alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Solusi Hunian di Jakarta dari Ahok-Djarot
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa98cca2c06e0c288b457f/solusi-hunian-di-jakarta-dari-ahok-djarot

Solusi Hunian di Jakarta dari Ahok-Djarot

Solusi Hunian di Jakarta dari Ahok-Djarot

Jakarta - Kebutuhan akan hunian layak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi masalah di berbagai wilayah di Indonesia tak terkecuali DKI Jakarta. Para Calon Gubernur yang bertarung dalam ajang Pilkada DKI Jakarta 2017 pun melirik permasalahan ini sebagai hal yang harus diatasi.

Bila pasangan Cagub dan Cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno punya program perumahan tanpa DP alias uang muka, bagaimana dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat?

Basuki yang akrab disapa Ahok menjelaskan, pihaknya memberikan solusi dengan empat kategori. Pertama, untuk warga yang berpenghasilan di bawah Rp 3 juta, Pemprov DKI Jakarta menyediakan rumah susun sewa bersubsidi.

"Kalau untuk orang dengan gaji Rp 3 juta, kita bangun 1 rusun, bisa 36 meter persegi. Itu (harganya) Rp 200 juta- Rp 250 juta. Mampu enggak orang dengan gaji Rp 3 juta bayar cicil Rp 200 juta? Tanpa bunga saja enggak sanggup kok. Belum lagi untuk pemeliharaan. Makanya kami mau buat satu model yang kami subsidi habis, 80% lebih. Di situ anaknya dapat KJP, naik bus gratis, ada dokter macam-macam, dan hanya bayar Rp 5 ribu- Rp 15 ribu," ujar Ahok di balai Kota beberapa waktu lalu.

Kategori kedua, lanjut Ahok, Pemprov DKI Jakarta menyediakan rumah susun dengan harga murah, seharga sewa kos-kosan. Rusun ini akan dibangun dekat dengan terminal atau stasiun LRT maupun MRT.

"Ini yang harga kos. Ini orang enggak mampu cicil juga. Tapi dia selama kos. Tapi dia mampu cicil rumah karena uangnya sudah habis cicil rumah di pinggiran. Kami mau hemat dia waktu," katanya.

Kategori ketiga, yakni untuk warga berpenghasilan di atas Rp 10 juta. Pemprov DKI akan menyediakan unit rusun untuk dicicil.

"Kalau gaji sudah di atas Rp 10 juta, mampu dia cicil. Asal tanah enggak dihitung harganya. Makanya yang ketiga ini, kami lakukan, tanah tidak dihitung tapi dengan catatan, dia tidak boleh jual ke orang lain. Setelah 20-30 tahun, harus jual lagi ke pemda. Harga NJOP," jelas Ahok.

Kategori keempat, bagi pemilik tanah di Jakarta, Pemprov DKI akan mengajak bekerjasama. Nantinya di atas tanah warga itu, Pemprov DKI akan membangun apartemen.

"Yang punya tanah, misalnya kamu kos-kosin orang. Tanahmu 100 meter. Kita lagi siapkan nanti kita bangun apartemen, kasih kamu dua kali atau 2,5 kali. Kita lagi hitung. Jadi kalau tanah kamu 100 meter, kamu bisa dapat 150/200/300. Sehingga ini sertifikat atas nama kamu, kamu boleh jual boleh sewakan ke orang lain. Jadi kita tukar tanah," kata Ahok.

"Tapi semua peraturan ini kan belum pernah ada yang bikin, pertama kali. Terus kita kenapa belum masuk yang keempat ini? Karena kita lagi beresin mana halte mana stasiun. Baru data. Yang pertama duluan. Untuk apa? Yang jelas yang pindahkan dari sungai atau waduk. Dia enggak mampu beli. Nah inilah inkubator, kasih modal kerja, kasih kesehatan, pendidikan anaknya semua. Naik bus semua supaya dia 1-2 generasi hidupnya lebih baik," papar Ahok.

https://m.detik.com/finance/properti...ri-ahok-djarot



Tetep ndak bisa HM total dan masih harus mikir DP.

Jika bisa HM sekalian investasi emoticon-Angkat Beer



Quote:


Quote:


Diubah oleh ayah.rojak
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5

Nguenng ___emoticon-Ngacir
Diubah oleh ayah.rojak
Yg berpenghasilan 2 sampe 3 digit dapet apartemen juga donk

Masak golongan motor kriditan aja yg dapet

Diskriminasi golongan mapan ente namanya
Kasih gratis hok klo mau menang,,,,,,, timor leste aja bs ngasih rumah gratis

emoticon-Ngakak
Iya, tanahnya buat yang kulitnya kuning aja ya hok, yang pribumi ditumpuk aja di pinggiran emoticon-Ngacir
Walau lebih realistis ini, tp nasbung tetap lebih mau yg tanpa DP emoticon-Embarrassment
widih.. lebih detail sih ya solusinya disini...
Quote:


Ada yg bisa jelasin yang ini?
Quote:



Kurang jelas maksudnya ya?

Mungkin juga ditukar dgn tanah milik pemprov dilokasi yg lain, tggu info dari yang lain juga
Diubah oleh ayah.rojak
calon trit sepi, yg laku mah DP 0%, eh DP nol rupiah, eh, nabung 6 bulan buat DP.

emoticon-Ngakak
ini rusun aja harganya 200-250jt rakyat kcil aja ga mampu nyicil...
kata sebelah rumah DP nol persen lho,bukn rusun....
tp rumah bwt sp? mnengah atas?
emoticon-Leh Uga
Gw mau yang DP 0%, cicilan gratis, dan tanah jadi hak milik gue, kayak kemaren rumah gw dipinggir ciliwung ama di pinggir rel kalibata emoticon-Mad
Quote:


Kayanya,yang punya tanah suruh tukar guling. diatas tanahnya misal yang 100m akan dibangun apartemen oleh pemda, tapi pemda tidak beli bayar tanah dia pake duit. nantinya setelah apartemen jadi dia dapat unit apartemen tadi seukuran 150/200/300 tergantung peraturan. Apartement baru ini boleh dia jual atau sewakan. cmiiw
Diubah oleh rambutan
Quote:


hmm,,,nunggu nastak saja yang jelasin sob,atau tunggu pak ahok yang jelasin lagi lebih detil.
emoticon-Traveller
ayo mana nastak kerja woi kerja nie ada yang tanya ...
10 juta keatas. kasian taikers penjaga warnet



Quote:


cara supaya masuk akal bagi taikers mudah, suruh ahok yg ngomong.
Solusi Hunian di Jakarta dari Ahok-Djarot
Quote:



Bisa jadi
Quote:


lah program anies itu, pribumi bakal ditumpuk di bogor.. emoticon-Ngakak (S)
Jakarta apalagi tengah kota mana bisa rumah ukuran 36 harganya 200juta.. jenius amet dah nasbung
emoticon-Leh Uga
Quote:


Kayanya luas tanah nya ditukar sama luas bangunannya...
Kalo tanah gak mungkin tambah lebar...jadi bangunannya yg di tambah...
Nah bangunannya itu boleh dijual
Masuk akal sih...karena tanah dijakarta emang udah abis...mau gak mau luas bangunan yg ditambah

Cmiiw
Diubah oleh wangbadan
Quote:

ok sob,,,mantap.
sayang perturannya belum ada yang bikin sob,,,
emoticon-Traveller
Quote:


ditukar apartemen dengan luasan 2-3 kali luas tanah yg dimiliki dg sertifikat hak milik,cmiiw emoticon-Sorry
Diubah oleh b_star77
udah gak usah aneh aneh deh..

kalo emang niatannya biar yang miskin bisa berteduh dengan nyaman, ya pake cara ahok lah.. gak usah ribet mikirin DP, nabung, bayar kreditan rumah, dsb..

tinggal bayar 5rb - 15rb aja koq.. langsung bisa tinggal

kalo urusan sederhana dibuat ribet malah kacau jadinya..
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di