alexa-tracking

Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa502e902cfe0e418b456a/kiai-didin-heran-polisi-usut-dana-sumbangan-aksi-bela-islam
Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam
19 feb 17
JAKARTA -- Guru Besar Agama Islam Institut Pertanian Bogor, Kiai Didin Hafidhuddin mengaku masih tidak paham dengan cara polisi dalam menangani kasus yang menjerat Ustadz Bachtiar Nasir (UBN). Dalam penilaiannya, polisi terkesan memaksakan dan mencari-cari.

"Saya tidak paham kenapa bisa seperti itu, kenapa diusut ke situ (TPPU)," kata Didin saat dihubungi di Jakarta, Ahad (19/2).

Dalam pengertiannya, kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) biasanya uang yang didapatkan pelaku adalah dari uang yang mencurigakan atau hasil kejahatan. Tentu saja ini berbanding sangat jauh dengan uang hasil sumbangan dari masyarakat untuk aksi bela Islam.

Sehingga dalam sudut pandangnya, terkesan ada paksaan dalam pasal tersebut. Terkesan penyidik mencari-mencari sehingga diarahkan ke pasal TPPU. "Ini dari umat yang berinfaq, bershadakah untuk kepentingan umat Islam sendiri, harusnya sih tidak perlu dicari-cari kalau menurut saya. Ini kok dicari-cari itu kesannya," kata dia.

Dana sumbangan, kata dia, sudah jelas uang milik masyarakat yang tulus menginfakkan. Bukan uang negara, bukan hasil kejahatan narkoba maupun korupsi. Masyarakat, kata dekan pasca sarjana Universitas Ibn Kaldun Bogor ini ikut menyumbangkan dalam aksi bela Islam itu sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Ada yang menyumbangkan dengan menggunakan uang, namun ada juga dalam bentuk lain baik berupa makanan maupun air mineral. Termasuk dirinya, Didin juga mengaku ikut memberikan sumbangan dalam aksi tersebut. Sehingga dia juga paham betul sejak awal kebaradaan dana tersebut sudah transparan.

"Iya dong (ikut nyumbang), cuma kan besar kecilnya berbeda, saya kira semuanya (nyumbang)," kata dia.

Bahkan, sambung Didin, informasi juga disampaikan sebelum aksi 212 oleh Bendahara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GBPF) MUI, Lutfie Hakim tentang adanya sumbangan untuk aksi tersebut. Serta diumumkan juga berapa yang mereka dapatkan. "Disampaikan, diumumkan juga pada saat menjelang 212 itu kan oleh Pak Luthfi Hakim selaku bendaharanya, umumkan dapat sekian-sekianya," kata mantan Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional ini

Sehingga, masih kata Didin, jika memang polisi masih curiga dengan pendapatan dari sumbangan serta kemana saja dikeluarkan uang tersebut, tidak masalah untuk meminta pertangungjawaban. Namun, karena polisi mengaitkan dengan TPPU sehingga hal ini yang menuai kecurigaan itu sendiri. "Jadi maksud saya, kalau dimintai pertanggungjawaban ya tidak masalah, tapi tidak perlu dikait-kaitkan dengan tindak pidana korupsi," jelasnya.

Sehingga dia meminta agar polisi menjelaskan dengan terbuka letak tindak kejahatan tersebut. Bukan justru yang terlihat sekarang upaya mengkriminalisasi para ulama, terutama kepada para ulama yang aktif di GNPF. "Jadi menurut saya seharusnya sekarang terbuka pada masyarakat supaya jangan ada kesan seolah dicari-cari para tokoh ulama terutama yang aktif GNPF," jelasnya.

Didin juga bertanya, kenapa polisi malah sibuk mencari-cari kesalahan dari uang yang sudah jelas asalnya. Seharusnya, polisi lanjutkan saja tindak kasus-kasus korupsi yang terbengkalai. "Kenapa uang itu yang dicari-cari, kenapa bukan uang korupsi yang sudah jelas-jelas banyak korupsi yang sekarang menghilang nggak karuan," tambahnya.

Sumber http://m.republika.co.id/berita/nasional/hukum/17/02/19/olmcxd361-kiai-didin-heran-polisi-usut-dana-sumbangan-aksi-bela-islam

Koment , ane ikut prihatin dgn hal ini
leh uga
emng kyai nyumbang berapa?
apa ikut kebagian juga?
kok sewot
Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam
pak polisi gimana sih, berani-beraninya mengusut dana sumbanganemoticon-Marah
ini pasti polisinya kurang berimanemoticon-Marah
Makanya jangan oksa aksi melulu, capek polisi jagainya

Tuh kpk dilaporin ahok soal scanner dan alat fitnes kaga diselidikin sampe sekarang, polisi uda nangkep kasus ups
didin ?


ooo presiden part taik keranjingan selangkangan
ooo presiden part taik sapi
ooo presiden part taik yg petingginya pedo2
dsb
dsb

emoticon-Ngakak
bukan soal sumbangannya kayaknya, tp profil penyumbang dan pengguna sumbangan

di uu tppu ada beberapa jenis transaksi yg wajib lapor ke ppatk, ct (500 jt>, kumulatif 1 hari), str (transaksi mencurigakan, ini ada kriterianya ), ifti/ltkl
sesuai slogan kayaknya...kerja...kerja...kerja.

skalian tuh pak yang al*a mart.
Plokis berpihak kpd penguasa, nah udh tau kan penguasanya dukung ke siapa..emoticon-Big Grin

Klo perlu alamat ga sesuai ktp jg bs dipermasalahin..emoticon-Big Grin
makanya kalo sumbangan ke temen ahog aja.. aman.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
kalo udah gak salah gak usah takut mr kiai.
menurut lu kan udah jelas, nah jelas itu banyak, jelas halal atau jelas haram (hasil pencucian uang).


mr kiai mesti diajari cara bersandar diri dihadapan sang khalik. kalo yg beriman aja ragu kebenaran bakal menang, apalagi yg atheis
Pak polisi sadar dikit dong, kita ini udah bawa islam, jadi gk mungkin salah, itu juga dana masuknya ke ulama, ulama gak pernah salah pak pol, ulama itu selalu benar pak, jadi tolong pak pol profesional dikit kalo kerja ya

kalo udah bawa islam tapi masih ditangkep polisi, kita gak tau mau pake alasan apalagi pak, mau korupsi, sweeping ilegal, pelecehan sexual, chatting mesum semuanya udah gk bisa pak, kita udah gk bisa bertindak seenak udel kita lagi pak, jadi tolong hargai kita yg udah bawa islam pak
Heran emoticon-Leh Uga

Ya wajar ah ustodz membela ustodz emoticon-Leh Uga

Kalau saling tikam kan namanya bukan ustodz emoticon-Leh Uga

Entodz itu emoticon-Leh Uga
Lah sumbangan di Alfamart yg 100 200 perak aja ribut minta di usut. Knp yg ini sama mui kaga mo di usut? Pdhl bawa2 Islam.
sepertinya kyai ini terlalu suci untuk diperiksa kesuciannya emoticon-Big Grin
Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam
kyai itu bebas segalanya emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By BigJersey
Pak polisi sadar dikit dong, kita ini udah bawa islam, jadi gk mungkin salah, itu juga dana masuknya ke ulama, ulama gak pernah salah pak pol, ulama itu selalu benar pak, jadi tolong pak pol profesional dikit kalo kerja ya

kalo udah bawa islam tapi masih ditangkep polisi, kita gak tau mau pake alasan apalagi pak, mau korupsi, sweeping ilegal, pelecehan sexual, chatting mesum semuanya udah gk bisa pak, kita udah gk bisa bertindak seenak udel kita lagi pak, jadi tolong hargai kita yg udah bawa islam pak


Kiai Didin Heran Polisi Usut Dana Sumbangan Aksi Bela Islam
guru besar agama Islam ngurusin tppu?

ya gak nyambung pak, ini kan diliat dari segi hukum, anda ahli hukum?

kalah pemilihan presiden pks keluar dia, kirain di partai dakwah gak ada sikut2an dan rebut2an jabatan emoticon-Big Grin
Bginilah klo ulama skg sudah berbicara tdk hanya masalah agama, tp turut berbicara mengenai politik dan hukum negara.

Pak Kiai belajar hukum dulu sblum berbicara masalah hukum, minimal mengenai UU TPPU emoticon-norose
Melanggar UU ttg Yayasan juga itu, ga boleh seenaknya transfer sana sini. mesti audit
cuci uang di dana sumbangan wuiiiiiihhhh keren deh orang indo, akalnya memang panjang emoticon-Toast
Kl takut tandanya ada yg beres