alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pernyataan Ahok Saat Debat Dibantah Warga Rusun Rawa Bebek
3 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa4d52c0cb1799598b4569/pernyataan-ahok-saat-debat-dibantah-warga-rusun-rawa-bebek

Pernyataan Ahok Saat Debat Dibantah Warga Rusun Rawa Bebek

Senin, 20 Februari 2017 | 07:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Saat debat calon gubernur- wakil gubernur pada 27 Januari lalu, cagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, sempat mengatakan bahwa saat ini air bersih yang dijual ke warga sudah murah. Saat itu, Ahok (sapaan Basuki) menyebut harga air bersih yang dijual untuk warga miskin hanya Rp 1.050 per kubik.

Namun, pernyataan Ahok itu dibantah sejumlah warga penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur. Menurut warga, saat ini harga air bersih yang harus mereka bayar setiap bulannya mencapai Rp 5.500 per kubik.

"Kalau di media kayaknya enak bener, ngomong begini-begini, semuanya baik-baik. Itu yang kemarin warga komplain. Di debat dia ngomong pembayaran air Rp 1.200. Faktanya di sini kami bayar Rp 5.500. Jadi yang bohong siapa?" kata Ketua RW 17, Muhammad Rais (44), saat ditemui Kompas.com, Kamis (16/2/2017).

RW 17 adalah RW yang membawahi enam RT di Rusunawa Rawa Bebek. Rusunawa Rawa Bebek saat ini menjadi tempat relokasi bagi warga yang digusur dari Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara; dan bantaran kali Ciliwung di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Rais menceritakan saat pertama kali tiba di Rusunawa Rawa Bebek, sumber air bersih yang dipasok untuk warga berasal dari sumur bor. Dia menyebut instalasi air PAM baru terpasang setelah warga mengeluhkan kondisi air dari sumur bor yang dinilai tidak layak pakai.

Kepada pengelola, Rais menyatakan bahwa kondisi tersebut berbeda dengan saat mereka masih tinggal di Pasar Ikan. Karena di tempat tinggal yang lama, pasokan air bersih berasal dari air PAM.

"Kami digusur dari Pasar Ikan karena dianggap sampah masyarakat, dianggap pembohong, menduduki tanah negara, terus dikasih air seperti ini, maaf-maaf kata, kami punya air PAM dan (airnya) tidak kuning begini," ujar Rais.

Pernyataan Rais dibenarkan oleh warga. Menurut Effendi (69), setiap bulannya keluarganya bisa menghabiskan sekitar 14-15 kubik air bersih.

"Setiap bulannya habis Rp 75.000," ujar pria yang juga berasal dari Pasar Ikan itu.

Sementara itu, Nuraini (40) berharap tarif air bersih di Rusunawa Rawa Bebek bisa segera diturunkan sesuai yang diucapkan Ahok.

"Saya dengar tuh Pak Basuki bilangnya Rp 1.200 waktu debat. Warga saya tahu nonton pas debat," ujar Nur.

Saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Pelayanan Rusunawa Rawa Bebek Ade Setyartini menyebut air bersih di lokasi tersebut dipasok oleh Aetra. Dia menyebut tarif Rp 5.500 per kubik mengacu pada harga yang ditentukan oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta.

"Airnya dibikin penampungan terus disebar ke tiap unit. Di tiap unit ada meteran tersendiri. Contohnya dia bulan ini pemakaiannya lima kubik. Nanti dikali Rp 5.500," ucap Ade.

Saat debat kedua, Ahok sempat mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI sudah membantu penyediaan air bersih bagi warga tidak mampu dengan memberikan subsidi melalui public service obligation (PSO).

PSO membuat Pemprov DKI yang menanggung biaya dengan nilai tertentu yang tidak bisa dibayar oleh warga.

“Ini yang kami namakan bagaimana mengadministrasi keadilan sosial yang mampu membayar lebih dan yang tidak mampu kami subsidi. Persoalan air kami sadar betul, orang tidak mampu membeli air Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per kubik. Padahal air yang kami jual untuk orang miskin hanya Rp 1.050 per kubik. Ini tentu hal yang jauh sekali,” kata Ahok.

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/20/07282331/pernyataan.ahok.saat.debat.dibantah.warga.rusun.rawa.bebek

Koment ts . pernyataan tak sesuai dgn kenyataan
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 9
kalo warga gusuran bener sejahtera spt yg selama ini jadi jargon ahok dan jarot, udh pasti paslon 2 menang di rusun2 korbam gusuran. tp yg terjadi sebaliknya, jd kejadian spt di film jakarta unfair itu benar. mereka yg tergusur lebih menderita hidupnya.
faktanya berdasar pilkada 58% warga jkt cerdas tdk sudi memilih pemimpin pembual yg hobi klaim prestasi ini itu lewat media cukong...
Mahal yah 5500 per kubik.. kalo di tempat gw sekitar 3500 per kubik
Quote:


tau gak kenapa PSK gang dolly lebih milih balik jadi PSK kampungan ketimbang diberi keterampilan + plus uang bekal hidup sama dinas sosial?

kalo pake logika lu, berarti dinsos cuma bikin para psk menderita.


nguengggg
Balai kota terbuka tuh. silahkan mampir emoticon-Shakehand2
owh begini toh kenyataannya program yang katanya manusiawi

Semoga kedepannya siapapun yg bakal menang di pilkada putaran kedua benar2 memperhatikan kesejahteraan rakyat kecil
Diubah oleh maximilian23
Quote:


Ngoahahaha....faktanya yg nggak sudi paslon 1 menang itu 83 persen bre..

yg ga sudi dipimpin sama paslon #3 itu ada 61 persen..

Banyakan mana...emoticon-Wakaka
Diubah oleh basuki.tp
ya elahhhh....masih kaku aja ama doi.
Daripada digombali program khayal DP 0. emoticon-Wkwkwk

Awas ntar kalau kepilih ntar kenyang sama mulut manis doang. emoticon-Wkwkwk
silahkan dikomplen ke koh ahok lgsg, orangnya baek kok kalo diajak ngmng, pasti dapet pencerahan.. kalo curhat dikaskus mah cuma didebat nastak dimari.. kalo ts ternyata orang jabar, jangan ikutan komplen ye..emoticon-Shakehand2
Rusun lain kok ga ada yg protes 5.500? cuma rusun situ kale, yg lain 1200
Dipermainkan oknum pdam, lapor qlue sono

oh trnyata Rais si pemakan jantung

Warga Rusun Rawa Bebek Keluhkan Kebijakan Satu Rumah Satu Rusun
https://m.kaskus.co.id/thread/58a63dce620881ff068b456a/warga-rusun-rawa-bebek-keluhkan-kebijakan-satu-rumah-satu-rusun
Diubah oleh kurt.cob41n
Quote:


ah masa cih
Pernyataan Ahok Saat Debat Dibantah Warga Rusun Rawa Bebek
Quote:


liat tuh pemilihan ulang di 2 tps, siap2 aja mewek di putaran 2..

beda dikit sama cikarang... disini ane Rp 5000 / kubik. satu rumah berempat cm abis 4-6 kubik/ bln... perumahan KPR BTN juga alias subsidi...emoticon-Cool
Diubah oleh pervertman
Nyimak
Quote:


telak banget emoticon-Wakaka
Warga sdh ga bego, mana yg bener bisa ketauan
mahal juga air segitu, moga ada cara yg lebih kongkrit lagi buat menyelesaikan masalah air
Quote:


mau di potong lu gak percaya


Pernyataan Ahok Saat Debat Dibantah Warga Rusun Rawa Bebek
Quote:


disubsidi brp kubik ato brp rupiah gan?
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di