alexa-tracking

Pemuda Muhammadiyah Minta Ahok Diberhentikan, Apa Jawaban Jokowi?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa862960e24bcb418b4568/pemuda-muhammadiyah-minta-ahok-diberhentikan-apa-jawaban-jokowi
Pemuda Muhammadiyah Minta Ahok Diberhentikan, Apa Jawaban Jokowi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah menemui Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu, yakni mengenai status Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

PP Pemuda Muhammadiyah menilai, status Ahok yang tetap menjabat sebagai Gubernur meski sudah menjadi terdakwa kasus penodaan agama ini menimbulkan kegaduhan di publik.

"Oleh karena itu, kami minta kepada Pak Jokowi untuk sesegera mungkin menonaktifkan Pak Ahok," kata Dahnil usai pertemuan.

Menanggapi permintaan Muhammadiyah itu, lanjut Dahnil, Presiden Jokowi mengaku akan menunggu pandangan hukum yang resmi.

Misalnya, dari Mahkamah Agung atau Pengadilan Tata Usaha Negara. Sebab, Jokowi tidak mau terjebak dengan opini pribadi setiap individu.

Pemerintah sebelumnya sudah meminta fatwa Mahkamah Agung. Namun, MA menolak dan mengembalikan keputusan ke Kementerian Dalam Negeri.

Artinya, pemerintah hanya tinggal menunggu keputusan dari Pengadilan Tata Usaha Negara.

Pemerintah sebelumnya digugat oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) agar segera menonaktifkan Ahok.

"Apabila PTUN menyatakan Ahok harus dinonaktifkan, maka Presiden akan ikut," kata Dahnil.

Menyikapi pendapat MA, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya tidak akan mengubah keputusannya soal mengaktifkan kembali Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya yakin betul, saya mempertanggungjawabkannya kepada Bapak Presiden apa yang sudah saya putuskan belum memberhentikan (Basuki)," ujar Tjahjo.

Menurut Tjahjo, secara aspek yuridis, pembuktian salah atau tidak seseorang hanya dapat ditentukan melalui putusan hakim melalui jalur pengadilan.

Sebelum ada putusan pengadilan, menurut Tjahjo, seseorang belum bisa dinyatakan bersalah.

Menurut Tjahjo, Kemendagri berpotensi menerima gugatan apabila memberhentikan atau menonaktifkan kepala daerah yang statusnya belum ditentukan oleh pengadilan.

Menurut Tjahjo, Kemendagri pernah digugat lantaran memberhentikan sementara kepala daerah yang tengah diproses di pengadilan.

Berdasarkan Pasal 83 UU tentang Pemda, kepala daerah yang menjadi terdakwa harus diberhentikan sementara.

Namun, pemberhentian sementara itu berlaku jika ancaman hukuman yang menimpa kepala daerah di atas lima tahun, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan negara, dan/atau perbuatan lain yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dakwaan Ahok terdiri dari dua pasal alternatif, yaitu Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

Pasal 156 KUHP mengatur ancaman pidana penjara paling lama empat tahun. Sementara itu, Pasal 156 a KUHP mengatur ancaman pidana paling lama lima tahun.

Oleh karena itu, Kemendagri akan terlebih dahulu menunggu tuntutan jaksa, pasal mana yang akan digunakan.

Sumber

nice tekel, no opini public please, mending nunggu rekomen MA aje, lebih kredibel dan dapet dipertanggung jawabkanemoticon-Ultah
kok lama2 nih ormas kaya pekaes efpeik dan sejenisnya
emoticon-Bingung
Nasbung mulai cemas.
Di satu sisi ingin menggembosi suara ahok dengan tuntutan penistaan agama.
Tapi di sisi lain tuntutan tersebut tidak bs melengserkan ahok dari jabatan gubernur
sibuk bener, takut amat sama ahok 1 biji doang emoticon-Big Grin
Boleh diberhentikan asal suara eks agus buat ahok ya
Lagi butuh banget pliiisss
emoticon-Cool
Bukannya hrsnya memang gt
kemarinn didatengin haedar nasir ketua pp muhammadyah bilang nunggu ma,
skrg didatengin dahnil pemuda muhammadyah bilang nunggu ptun,
bsk didatengin yg lain ngeles nunggu apalagi ya? emang hebat bekingnya ahok.
ahok hrs di adili n tdk akn intervensi hukum.. setelah proses sidang dgn saksi2 lawak nya...

sekarang tuntutan nya beda lg, copot ahok...
apa g sekalian ngomong, ahok tdk boleh ikut pilgub...

gt aja kok berbelit...
emoticon-Leh Uga
Nunggu keputusan PTUN... MA uda nolak
Kalo nunggu PTUN mah ... hakim ahok uda keburu keluarkan keputusan..
Quote:Original Posted By a12s
sibuk bener, takut amat sama ahok 1 biji doang emoticon-Big Grin

takut sih gak bro
cuma dapur gak ada menu lopster ya semenjak ada ahok emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By yovilon.hamdi
ahok hrs di adili n tdk akn intervensi hukum.. setelah proses sidang dgn saksi2 lawak nya...

sekarang tuntutan nya beda lg, copot ahok...
apa g sekalian ngomong, ahok tdk boleh ikut pilgub...

gt aja kok berbelit...
emoticon-Leh Uga


bosen banget gak sihhh gan liat beritanya permintaan macem2 padahal tujuannyaa cumaa 1..

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By hachioji
kemarinn didatengin haedar nasir ketua pp muhammadyah bilang nunggu ma,
skrg didatengin dahnil pemuda muhammadyah bilang nunggu ptun,
bsk didatengin yg lain ngeles nunggu apalagi ya? emang hebat bekingnya ahok.


kl agan yang dateng mungkin langsung disetujui....

emoticon-Big Grin
pada bikin rusuh aja, biarin napa ahok kerja abisin masa jabatannyaemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:Original Posted By Balziev


kl agan yang dateng mungkin langsung disetujui....

emoticon-Big Grin


Kalau Antum yang datang, mungkin Ahok langsung jadi gubernur tanpa pilkada Gan
Disuruh ama Din Syamsuddin kali tuu bocah
emoticon-Cape d...
nanti kasus lain bilang jangan di hubung2in sama pemerintah pusat dong yang dki

susah bener lawan nih orang

didikan sengkuni dilawan emoticon-Big Grin

emoticon-Ngacir
ayolah pak jkw.

jangan bikin rakyat bingung.

kalo emang harus dicopot harus sesuai dengan peraturan kalo emang engga yah jelasin juga dasarnya.
makanya belajar biar punya skill biar bisa bersaing dalam kerja bukannya jualan nama tuhan emoticon-Toast
ngimpiii.. ngarepnya ketinggian emoticon-Big Grin
Ntu beneran ACTA menggugat presiden dan pemerintah ?
ACTA stlongggg !!!