alexa-tracking

PKB Jabar akan Punya Ketua Baru?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aab4631854f702478b45a1/pkb-jabar-akan-punya-ketua-baru
PKB Jabar akan Punya Ketua Baru?
PKB Jabar akan Punya Ketua Baru?


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah nama mencuat menjadi calon Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat seiring dinamika yang terjadi di tubuh partai tersebut.

Nama-nama tersebut di antaranya Maman Imanulhaq (anggota DPR RI), Cucun Syamsu Rizal (Ketua Garda Bangsa) dan Saiful Huda (Staff Ahli Kemendes).

Adapun, H Dedi Wahidi, ketua DPW PKB Jabar yang sedang menjabat, dikabarkan akan dipilih DPP PKB sebagai anggota dewan Syura PKB menggantikan KH Addawami yang terpilih menjadi Rais Syuriah PW NU Jabar.

Kesimpulan dan nama-nama itu mengemuka usai rapat di DPW PKB Jabar, di Bandung, Sabtu (11/2/2017) lalu.

Sumber Tribunnews menyebutkan, M Husni, seorang peserta rapat mengutip kata-kata Wahidi, yang mengatakan, "Saya siap diperintah DPP untuk di posisi mana saja ( termasuk tidak jadi Ketua DPW lagi) asal soliditas DPW dan DPC terjaga. Ada Kang Maman, Cucun dan Rasta yang bisa pimpin PKB Jabar".

Beberapa ketua DPC dikabarkan terkejut pada pernyataan Wahidi yang legowo melepas jabatan yang telah diemban dua periode ini (10 tahun).

"Ini sebuah harapan besar bagi PKB Jabar. Regenerasi dan konsidasi yang kuat untuk meraih kemenangan di Pilkada serentak 2018 dan itu jadi modal untuk kemenangan PKB di Pileg 2019", ujar Andi Lukman Hakim, Ketua DPC PKB, Kabupaten Subang.

Disebutkan, selain 3 nama di atas, ada satu nama yang sudah melakukan konsolidasi, yaitu Huda. Huda yang menjabat sekertaris didukung beberapa DPC.

Tapi, kabarnya, kesibukannya sebagai Staff Ahli kementerian jadi salah satu alasan DPP untuk mencari alternatif.

Atas hal itu, PKB Jawa Barat disarankan butuh seorang petarung yang mampu mengkonsolidasi kekuatan PKB, bisa bersilaturahmi dengan Para Ulama Jabar dan punya kelincahan politik dalam berkomunikasi dengan tokoh politik di Jabar.

Cucun Syamsul Rizal yang menjabat ketua DPC Kabupaten Bandung menjadi calon alternatif. Tetapi ia mendapat peran strategis sebagai sekertaris Fraksi PKB di DPR RI juga ketua Garda Bangsa DPP PKB.

Adapun nama Rasta Wiguna yang pernah menjadi sekretaris DPW PKB saat Helmy Faisal Zaini menjabat Ketua DPW PKB Jabar belum mendapat dukungan ketua-ketua DPC.

Maman Imanulhaq, menjadi sosok kuat. Selain menjadi Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) di Komisi 8 DPR RI, ia adalah tokoh muda pesantren yang menjabat ketua umum Lembaga Dakwah PBNU yang dikenal aktif mengadvokasi hak masyarakat sipil.

Maman juga dikenal dekat pada kaum muda dan banyak menggelar event kebudayaan, kesenian dan pariwisata.

Kebanyakan dari para pengurus berharap Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jabar segera diselenggarakan untuk mempercepat konsolidasi dan memanaskan mesin Partai jelang pilkada serentak di 15 Kabupaten/kota se-Jabar.

Sesepuh PKB Jabar, KH Mukhlas Dimiyati meminta semua kader siap berjuang untuk kemenangan PKB.

"Saya berharap PKB Jabar ke depan dipimpin anak muda yang punya militansi dalam memenangkan PKB. Ia harus orang yang diterima para Kyai, aktif memperjuangkan pesantren dan juga menguasai peta politik di jabar," kata anggota Dewan Syura DPP PKB tersebut.

Terkait dinamika yang ada, pengamat politik Dr Asep Salahudin menegaskan, PKB perlu sosok baru yang punya daya pikat politik dan kultural.

PKB Jabar, katanya, harus menjalankan politik kemashlahatan, yaitu politik yang bersih, akuntabel, profesional, dan menjadi antitesa dari politik amatiran.

"Itu harus terlihat dalam Pilgub Jabar tahun 2018 di mana PKB musti melakukan "ijtihad" yang benar dalam mengusung Paslon, jangan asal-asalan apalagi semata pragmatisme politik saja," katanya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...nya-ketua-baru

---

Baca Juga :

- Harga Cabai Rawit Merah Masih Mahal

- Asep, Pembudidaya Tanaman Herbal Khas Eropa di Kampung Cibengang

- Tak Mendongkrak Kunjungan Wisatawan, Kebijakan Bebas Visa Perlu Direvisi