alexa-tracking

Ketum PBNU Beri Dukungan ke Jonan Soal Kisruh Freeport

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aaa5efa09a391d598b4568/ketum-pbnu-beri-dukungan-ke-jonan-soal-kisruh-freeport
Ketum PBNU Beri Dukungan ke Jonan Soal Kisruh Freeport
Ketum PBNU Beri Dukungan ke Jonan Soal Kisruh Freeport


Jakarta - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj, di kantor Kementerian ESDM pagi ini, Senin (20/2/2017). Pertemuan tersebut berlangsung satu jam lebih, sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.20 WIB.

Said Aqil mengatakan, pertemuan ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menghadapi polemik PT Freeport Indonesia, yang saat ini masih belum menerima Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang disodorkan pemerintah.

"Saya di sini diskusi, mendukung, memberi masukan tentang Freeport, bahwa saya di belakang Pak Menteri Jonan," katanya, usai melakukan pertemuan di Kementerian ESDM.

Menurutnya, Kementerian ESDM telah mengeluarkan peraturan dengan tetap berpegangan pada Undang-Undang Minerba yang ada, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No. 1/2017, sebagai revisi dan tindak lanjut peraturan yang telah terbit sebelumnya.

"Keputusannya sudah tepat. Kita harus punya sikap yang tegas, walaupun selama ini katakanlah Freeport telah berjasa membangun Papua, dan perekonomian nasional. Tapi bagaimana pun harus tunduk pada Undang-Undang. Harus ikut Undang-Undang kita. Mudah-mudahan Pak Jonan diberi kekuatan menghadapi keadaan ini," ujar Said.

"Pokoknya harus tunduk pada UU. Mereka di Indonesia loh. Peraturan harus Indonesia. Peraturan yang sudah keluar dari Pak Menteri sudah sangat rasional, objektif, sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak," tambahnya.

Posisi PBNU sendiri datang menurutnya sebagai mitra masyarakat yang mengawal kebijakan pemerintah.

"PBNU sebagai kelompok yang selalu berada di belakang pemerintah sebagai mitra masyarakat, mengawal kebijakan pemerintah. Bukan partai politik loh. Potensi yang ada di tengah-tengah Indonesia ini kita berkewajiban memberdayakan dan mengawal," pungkasnya. (wdl/wdl)

Sumur

PBNU dukung Jonan soal Freeport..??? Ada yg aneh ga yaa, sejak kpn NU terlibat ngurusin ESDM?? PBNU makin ga jelas kiprahnya, ganti aja Ketumnya.
ketua PBNU paliing hebat sepanjang sejarah... kasak kusuk kemana mana... politik, ekonomi.... mantap emoticon-Toast
Kayaknya makin dikit organisasi keagamaan yang ngga ngikut politik emoticon-Turut Berduka
umat islam dukung jonan kagak nieh emoticon-Stick Out Tongue

yg nyiyier terlalu amat dah emoticon-Ngakak (S)

wajar lah dukung emoticon-Big Grin gw aj dukung kok emoticon-Big Grin loe pada dukung kgk?

tgl masalahnya berani tidak eksekusi ?? emoticon-Big Grin
Mestinya seluruh elemen bangsa skrg satu suara mengenai freeport.
Anggota DPRnya malah ngurus yg lain.
emoticon-Cape deeehh
Quote:


idem gan emoticon-Recommended Seller
emoticon-Selamat jonan gitu lho
kalau diadakan pilpres hari ini dan jonan ikut maka jonan bisa jadi presiden pilihan rakyat emoticon-Traveller
ayo jaga kedaulatan NKRI kita jangan mau dijajah dg mengeksploitasi SDM kita emoticon-Embarrassment
seharusnya untuk masalah freeport . pemerintah butuh dukungan dari berbagai rakyat.
Yang posting mungkin antek freeport yg suka menindas masyarakat Papua. Jadi biasalah... Mungkin spt Munarman FPI yg suka teriak anti asing tapi menjadi pengacara freeport ekwkkwk.

Setahu saya sudah bertahun2 PBNU berada di posisi mendukung masyarakat Papua. Banyak orang Papua mengadu ke PBNU soal freeport, tapi PBNU hanyalah sebuah organisasi bukan pemangku kebijakan negara. Tidak heran ketika pemerintah mencoba membebaskan masyarakat Papua dari freeport otomatis PBNU langsung berada di garda terdepan mendukungnya. Karena yang bisa melakukan hal tersebut tentu saja pemerintah, bukan PBNU.
Posisi mentri
Jadi masih aman utk cina tapir
Jgn nyalon yah nan
emoticon-Leh Uga
Kamis, 10 November 2011 | 15:00 WIB

Soal Freeport, Tokoh Papua Mengadu ke PBNU
Oleh
Ita Lismawati F. Malau,Nur Eka Sukmawati
Soal Freeport, Tokoh Papua Mengadu ke PBNU Photo :
VIVAnews/Adri Irianto
Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj

VIVAnews - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menerima kedatangan beberapa tokoh adat dari Provinsi Papua. Mereka merupakan penduduk yang tinggal di sekitar PT Freeport Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung secara tertutup, Kamis 10 Oktober 2011 sejak pukul 12.00 WIB. Said bertemu dengan tokoh adat Papua yaitu Lembaga Musyawarah Adat Amungme dan Lembaga Musywarah Adat Kamoro.

Dari pertemuan tersebut, Said Aqil mendengar beberapa keluhan mereka antara lain masih adanya kekerasan, penembakan, dan ketidakadilan ekonomi.

"Mereka hidup miskin di daerah yang sangat kaya raya yaitu, Freeport. Jadi bukan masalah politik. NU juga menyaksikan ketidakadilan tersebut. Pemerintah harus malu mengapa orang Papua masih bodoh," kata Said usai pertemuan di Gedung PBNU, Jakarta.

Atas keluhan tersebut, kata Said, mereka meminta agar NU bisa membantu dan menyuarakan kezaliman, pelanggaran HAM, dan ketidakadilan ekonomi yang mereka rasakan ke pemerintah.

"Mereka juga akan bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri ESDM. NU bisanya kan mendengar kemudian menyampaikan kepada pemerintah," jelasnya.

Said Aqil juga mendesak agar pemerintah pusat harus turun ke Papua dan melihat secara langsung kehidupan mereka di sana, kemudian janji-janji pemerintah harus direalisasikan. "Presiden kan dulu banyak janji tuh, ternyata banyak yang belum terealisasi," ujarnya.