alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Kenapa Harus Sablon Kaos DTG …???
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa5ad62e04c838048b4568/kenapa-harus-sablon-kaos-dtg

Kenapa Harus Sablon Kaos DTG …???

Kenapa Harus Sablon Kaos DTG …???

Kenapa Harus Sablon Kaos DTG …???

Di Indonesia saat ini, setiap orang yang membuka usaha sablon kaos lebih memilih cara parktis dengan menggunakan printer DTG daripada harus dengan cara manual. Alasan lain karena hasil sablon kaosnya bagus, menarik serta berkualitas yang bikin semua orang harus banget mempunyai kaos dengan sablon DTG ini. Lantas apa sih sablon DTG itu? Kenapa harus sablon DTG? Nah, inilah yang akan kami bahas di artikel kali ini. Berikut penjelasaannya:
Apa sih sablon DTG itu ?

DTG memiliki singkatan yakni “Direct To Garment”. Sablon DTG adalah Mesin cetak dengan metode tinta langsung ke kain (garmen) melalui proses pre-treatment dan diakhiri proses heatpress, hasil print akan tercetak lebih bagus dan halus dengan berbagai warna yang cerah. Hasil print tidak akan luntur karena memakai tinta khusus garment.
Bagaimana dengan perkembangan teknologi sablon DTG saat ini?

Perkembangan sablon DTG saat ini sudah semakin maju dan bisa dibilang cukup laris dengan cepat di pasaran Indoneisa. Berawal dari printer DTG lokal yang mampu mencetak ukuran A4 dan tidak bisa mencetak kaos pada warna gelap, kini munculah printer DTG yang bisa mencetak ukuran A3 dan bisa mencetak pada kaos warna apa saja. Printer DTG kini mampu mencetak desain di berbagai jenis permukaan kaos atau t-shirt, dengan kualitas baik bak seperti kaos ala distro-an saat ini. Dan dengan menggunakan printer DTG inilah, anda dapat mempercepat proses produksi kaos yang akan anda cetak.
Apa saja macam-macam printer DTG ?

1.Printer DTG LOKAL BengkelPrint

Printer DTG A3 Super
Printer DTG A3 New Era
Printer DTG A3 Transformer
Printer DTG A3 New Transformer

2.Printer DTG Import

Printer DTG Anajet
Printer DTG Viper
Printer DTG Epson F2000 Series
Printer DTG i-dot
Printer DTG Brother GT-361 & GT-381

Khusus untuk printer DTG Import sebetulnya banyak sekali jenisnya, namun yang saya sebut diatas printer DTG import yang sering digunakan para pelakau usaha. Oh ya, Apabila anda ingin memiliki printer DTG untuk usaha sablon kaos, gunakan saja printer DTG local, selain harga lebih terjangaku, kualitas juga tidak kalah dengan printer DTG import loh. Namun yang jelas budayakan mencintai produk Indonesia apalagi karya anak bangsa. Hehe ☺
Apa Kelebihan sablon kaos DTG ?

Nah, kita sampai kepada keuntungan dan kekurangan dari mesin sablon kaos DTG . Untuk keuntungan sablon kaos DTG dapat mencetak gambar dengan tingkat kerumitan yang tinggi seperti gambar wajah orang, dapat menerima pesanan/mencetak kaos dengan satuan lebih kecil/eceran, proses pencetakan gambar/sablon lebih simpel dan hampir tanpa batasan warna, bisa menerima order dengan deadline yang mepet, dengan mesin sablon DTG ini dapat menekan inventori khususnya produk jadi.
Apa kekurangan sablon kaos DTG ?

Area masih terbatas
Proses pengerjaan jauh lebih lama jika untuk produksi masal dibanding sablon manual
Biaya produksi lebih mahal dibandingkan sablon manual untuk produksi banyak
Tidak stabilnya warna kaos. dalam artian Untuk kaos berwarna gelap, misalnya hitam, biru, merah, atau yang lainnya, printer DTG memerlukan tambahan tinta putih. Sedangkan tinta putih sendiri memiliki harga yang tinggi.

Adakah ketentuan proses sablon DTG untuk kaos warna putih dan kaos warna?

Sebenarnya untuk proses sablon kaos menggunakan sistem digital printing atau printer DTG ini sama, dalam artian baik itu sablon kaos putih atau sablon kaos warna proses awal dan akhir sama tetapi ada 1 proses yang membedakan yaitu, untuk sablon kaos putih proses print 1 kali dan tidak membutuhkan tinta putih sedangkan untuk sablon kaos warna proses print 2 kali dan membutuhkan tinta putih. Untuk lebih jelasnya baca artikel disini BENGKEL DTG

Dari segi hasil juga berbeda untuk kaos putih tinta lebih meresap ke serat kain dan harga lebih murah, sedangkan untuk kaos warna hasil lebih timbul karena perlu didasari tinta putih, untuk harga juga biasanya lebih mahal sedikit.
Kenapa harus sablon DTG?

Yah harus. karena hasil sablon DTG memiliki kualitas terbaik, apalagi adanya teknologi modern, banyak sekali vendor-vendor t-shirt luar negeri maupun lokal menggunakan printer DTG untuk sablon kaos. Selain itu banyak sekali konsumen yang mengincar hasil cetakan berkualitas tinggi dari sablon printer DTG ini, selain awet dan desain bisa request sendiri. Proses pencetakan lebih cepat, simple dan hasil memuaskan.
Bagaimana tingkat keawetan Kaos jika menggunakan print DTG?

Untuk keawetannya, terbilang awet, hasil cetakan halus, warna nya juga tajam. Tidak mudah luntur juga karena memakai tinta garmen khusus. Hasil print permanen ke serat kain, tidak akan rusak meski disetrika. Akan tetapi semua balik lagi dengan cara perawatannya yah.
Bagaimana cara perawatan sablon Kaos DTG supaya awet ?

Rendam kaos dengan waktu yang tepat
Apabila anda hendak mencuci kaos, jangan rendam terlalu lama jangan sampai melebihi 1 jam. Kurang lebih 15 menit saja dan gunakan detergent secukupnya. Karena jika berlebihan dapat membuat kaos cepat rusak.
Jangan disikat
Pada saat mencucinya, tidak masalah jika disikat asalkan jangan berlebihan atau bahkan terlalu kasar. Agar gambar kaos nya tidak rusak. Jangan dikucek atau memeras kaos terlalu kuat supaya kaos tidak mudah melar.
Hindari mencuci kaos dengan mesin cuci
Lakukan saja secara manual, karena jika menggunakan mesin cuci dapat mengakibatkan kaos menjadi mudah melar, dan berakibat pada pori-pori kain menjadi kasae. Hal ini bisa terjadi karena saat berputar kaos akan menerima beban tarik – ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.
Jangan gunakan pemutih
Karena hal tersebut akan membuat kaos anda nampak terlihat kusam dan sablonan kaosnya jadi luntur, karena pemutih itu mengandung zat kimia. Jadi tidak baik jika digunakan untuk kaos apalagi dalam jumlah banyak. Untuk pengganti pemutih, alamngkah baiknya gunakan saja pengharum kaos seperti molto. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 5-10 menit perendaman setelah proses mencuci baju.
Jemur kaos secara terbalik
Untuk menghindari warna kaos dan hasil cetak kaos DTG tidak memudar, alangkah baiknya jemur kaos anda dnegan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar.
Gunakan Hanger
Jemur kaosnya menggunakan hanger yang cocok, jangan terlalu besar, karena jika mengunakan hanger yang besar dapat membuat leher kaos menjadi mudah melar.
Jangan lupa di setrika
Untuk proses yang satu ini, pastikan dulu, kaos yang anda miliki benar-benar kering. Jika sudah, atur suhu setrika dengan suhu sedang saja. jangan terlalu panas. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hehehe☺

Berapa waktu yang diperlukan untuk proses pengerjaan sablon DTG?

Proses pengerjaannya untuk sablon kaos putih sendiri ±5-8menit ukuran A3 sedangkan untuk kaos warna (menggunakan tinta putih) ±15-20menit. Semakin kecil ukuran desain yang akan dicetak secara otomatis proses cetak atau sablon kaos akan semakin cepat.
Bahan apa saja yang bisa dicetak melalui sablon DTG?

Bahan KaosCotton Combed, Carded, Lacoste Polo, TC, dll
Bahan LainKayu, Triplex, Canvas cotton, dan bahan organik lainnya

Dari penjelasan diatas, dapat diartikan bahwa sablon kaos DTG memang memiliki potensi kualitas hasil terbaik. Dan juga banyak sekali konsumen yang mengincarnya karena proses yang lebih cepat untuk gradasi warna, tidak mudah rusak ataupun terkelupas. Demikian yang bisa kami jelas, semoga bisa jadi refrensi untuk anda.
Semoga Bermanfaat. Thankyou…!!! 😀
Urutan Terlama
semoga bermanfaatemoticon-Smilie emoticon-thumbsup


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di