alexa-tracking

Suara Golput Pilkada DKI Lebih Besar Dibanding Pendukung Agus

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aaaa1e98e31b6a4c8b456e/suara-golput-pilkada-dki-lebih-besar-dibanding-pendukung-agus
Suara Golput Pilkada DKI Lebih Besar Dibanding Pendukung Agus
Suara Golput Pilkada DKI Lebih Besar Dibanding Pendukung Agus

Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya pada Pilkada DKI, Rabu (15/2), mencapai 1.668.902 orang. Pemilih golongan putih (golput) bahkan lebih besar dari perolehan suara pasangan calon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Lembaga Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyarankan pasangan calon gubernur yang lolos ke putaran kedua sebaiknya menarik dukungan kelompok golput, daripada berupaya mendapat limpahan suara pasangan calon yang gugur.

Pasangan Agus-Sylvi diketahui mendapat 936.609 suara dan menjadi peserta Pilkada DKI yang paling sedikit memperoleh dukungan berdasarkan hasil rekapitulasi data formulir C1 dari Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta.

"Sebaiknya mengarahkan perhatian kepada pemilih yang belum menggunakan haknya di TPS. Mereka sesungguhnya punya pilihan, namun tak cukup yakin datang ke TPS. Meyakinkan itu kunci utama kemenangan pasangan calon," kata Koordinator Nasional JPPR Masykurudin Hafidz di Kantor Bawaslu RI, Sabtu (18/2).

Analisis JPPR menyebutkan, angka golput saat Pilkada ibu kota paling banyak ditemui di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Ada 35 persen pemilih yang tak menggunakan hak suaranya di sana.

Selain Johar Baru, angka golput juga tinggi di kawasan Kebayoran Baru, Setiabudi, Sawah Besar, dan Menteng. Ada 30 hingga 28 persen pemilih yang tak datang ke TPS dari empat kecamatan itu.

Sementara, golput terendah ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Hanya 17 persen pemilih di sana yang tak menggunakan suaranya saat hari pemilihan.

Angka golput di putaran kedua Pilkada DKI diprediksi naik jika partai politik pendukung cagub dan cawagub yang tersingkir tak menentukan dukungan ke peserta tersisa. Partisipasi bisa meningkat seandainya tim kampanye dari masing-masing paslon dapat bergerak efektif merebut hati pemilih yang belum menggunakan haknya.

"Di Pilkada, kekuatan, kemampuan, strategi paslon bersama tim kampanye jauh lebih menentukan daripada pernyataan atau sikap dari parpol. Pendukung Agus-Sylvi juga berkontribusi terhadap golongan putih, karena pilihan pertamanya berpotensi tidak masuk putaran dua," katanya.

Hasil rekapitulasi formulir C1 KPU DKI diketahui, pemenang Pilkada DKI putaran pertama adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Ahok-Djarot mendapat 42.91 persen suara, atau 2.357.587 dari 5.563.425 pemilih di Pilkada DKI. Sedangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno meraih 40.05 persen atau 2.200.636 dukungan.

Jika hasil penghitungan manual KPU DKI berbeda tipis dengan unggahan formulir C1, dipastikan Pilkada DKI akan digelar dua putaran. Sebabnya, tak ada cagub dan cawagub yang meraih suara 50 persen plus satu. (pmg)

http://www.cnnindonesia.com/kursipan...endukung-agus/

Masih sengit

Tunggu
40.5 + 42.91 + 17.05 + 23 = 123.01

Ko jadi 123.01 % emoticon-Ngakak

Ato maksudnya
40.5 + 42.91 + 17.05 =100.01

23 yang golput dipisahin
Jadi yang ikut nyoblos cuma 77 persenan. Tapi ko bagannya disatuin. Atau ... ah ane ngetik lg boker jd bingung sendiri.

Fix wartawan cnn kebnyakan maen dota
alasanya sudah jelas pendukung agus mengapung emoticon-Leh Uga
silahkan kedua kubu, harus gigih agar yang golput terbujuk hatinya buat memilih emoticon-Recommended Seller

semoga pertarungan berjalan seru
40+42+17+23 kayanya diatas 100% deh emoticon-Embarrassment
Quote:

bner jg ya gan... kok lebih ya? emoticon-Ngakak (S)

tp mungkin yg 40 42 17 tu total 100% suara yg nyoblos kmren...
klo ama yg plus 23 mungkin tu jumlah 100% pemilih yg terdaftar di KPU...
Cmiiw dah..
yaudah, intinya kalau kalah jangan mewek ya emoticon-Big Grin

ini bapak saya..
ini negara bapak saya..
ini jakarta bapak saya...


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


ane bingung perhitungan nya si kpu nih
yang di itung prosentase cuma yang nyoblos tp yang tak nyoblos juga di umumin prosentase

yang bodoh yang bikinberita,KPU ato ane nih emoticon-Embarrassment

Quote:

wkwk iyaaa gan mungkin maksudnya itu tapi kayaknya wartawannya agak bingung jelasinnya
Quote:


40+43+17 kan uda 100% bro ....itu pemilih yg nyoblos sekian
Tapi kalo dibandingkan dengan yg sudah terdaftar... itu cuman 77%
Sisa 23% yg terdaftar gak nyoblos... alias golput
kasian sih agus. sama golput saja kalah apa lagi sama kandidat lain. wkwk
Itu angkanya tanpa DP gan...
cn* nulis persentase nya begok emoticon-Big Grin
Quote:


kemungkinan sih seperti yang agan bilang emoticon-Embarrassment tapi masa itu pie chartnya digabung jadi satu emoticon-Hammer seharusnya dibikin 2 juga sih

agus dijolimi golputer emoticon-Ultah
Quote:


Iye harusnya 2..
Yg satu chart berdasarkan jumlah penduduk kek di atas (itu totalnya 7,7 juta pemilih terdaftar)

Yg satu lagi dibikin chart berdasarkan persentase..
tapi kalo persentase malah bikin rancu..
Ntar di demo.. masak angka anies di turunkan lagi emoticon-Big Grin
agus jgn dizolimi gan emoticon-Blue Guy Bata (L)
udah angka2 gini tak nyimak aja om emoticon-Traveller
Berarti mending meraih simpati golputer dong ya
Tolong yg golput, pilih pak ahok di putaran 2
Lagi butuh banget tambahan suara, biar ga tengsin minta ke ma agus
Begitulah kira2 maksud thread ini
emoticon-Cool
golput - ga ada niat nusuk...
golput - krn g bs/g boleh nusuk...