alexa-tracking

Gara-gara Sikapnya ini, Wali Kota Surabaya Risma Bikin Kaget Pejabat Facebook

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa7d7f642eb694378b459f/gara-gara-sikapnya-ini-wali-kota-surabaya-risma-bikin-kaget-pejabat-facebook
Gara-gara Sikapnya ini, Wali Kota Surabaya Risma Bikin Kaget Pejabat Facebook
Gara-gara Sikapnya ini, Wali Kota Surabaya Risma Bikin Kaget Pejabat Facebook


TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Dalam perjalanan dinasnya ke luar negeri pekan lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mampir ke kantor pusat media sosial Facebook Menlo Park, California.

Dalam forum diskusi, seorang perempuan perwakilan manajemen Facebook menyatakan keheranannya kepada Risma, karena ikut memikirkan nasib warga nonmuslim di Papua.

Cerita itu diungkap Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof Joni Hermana, yang ikut dalam rombongan dinas Risma, di akun Facebook miliknya "Joni Hermana" yang diunggah pada Minggu (19/2/2017) pagi.

Risma dan rombongan, tulis Joni, disambut hangat oleh manajemen Facebook. Banyak hal yang dibicarakan, antara lain soal dukungan Facebook turut mempromosikan produk buatan warga Surabaya.

Baca: Usai Sambangi Google dan Facebook, Risma Ingin Bangun Silicon Valley di Surabaya

Pihak Facebook, menurut Joni, juga sangat antusias membantu Risma dalam memajukan Surabaya melalui media sosial.

Dalam forum diskusi itu, tulis Joni, Risma mengutarakan keinginannya agar keberhasilan Surabaya membangun ekonomi yang berbasis partisipasi masyarakat dapat juga dirasakan oleh daerah lainnya, khususnya Indonesia bagian timur seperti Papua.

Risma mengaku dekat dengan warga Papua, sehingga dia mendapatkan gelar "Mama Papua".

Mendengar penjelasan Risma, pimpinan Facebook terkejut karena Risma ternyata juga memperhatikan nasib warga lain di luar Surabaya, apalagi warga nonmuslim.

Baca: Ini Tanggapan Risma Terhadap Kasus Dugaan Kekerasan Guru Terhadap Muridnya di Surabaya

Sementara Risma dikenal sebagai pemimpin perempuan muslim yang selalu mengenakan hijab.

Mendengar pernyataan pihak Facebook, giliran, Risma yang heran.

"Lho iya memang, mereka Nasrani dan mereka bangsa Indonesia. Semua punya hak sama untuk diperlakukan setara," kata Risma seperti ditulis Joni.

Bahkan Risma mengaku sampai tidak bisa menghitung berapa kali dirinya diundang untuk berbicara di gereja dalam sebuah acara.

Baca: Disambut Meriah, Risma Kampanye Pilgub Papua Barat di Manokwari

Risma lalu menjelaskan bahwa manusia tidak bisa memilih untuk dilahirkan dari suku mana dan agama apa.

"Everything is given, sesuatu yang sudah ditakdirkan dan kita tidak bisa lain kecuali menerimanya," terang Risma.

Mendengarkan penjelasan Risma, perempuan pejabat Facebook tersebut mengaku penasaran sehingga ingin cepat-cepat mengunjungi Surabaya dan Papua kelak saat ada kesempatan.

Dalam catatannya, Joni menyebut Risma memberi contoh nyata bagaimana seorang pemimpin muslim menjalankan keadilan dalam memegang amanahnya, tanpa membedakan dari mana asal dan kepercayaan rakyat yang diayominya.

Sosok Risma menurut dia adalah contoh ketulusan memimpin dan melayani warga tanpa membedakan status warga yang dipimpinnya.

Mama Papua

Pesona Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rupanya mempunyai tempat tersendiri bagi masyarakat Papua.

Gaya kepemimpinan Risma yang tegas dan tetap mengutamakan anak-anak, membuat Ikatan Masyarakat Papua memberikan penyematan nama khusus buat Risma yakni N9 Mama Papua.

Penyematan nama Mama Papua tersebut berlangsung di Graha Sawunggaling, Surabaya, Sabtu (21/1/2017). Saat memasuki ruangan Risma diiringi musik tradisional dan Kasuari Dance.

Saat berjalan Risma harus menginjak piring adat yang ada di depannya dengan penuh keyakinan, sebagai tanda ia sudah diterima dan menjadi bagian keluarga Papua.

Saat penyematan sebagai Mama Papua, Risma disematkan topi mahkota cenderawasih, selendang batik Papua dan tas noken rajut akar.

Di hadapan para Ikatan Masyarakat Papua, Risma menegaskan semua anak Papua yang mengemban ilmu di Surabaya boleh kapan saja menemuinya.

"Saya sebagai mama kalian, kalau ada apa-apa saya akan bantu kalian. Saya katakan lagi, saya mama kalian, saya mama kalian dan saya adalah mama kalian semuanya," tegas Risma di hadapan para tamu.

Risma mengimbau semua anak Papua yang menuntut ilmu di Surabaya supaya bisa menjadi panutan dan teladan. Anak-anak Papua diharapkan bisa membawa nama daerahnya hingga ke kancah internasional dengan segudang prestasi.

"Kalian pasti bisa, kalian anak-anak Papua yang membanggakan. Saya percaya itu. Saya percaya kalian bisa. Jangan penegak malu kalau kalian dari Papua, jadilah suatu kebanggaan untuk diri sendiri dan orang lain," jelas dia.

KOMPAS.com/Kontributor Surabaya, Achmad Faizal/Surya/Rorry Nurwawati

Sumber : http://www.tribunnews.com/internasio...jabat-facebook

---

Baca Juga :

- Pernyataan Wali Kota Surabaya Risma Bikin Pejabat Facebook Kaget

- Risma Minta Satpol PP Tutup Tempat Karaoke yang Sediakan 'Striptease'

- Presiden Jokowi Ajak Warga Bertanya Lewat Medsos, Ini Syaratnya

×