alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Pernyataan Bos Besar Freeport Untuk Pemerintah
2.45 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa6f1260e24ba7728b456c/ini-pernyataan-bos-besar-freeport-untuk-pemerintah

Ini Pernyataan Bos Besar Freeport Untuk Pemerintah

Ini Pernyataan Bos Besar Freeport Untuk Pemerintah

Jakarta - President dan CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson, pagi ini melakukan konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, untuk menjelaskan berbagai isu mengenai kelanjutan investasi Freeport di Indonesia.
Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini juga dihadiri oleh Chappy Hakim yang baru saja mengundurkan diri dari posisi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia.
Dalam acara ini, Richard memberikan pernyataan selama kurang lebih 30 menit untuk menyikapi buntunya negosiasi dengan pemerintah Indonesia saat ini. Berikut pernyataan lengkapnya:
Selama lebih dari lima tahun, PT Freeport Indonesia (PTFI) telah secara konsisten melakukan upaya itikad baik untuk selalu tanggap terhadap perubahan hukum dan peraturan pemerintah Indonesia, beberapa diantaranya membawa dampak negatif terhadap operasi kami di tambang Grasberg, Papua.


Saya telah berada di Jakarta selama beberapa hari untuk menangani berbagai permasalahan yang saat ini dihadapi Perusahaan sehubungan dengan diterbitkannya peraturan-peraturan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terkait ekspor konsentrat. Bersama tim manajemen kami dan beberapa tokoh masyarakat setempat, kami terus bekerja sama untuk melindungi kepentingan Perusahaan dan semua pemangku kepentingan, termasuk karyawan kami yang berharga.


Meskipun UU Pertambangan Mineral dan Batubara 2009 menyatakan bahwa Kontrak Karya tetap sah berlaku selama jangka waktunya, Pemerintah meminta agar Freeport mengakhiri Kontrak Karya 1991 agar memperoleh suatu ijin operasi yang tidak pasti dan persetujuan ekspor jangka pendek.


Kami tidak dapat melepaskan hak-hak hukum yang diberikan oleh Kontrak Karya yang merupakan dasar dari kestabilan dan perlindungan jangka panjang bagi Perusahaan kami dan vital terhadap kepentingan jangka panjang para pekerja dan para pemegang saham kami. Kepastian hukum dan fiskal sangat penting bagi PTFI untuk melakukan investasi modal skala besar berjangka panjang yang diperlukan untuk mengembangkan cadangan kami di lokasi terpencil operasi kami di Papua.


Berdasarkan Kontrak Karya, Freeport telah melakukan investasi US$12 miliar dan sedang melakukan investasi sebesar $15 miliar guna mengembangkan cadangan bawah tanah kami. Kami telah membangun suatu kegiatan usaha dengan 32.000 tenaga kerja Indonesia.


Berdasarkan Kontrak Karya, pemerintah telah menerima 60% manfaat finansial langsung dari operasi kami. Pajak-pajak, royalti-royalti, dan dividen-dividen yang dibayarkan kepada Pemerintah sejak 1991 telah melebihi US$16,5 miliar sedangkan Freeport-McMoRan telah menerima US$10,8 miliar dalam bentuk dividen. Pajak-pajak, royalti-royalti, dan dividen-dividen di masa mendatang yang akan dibayarkan kepada Pemerintah hingga 2041 diperkirakan melebihi US$ 40 miliar.


Hukum Indonesia mencerminkan prinsip hukum yang diterima secara internasional bahwa suatu kontrak merupakan undang-undang bagi pihak-pihak yang berkontrak tersebut dan kontrak tidak dapat diubah atau diakhiri secara sepihak, meskipun berdasarkan hukum dan peraturan perundangan yang diterbitkan kemudian.


Freeport telah dengan itikad baik berupaya untuk fleksibel dan berkomitmen untuk mengubah Kontrak Karya ke Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) pada saat Pemerintah dan Freeport menandatangani perjanjian investasi yang disepakati bersama yang memberikan Freeport hak-hak yang sama sebagaimana diatur dalam Kontrak Karya, konsisten dengan surat jaminan dari Pemerintah kepada PTFI tanggal 7 Oktober 2015.


Kami telah mendiskusikan dengan Pemerintah untuk memperoleh jangka waktu enam bulan guna merundingkan perjanjian investasi ini. Ekspor akan diijinkan dan Kontrak Karya tetap berlaku sebelum ditandatanganinya perjanjian investasi tersebut. Namun demikian, peraturan-peraturan Pemerintah saat ini mewajibkan Kontrak Karya diakhiri untuk memperoleh ijin ekspor, hal mana tidak dapat kami terima.


Pada tanggal 17 Januari 2017, PTFI telah menyampaikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pemberitahuan mengenai tindakan-tindakan wanprestasi dan pelanggaran Kontrak Karya oleh Pemerintah. PTFI menyampaikan harapan dengan sungguh-sungguh bahwa perselisihan yang akan terjadi dengan Pemerintah dapat diselesaikan tapi dengan mencadangkan hak-hak kita sesuai Kontrak Karya berhadapan dengan Pemerintah, termasuk hak untuk memulai arbitrase untuk menegakkan setiap ketentuan-ketentuan Kontrak Karya dan memperoleh ganti rugi yang sesuai.


Karena Freeport tidak dapat melakukan ekspor tanpa mengakhiri Kontrak Karya, akan terjadi konsekuensi-konsekuensi yang tidak menguntungkan bagi semua pemangku kepentingan, termasuk penangguhan investasi modal, pengurangan signifikan dalam pembelian barang dan jasa domestik, hilangnya pekerjaan bagi para kontraktor dan pekerja kami, karena kami terpaksa menyesuaikan pengeluaran-pengeluaran kegiatan usaha kami sesuai dengan pembatasan produksi tersebut.


Situasi ini tidak menguntungkan dan mengkhawatirkan kita semua. Saya sangat menghargai dukungan kita semua terhadap Perusahaan kami selama waktu yang sulit ini. Tim manajemen kami berkomitmen untuk bekerja melindungi kepentingan jangka panjang kita semua. Saya tetap berharap bahwa kita dapat mencapai jalan keluar yang disepakati bersama oleh Perusahaan kami dan Pemerintah
(mca/mkj)

https://m.detik.com/finance/energi/d-3426764/ini-pernyataan-lengkap-bos-besar-freeport-untuk-pemerintah?_ga=1.183549670.1331771868.1460639146
Diubah oleh: minahasainfo
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 11
New mini kuper 1,5 turbo dp berapa bos ?


=====
Komen gw diwakili id ini , konteksnya adalah sudah berapa puluh tahun plipot bercokol dinegeri ini ?
Sudah berapa banyak keuntunga plipot yg didapat dri rentang waktu tersebut emoticon-shakehand


Quote:


Diubah oleh .boedoet.
Jangan sampek lari ke cinak, setidaknya amerini masi manusiawi,
Jonan keras kepala jg ya ...nego gk kelar2 wkwkw .
Gimana nih tak bung pendapatnya?
emoticon-Cool
serba susah juga bray,.. ibaratnya PT freeport merasa di gencet habis, sementara hak2nya tidak dipenuhi oleh pemerintah.

divestasi saham sampe 51 persen dan disuruh buat smelter juga, serta pajaknya di naikin apa ngak remuk tuh keuangan freeport. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Ibaratnya sape perah,,,

Divestasi saham ke pemerintah dan swast a lokal,. gw udah tau juga siapa yang akan beli itu saham

Paling juga bahan bancakan kubu LBP dan Papa Minta Saham.

Ingat kan skandal saham PT Garuda. siapa yang bermain..emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Banyak yang mikir : Berita apaan sih ini gak penting

Ini gerbang awal dari kronologis "prediksi" ane soal apa yang akan terjadi 2019 dan peristiwa ini bakal nentuin sejarah Indonesia di 2019

*Btw Freeport ada kepentingan dikubu sebelah (SN,ARB,HT,PS)
Hmmm jokowi strong jg... Freeport kira dgn mengancam stop investasi pemerintah bakal nyerah dan kasih ijin ekspor tanpa hrs bikin smelter...
FMI dah menguras kekayaan papua segitu banyaknya sekian puluh tahun masih mo itung2an soal investasi smelter doang? Fak lah...

Gw setuju dgn sikap pemerintah.... Ga tau klo mas anang....

Quote:


kasus timor leste (timor timur) itu manusiawi yah nak? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-No Hope emoticon-No Hope

dasar nasbung sinophobia
ane dukung jgn mundur selangkahpun, papa saham ama luhut buldozer dibungkam aja dulu biar ga bikin kisruh.
Quote:


bakalan civil war macem suriah dan irak, indo bakalan pecah berkeping-keping. lu tau sendiri mereka gak bakalan terima kekalahan
Masih dalam tahap perundingan buat dibagi kue nya, kalau sudah deal ya dibuka lagi kran ekspor seperti dulu, mending bom aja tambang laknat ini
Diubah oleh konco.dewe
Quote:


terbalik sob,bukan freeport ada kepentingan dikubu sebelah,
tapi
kubu sebelah ada kepentingan di freeport.
emoticon-Traveller
Quote:


Cerdas wewakili komen gua emoticon-Recommended Seller
Seneng gw ada orang yg berfikir realistis plus kritis dan gak apatis emoticon-Ultah
Sedih diatas ada beberapa id yg dri tulisannya udeh ketebak umur dan pengetahuanya emoticon-Sorry
Quote:


No..Freeport yang ada kepentingan gan


https://m.tempo.co/read/news/2009/12/03/090211751/papua-naksir-saham-bakrie-di-freeport

orang2 "itu" ngapain ada kepentingan sama Freeport LAH WONG MEREKA ITU FREEPORTnya alias punya saham di Freeport emoticon-Ngakak

Nah Freeport bakal make mereka buat gulingin Pemerintah sekarang mulai dari cara alus sampai cara2 kayak waktu Soekarno digulingkan..
Diubah oleh minahasainfo
Quote:


Hubungannya dengan freeport apa cong? Oot kisanak,
Ini Pernyataan Bos Besar Freeport Untuk Pemerintah

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh cimed.hokkien
Quote:


US$16,5 miliar, wow fantastik..

riil nya duit itu lari kemana sdh jadi apa dr 91 sampe skrg..

masayarakat sekitaran tambang dpt apa, hrsnya sdh gemahripah loh jinawi dong yaa.. emoticon-Big Grin
Quote:


terbalik,
kubu sebelah yang ada kepentingan difreeport,
kita lihat saja kelanjutannya sob ga perlu tunggu 2019 sebentar lagi juga terlihat nama-nama yang punya kepentingannya difreeport.
Ini Pernyataan Bos Besar Freeport Untuk Pemerintah

emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry
Quote:


Quote:


ini tong komentar elo di atas, membanding2kan amerika dgn china, elo menganggap amerika lebih baik dari pada china.
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di