alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Mabes Polri Peringatkan Korlap Demo 212 Tak Sertakan Provokator
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aab2e51854f702478b4598/mabes-polri-peringatkan-korlap-demo-212-tak-sertakan-provokator

Mabes Polri Peringatkan Korlap Demo 212 Tak Sertakan Provokator

Mabes Polri Peringatkan Korlap Demo 212 Tak Sertakan Provokator


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri memperingatkan para koordinator lapangan (korlap) yang akan memimpin massa demo di depan Gedung DPR RI pada Selasa besok, 21 Februari 2017, atau Aksi 212, tidak menyertakan demonstran yang tidak siap berunjuk rasa dengan damai.

Korlap harus bisa menjamin tidak ada provokator dalam barisan peserta aksi.

Kepolisian akan meminta pertanggungjawaban secara hukum kepada korlap jika dalam pelaksanaan demo ada peserta demo yang bertindak anarkis maupun menjadi provokator terselubung.

"Kami ingatkan (korlap), seluruh masyarakat yang diajak ke Gedung DPR/MPR RI harus siap melaksanakan aksi damai. Bagi yang tidak siap, kami sarankan tidak perlu ikut unjuk rasa. Dan tentunya akan merugikan semua pihak," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/2/2107).

Menurut Boy, imbauan dan peringatan ini penting untuk disampaikan.

Sebab, Polri mendeteksi adanya ajakan dan seruan yang bersifat provokatif agar demo 212 di depan Gedung DPR diarahkan anarkis.

"Jangan sampai korlap dimintai pertanggungjawaban secara hukum atas aksi dari peserta yang mengarah ke pelanggaran hukum," katanya.

Menurut Boy, kepolisian di lapangan akan mengedepankan pendekatan persuasif dan preventif dalam melaksanakan tugas pengamanan Aksi 212 besok.

Namun, kepolisian juga dipastikan akan mengambil tindakan tegas sesuai perundang-undangan jika ada pengunjuk rasa yang melakukan tindakan di luar koridor hukum, termasuk tindakan yang mengganggu hak warga yang tidak berunjuk rasa.

Penindakan tegas kepolisian menjadi pilihan terakhir.

Rencananya, Aksi 212 yang diselenggarakan Forum Umat Islam (FUI) akan diikuti 10 ribu demonstran dengan target unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jalan Jenderal Gatot Soebroto, Senayan, Jakarta, Pusat, pada Rabu, 21 Februari 2017.

Salah satu tuntutan massa demonstran adalah meminta pihak DPR menggunakan hak legislatif seperti hak angket, atas belum nonaktifnya Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok  yang telah berstatus sebagai terdakwa kasus penodaan agama.

Boy menyatakan, dengan estimasi jumlah peserta demo Aksi 212 sekitar 10 ribu, maka pengamanan akan dilakukan oleh pihak Polda Metro Jaya dibantu anggota Kodam Jaya dengan jumlah personel cukup. Polri juga telah menyiapkan strategi pengamanan.

Namun, Boy enggan menyebutkan komposisi jumlah pasukan yang akan diterjunkan ke lokasi demo maupun pasukan cadangan yang ditempat di beberapa titik ibukota.

"Cukup lah. Kami punya personel yang cukup. Jadi kalau polda kekuatannya besar, apalagi dibantu oleh TNI, Kodam Jaya, jadi yang pentin cukuplah," katanya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/metropolit...kan-provokator

---

Baca Juga :

- Fraksi Yang Semangat Dorong Angket Adalah Lawan Politik Ahok di Pilkada Jakarta

- Golkar: Usulan Hak Angket Ahok Gate Belum Sampai Paripurna Sudah Ditolak

- Tjahjo: Kalau Diundang Pasti Datang



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di