alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Freeport Ancam Gugat ke Arbitrase, Jonan: Pemerintah Juga Bisa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aaabb59252336e5f8b4569/freeport-ancam-gugat-ke-arbitrase-jonan-pemerintah-juga-bisa

Freeport Ancam Gugat ke Arbitrase, Jonan: Pemerintah Juga Bisa

Jakarta - Freeport McMoran Inc sebagai induk usaha dari PT Freeport Indonesia, mengancam akan menggugat pemerintah Indonesia ke Abitrase Internasional. Bila tak ada jalan keluar terkait izin ekspor dan kepastian investasi perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) ini.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, tidak gentar atas ancaman tersebut. Menurutnya, sudah menjadi hak Freeport untuk melakukan gugatan ke arbitrase. Namun Jonan mengingatkan, pemerintah Indonesia juga bisa melakukan hal serupa.

"Ini sebenarnya mau berbisnis atau berperkara. Freeport itukan badan usaha jadi berbisnis. Tapi kalau dalam perundingan tidak sampai titik temu memang hak-hak masing-masing bawa ke badan Abitrase. Tapi bukan hanya Freeport loh, pemerintah juga bisa," tutur Jonan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Pada 10 Februari 2017 lalu, pemerintah telah menyodorkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) kepada Freeport sebagai pengganti Kontrak Karya (KK). Jika tak mau menerima IUPK, Freeport tak bisa mengekspor konsentrat tembaga, dan akibatnya kegiatan operasi dan produksi di Tambang Grasberg pasti terganggu.

IUPK berbeda dengan KK, dan posisi pemerintah sebagai pemberi izin lebih kuat daripada korporasi sebagai pemegang izin. Sedangkan KK memposisikan pemerintah dan Freeport sebagai 2 pihak yang berkontrak dengan posisi setara. Ini adalah langkah pemerintah untuk memperkuat penguasan negara terhadap kekayaan alam.

Tapi Freeport tak mau begitu saja mengubah KK-nya menjadi IUPK. Sebab, IUPK dinilai tak memberikan kepastian, pajaknya bisa berubah mengikuti aturan perpajakan yang berlaku (prevailing), tak seperti KK yang pajaknya tak akan berubah hingga masa kontrak berakhir (naildown).

Pada 17 Februari 2017 lalu, Freeport Indonesia sudah bertemu dengan Pemerintah Indonesia untuk memberikan poin-poin keberatan. Kedua pihak ini pun memiliki waktu 120 hari sejak keesokan harinya untuk mencari win-win solution. Namun jika tidak mencapai titik temu, Freeport akan mengambil jalan Abritase.

Jonan menegaskan, pemerintah Indonesia tetap akan mengacu pada Undang-Undang yang berlaku. Dalam amanat UU Minerba Nomor 4 tahun 2009, seluruh perusahaan pertambangan di Indonesia memang diwajibkan untuk membangun pabrik pemurnian alias smelter.

"Masing-masing pihak saya kira berusaha mencari jalan yang tidak melanggar perundangan yang ada dan (Perintah) tatap mengacu pada UU. Ini kan negara berdaulat, kalau negara berdaulat itu konstitusi," tegas Jonan. (wdl/wdl)

Sumur

Hanya Jonan yang berani menghentikan raksasa Freeport.....makanya pilih pemimpin yg berani seperti Jonan. Jangan lihat etnis dan agamanya, lihat keberaniannya melawan siapapun yg merugikan bangsa ini emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh: snorlaxkabigon
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
pemerintah yang kerja keras, nanti yang metik hasil investor kuning, emoticon-Embarrassment
Pak Jonan hebat lha berani pasang badan lawan freeport...
Kalau jadi dibawa ke Arbitrase Internasional, jangan lupa bawa laskar untuk demo di gedungnya. emoticon-Leh Uga

Sekalian aksi damai di depan kantor PBB dan Freeport pusat emoticon-Leh Uga

Tajuk demo "Mari kawal kekayaan negeri. Tangkap perampok emas Indonesia" emoticon-Leh Uga
Terimakasih pak prabowo
Quote:


komen ente dahsyat gan.
yang quotes ane maho..
oke sip.
Semenjak Jokowi jadi Presiden banyak orang yang sudah menggadaikan nasionalisme nya..

Negara diinjek2 tapi malah Presiden yang salah terus..

Ane cuma pengen numpang nyengir doang liat kasus ini, apakah masih banyak yang coba nyalah2in Pemerintah walaupun mereka bertindak sesuai UU dan tegas dalam masalah ini..
Diubah oleh muddy.waters
Quote:


buset gan,, gimana cara ngangkut laskar yg jumlahnya 7 juta ke amrik apa mesti mengerahkan pesawat Hercules n ulang Alik,, blm lagi bwt nasi bungkusnya, warung mana yg bisa nyediain sejumlah itu dengan cepat? Bisa2 kena pentung n sodokan pisang super bieb.
Jonan itu cina loh

Nasbung dilemma emoticon-Big Grin
Quote:


rumor yg beredar di medsos by Cyber Army; Joko mau ngalihin Freeport ke Cina..
Quote:
diapungkan emoticon-Big Grin

Quote:

halah si jonan ngerti pertambangan dan regulasinya yg pelik, pret. palingan hasil dibisikin ama wamen/staf ahlinya.
Quote:


Satu sisi anti Asing,, sisi laen anti Aseng..

Kalo ga salah Freeport diwajibkan untuk divestasi/melepas 51% sahamnya,, dan Pembeli saham tersebut sudah diatur didalam UU urutan prioritas pemebli saham tersebut, dari Pemerintah Pusat, BUMN, Pemda, BUMD, Swasta dan seterusnya..
emoticon-Cool mantab

Ane berharap, kedepan kita bisa mengelola SDA kita sendiri...
kalo berani gugat freeport silakan lakukan....asal jgn mewek aja kalo kalah telak seperti kasus karahabodas emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
freeport jangan macem-macem ama negara ini dah

nyari massa lagi gampang emoticon-Hammer
Quote:


Kasus Karaha Bodas itu dengan Pertamina.. Antara badan hukum dengan badan hukum lainnya..

Kalau perbandingan Freeport dengan Pemerintah Indonesia, contoh kasus yang mungkin lebih tepat yaitu Churchill Mining Vs Indonesian Government.
Freeport adalah hasil kebijakan pemerintah selama 32+10 tahun yang sia sia
Quote:


Dan keiniginan loe utk nyengir langsung dikabulkan... tuh bawah ente pasukan dongok langsung mencibir dgn lagu lama... aseeengggg

Kyk ga tau panasbung aja loe..... mau sebagus apapun wiwi tetap aja dicela, tetap aja di cap PKI
nasionalisasikan freeport
lanjutkan perjuangan soekarno
:ultrahore
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di