alexa-tracking

Belajar dari peluncuran satelit Telkom 3S

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa7533a09a39947f8b4567/belajar-dari-peluncuran-satelit-telkom-3s
Belajar dari peluncuran satelit Telkom 3S
Belajar dari peluncuran satelit Telkom 3S

Satelit Telkom 3S (T3S) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya diluncurkan ke angkasa menuju slot orbit 118 Bujur Timur oleh roket Ariane 5 pada 14 Februari 2017 dari Kourou, French Guiana pada jam 18.39 atau sekitar 04.40 WIB.

Roket Ariane 5 adalah milik Arianespace, wahana peluncur yang dipilih oleh Thales Alenia Space sebagai pembuat satelit Telkom 3S.

Telkom memang tak mau ambil resiko dalam meluncurkan satelit T3S ke angkasa. Hal itu bisa dilihat dari dipilihnya model kerjasama In Orbit Delivery (IOD) bukan On Ground Delivery (OGD) dengan Thales Alenia Space.

Quote:


Quote:


Ditambah lagi, Kapling slot orbit 118 derajat bujur timur dari Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) sedianya untuk 36 transponder C-band dan 13 transponder Ku-band. Namun, satelit Telkom 2 hanya punya 24 transponder C-band standar. Jika tak dipakai semua, izin penempatan slot orbit bisa dicabut dan diserahkan ke negara lain yang sudah mengincarnya.

Nama Besar

Telkom memilih Thales Alenia Space sebagai mitra manufaktur dari Satelit Telkom-3S. Perusahaan ini adalah yang membuat satelit Palapa D milik Indosat.

Sedangkan satelit T3S diperkirakan memiliki masa operasi 18 tahun (aktif 15 tahun), dengan kapasitas 49 ransponder, terdiri atas 24 transponder C-Band (24 TPE), 8 transponder extended C-Band (12 TPE), dan 10 transponder Ku-band (13 TPE).

Wahana peluncur mengandalkan Arianespace. Fasilitas Arianespace sudah tersebar di lima lokasi di seluruh dunia, yakni Perancis, Amerika Selatan, Washington DC, Tokyo, dan Singapura.

IndoTelko yang mendapat kesempatan dari Telkom untuk melihat salah satu pabrik Thales Alenia Space di Cannes, Prancis dan menyaksikan langsung peluncuran dari Kourou mendapatkan kesan kedua perusahaan yang ditunjuk Telkom memang ahli di bidangnya.

IndoTelko bersama rombongan media dan Tim Telkom berfoto bersama di pabrik Thales Alenia Space

Semua proses mulai dari pabrikasi, integrasi, testing hingga peluncuran Telkom 3S semuanya tepat waktu, tidak ada anomali atau masalah yang signifikan muncul jelang Lift Off.

Budaya kerja dari kedua perusahaan ini patut dicontoh oleh pemain di Indonesia jika memang ingin serius bermain di bisnis antariksa khususnya atau teknologi informasi umumnya.

Quote:


Model kerja yang dikembangkan Thales Alenia Space dan Arianespace sangat rapi dan berbasis proses dimana semua tahapan terintegrasi dengan baik sebagai rangkaian end to end sehigga mengalir dan efisien.

Mengandalkan model seperti itu setiap bagian dalam proses pekerjaan jelas siapa penanggung jawabnya sehingga bila terjadi sesuatu anomali atau tidak sesuainya hasil pekerjaan akan sangat mudah menemukan "terdakwanya."

Semua orang tentu tidak ingin menjadi "terdakwa", maka mereka otomatis harus selalu menghasilkan deliverables yang berkualitas dengan menunjukkan kompetensi yang mumpuni.

Hal lain yang menjadi kunci sukses keduanya adalah selalu memperhatikan hal yang detail tanpa melupakan perkembangan teknologi.

Ditambah dengan budaya disiplin mengikuti prosedur kerja denga seksama, memperhatikan target waktu dan konsen yang tinggi terhadap data dan report, hasilnya adalah kesuksesan dalam setiap misi peluncuran.

Terakhir adalah dukungan dari pemerintah untuk kedua perusahaan. Fasilitas yang dimiliki Arianespace di Kourou didukung habis oleh pemerintah Prancis dan European Space Agency (ESA).

Bagi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, satelit adalah infrastruktur strategis tak hanya sebagai salah satu backbone telekomunikasi tetapi juga untuk keperluan intelijen, cuaca, dan lainnya. Sudah saatnya lebih serius menangani infrastruktur ini dengan mengadopsi resep sukses kedua perusahaan besar di atas agar di masa mendatang tak terus menerus menjadi konsumen.

@IndoTelko

Peluncuran Satelit Telkom 3S

sumber
Emang bisa kirim satelit ke luar angkasa? emoticon-Embarrassment
mantab nih emoticon-2 Jempol

kapan ya indonesia bisa bikin dan meluncurkan satelit sendiri ?
Quote:


Ketik reg spasi kirim
Berita hoax neh

konspirasi elite global

mana bisa kubah langit di tembus satelit

emoticon-Ngakak
Quote:


Coba cek gan kalo ente ga percaya

http://www.indotelko.com/tag?tag=Sat...%20Telkom%203S

Quote:


Begini gan : Luncurkan satelit T3S, roket Ariane 5 pertahankan kisah suksesnya
Quote:

warga BP suka sarkasme gan emoticon-Big Grin


santai aja emoticon-Peace
×