, atau kalah
berhasil > bisa jadi modal pemilu 2019
gagal > bisa jadi backlash buat 2019 juga
Quote:Original Posted By click..here


dari papa minta saham pertama kali, lalu papa kasih dukungan ke trump, lalu trump menang dan penasehat khusus trump pemilik saham freeport kok pas semua emoticon-Big Grin


mau nasionalisasi freeport tapi manajemen bumn aja amburadul, wkkwkw ambisi yg tak sejalan prestasi emoticon-Ngakak
Ini semua gara2 demo 212 kemaren bikin Indonesia jadi begini
baru staff khusus, kita punya HT ama papa setnov temen deketnya trumph tuh.
emoticon-Leh Uga
emoticon-Wakaka
Kalo sampe sengketa
Siap2 aja agen2 langley bikin keramaian di negara ini

Quote:Original Posted By cirengpedas
baru staff khusus, kita punya HT ama papa setnov temen deketnya trumph tuh.
emoticon-Leh Uga
emoticon-Wakaka


saatnya jokowi minta tolong ke papa setnov untuk lobby paman donald.
itu juga kalau papa dianggap sama trump emoticon-Embarrassment
terus kenapa tot ? emoticon-Cool


indonesia masih ada Iwan Bopeng emoticon-Cool
Trump gak mau freeport diperkosa cina emoticon-Big Grin