alexa-tracking

Jonan Tak Ingin Freeport Gunakan PHK Sebagai Ancaman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aaa6d6642eb6397f8b4567/jonan-tak-ingin-freeport-gunakan-phk-sebagai-ancaman
Jonan Tak Ingin Freeport Gunakan PHK Sebagai Ancaman
Jakarta - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, tak mau PT Freeport Indonesia (PTFI) menggunakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan menjadi semacam ancaman kepada pemerintah.

Saat ini Freeport menolak perubahan status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang disodorkan pemerintah, karena IUPK dinilai Freeport tidak memberikan kepastian investasi dan hukum.

"Saya sangat menganjurkan semua badan usaha itu terutama perusahaan besar dan yang punya reputasi tinggi seperti PT Freeport Indonesia, sebaiknya tidak melakukan pemutusan hubungan kerja sebagai langkah yang pertama. Kalau mau, ya nego. Kalau enggak mau ya kita ke arbitase," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (20/2/2017).

"Karyawan dan tenaga kerja ini kan sebenarnya aset yang penting untuk perusahaan atau badan usaha. Jadi saran saya, itu tidak pertama kali dilakukan," tambahnya.

Seperti diketahui, pertambangan PT Freeport Indonesia di arel tambang Grasberg, Tembagapura, Mimika, Papua, sudah mulai berhenti beroperasi sejak dua pekan lalu menyusul larangan ekspor mineral konsentrat oleh pemerintah. Meskipun izin ekspor sudah diberikan, Freeport tetap menolak karena perusahaan tak setuju dengan isi kontrak dalam status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Para pekerja tambangnya di Mimika, Papua, yang berjumlah puluhan ribu pun kini sudah dirumahkan. Jika ini terus berlangsung perekonomian di Papua akan ikut goyang. Lebih dari 90% pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Mimika, sekitar 37% Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua berasal dari Freeport. (wdl/wdl)

Sumur

TOP deh Jonan,baru kali ini ada mentri yg bs bikin Freeport nangis bombay...
yg gw tunggu, komennya si Luhut dan papa pemegang saham
image-url-apps
Jonan pecatan mentri yg bersinar ...wkkwkwkwk
KASKUS Ads
Bagus nih pak Jonan masih tetap strong gak mau ikut permintaan Freeport sepenuhnya.

Tetapi masalah karyawan yang dirumahkan ini juga bahaya. Kalau lama dibiarkan mereka nganggur, bisa-bisa karyawannya itu akan lebih condong ke PTFI dan desak pemerintah cepat selesaikan masalah, kalau perlu turuti saja mau PTFI, karena mereka pengen kerja dan dapat uang. Tekanan dari warga sendiri.
FPI (Free Port Indonesia) Kalau tidak mau ikuti aturan Pemerintah NKRI, silakan angkat kaki, keluar dari Indonesia emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
kalo fripot macem2, kirim novel ke sana emoticon-Marah
image-url-apps
Mungkinkah dlm waktu dekat freeport berubah nama jadi tong fang?
emoticon-Cool
image-url-apps
moga2 pemerintahan dah nyiapin strategi seandainya terjadi phk masal, misal nyiptain lapangan krj baru buat nampung tenega phk2 itu, moga2 aza.....
image-url-apps
Quote:


bisa kabur tuh bule kena gigi nopel emoticon-Ngacir
image-url-apps
Ya abis apalagi ancaman nya
image-url-apps
wah, bener-bener menteri top gak takut yg penting kedaulatan NKRI prioritas utama hak milik kita harus kembali emoticon-Embarrassment
image-url-apps
kirim iwan bopeng ke papua biar di gorok nya leher petinggi freeport emoticon-Marah
image-url-apps
selama gk.buat smelter dan gk mau.ikut kontrak indonesia. lawan aja pak di arbitrase emoticon-Cool
×