alexa-tracking

Golkar: Usulan Hak Angket Ahok Gate Belum Sampai Paripurna Sudah Ditolak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aaaeb15c77982f0d8b4577/golkar-usulan-hak-angket-ahok-gate-belum-sampai-paripurna-sudah-ditolak
Golkar: Usulan Hak Angket Ahok Gate Belum Sampai Paripurna Sudah Ditolak
Golkar: Usulan Hak Angket Ahok Gate Belum Sampai Paripurna Sudah Ditolak


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar tidak mempermasalahkan hak angket Ahok Gate dibacakan dalam rapat paripurna DPR.

Sekjen Golkar Idrus Marham yakin hak angket tersebut tidak akan lolos.

Pasalnya, fraksi-fraksi pendukung pemerintah sudah menyatakan penolakannya terhadap hak angket.

"Beberapa hari lalu pimpinan fraksi utamanya fraksi-fraksi pendukung pemerintah sudah membuat pernyataan bahwa tidak menyetujui bahkan sudah menolak. Ini belum sampai di paripurna tapi sudah ditolak. Nah berarti ini ada kurang lebih 63 persen tidak setuju dengan itu berarti tidak bisa," kata Sekjen Golkar Idrus Marham di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Golkar, kata Idrus, sejak awal telah menyatakan penolakan terhadap hak angket tersebut.

Terlebih, tidak ada alasa melakukan hak angket ditinjau dari sisi aturan.

Idrus menuturkan Pasal 83 UU Pemda tertulis Kepala Daerah diberhentikan sementara apabila ancaman hukumannya lebih dari lima tahun.

Sementara, Jaksa mendakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kasus penistaan agama dengan pasal 156 dan 156a KUHP dimana hukuman dibawah lima tahun.

"Karena itu dilihat dari perspektif dan aturan maka tidak ada alasan seperti itu (hak angket). Kalau hanya sekedar mendapatkan penjelasan tidak perlu angket," kata Idrus.

Idrus menilai fraksi-fraksi melalui Komisi II dapat memanggil Menteri Dalam Negeri Tjahjo mengenai pengaktifan kembali Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ia mengatakan sikap politik Gokkar sesuai aturan.

"Tidak hanya sekedar didasari pada keinginan-keinginan tetapi aturan-aturan dalam negara kita yang demokratis itu dapat berjalan dengan baik harus berdasarkan dengan aturan yang ada," ujar Idrus.

Idrus menuturkan pihaknya tidak ada masalah usulan hak angket dibacakan dalam paripurna. Tetapi, tidak sekedar untuk kepentingan opini.

"Untuk menghadapi kepentingan suara tahap kedua, saya kira tidak bisa lagi saya katakan cara-cara seperti itu dilakukan, kita harapkan tidak mempengaruhi pilihan-pilihan rakyat. Saya khawatir itu nanti ada kekecewaan," kata Idrus.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...-sudah-ditolak

---

Baca Juga :

- Tjahjo: Kalau Diundang Pasti Datang

- Soal Pemberhentian Ahok, Jokowi Tunggu Putusan PTUN

- Golkar Nilai Wajar Aksi 212