alexa-tracking

Jelang Sidang Putusan Dugaan Kartel Skutik, Ini Pandangan Ketua Umum AISI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa37dee05227c0328b4567/jelang-sidang-putusan-dugaan-kartel-skutik-ini-pandangan-ketua-umum-aisi
Jelang Sidang Putusan Dugaan Kartel Skutik, Ini Pandangan Ketua Umum AISI
Jelang Sidang Putusan Dugaan Kartel Skutik, Ini Pandangan Ketua Umum AISIJAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengumumkan putusan kasus dugaan praktik kartel dengan terlapor 1 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan terlapor 2 PT Astra Honda Motor (AHM) pada hari ini, Senin 20 Februari 2017.

KPPU telah menjalani serangkaian sidang sejak Juli 2016 dengan materi dugaan pelanggaran Pasal 5 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait praktik kartel penentuan harga sepeda motor skuter matik (skutik) 110-125 cc.

Mengenai putusan, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata menyatakan tidak bisa menerka apa hasil sidang nanti. Namun menurutnya bukti yang dibeberkan oleh investigator KPPU tidak tepat.

"Komentar saya, apa pun juga itu yang dikatakan bukti, menurut kami tidak tepat. Misalkan, apa yang kalian tahu soal bukti dari KPPU, persamaan harga, surat elektronik, dan pertemuan saat bermain golf. Semuanya itu sudah dibantah (terlapor). Makanya, masak kita ketemu di mal enggak boleh. Kalau ketemu memang bicara kartel, kan tidak. Terus soal email, saya kira agak keluar konteks," ujar Kata Gunadi, di Jakarta.

Gunadi pun menganalogikan dirinya menjadi pimpinan perusahaan, seandainya kompetitor berulah, dirinya tidak akan diam. Pimpinan akan memerintahkan pegawainya untuk memperhatikan kompetitor akan bertindak apa supaya produk yang mereka pasarkan tidak tergerus di pasar. Jadi harus dilakukan antisipasi.

"Itu email internal, bukan email dari saya, bukan email Yamaha sama Honda, tapi kenapa itu dipersoalkan," terang Gunadi.

Seperti diketahui, investigator KPPU menemukan kejanggalan dalam menentukan harga skutik 110-125 cc produksi Yamaha dan Honda. Sebelumnya, diduga terjadi pertemuan antara manajemen Yamaha dan Honda membahas kesepakatan harga jual motor. Kemudian KPPU menganggap ada perintah melalui surat elektronik yang pada akhirnya terdapat penyesuaian harga jual skutik Yamaha yang mengikuti harga jual Honda.

Sidang yang berjalan sejak Juli tahun lalu, banyak mendatangkan saksi ahli baik dari pihak KPPU maupun terlapor I dan 2. Latar belakang saksi yang dihadirkan beraga, seperti Ketum AISI, perwakilan dari agen pemegang merek sepeda motor di Tanah Air, dan mantan komisioner KPPU. (san)

(ton)

sumber _= http://m.okezone.com/read/2017/02/20/15/1622771/jelang-sidang-putusan-dugaan-kartel-skutik-ini-pandangan-ketua-umum-aisi?utm_source=autos_bt

???????;????;;:;:::::::????.?.:??::?????::?? ?????.??.?? ?????? ????????????:?????
mAsalah dari bulan juni belum beres beres , semoga cepat selesai kasus nya
Itu yg protes suruh bikin skutik sendiri aja..

Bisa nggak dgn duit 10juta bikin semdiri skutik yg kualitasnya setara Yamaha atau Honda..emoticon-Big Grin
Untung mongstor ane koplingan emoticon-Cool
Jadi selama ini ada permainan harga?
Untung bebek ane dari 2005 masih joss emoticon-Cool
bsk beli jingling aja
bisa buat odong-odongemoticon-Traveller
Tuh pemerintah drpd tinggi2 mimpi nya bikin mobil nasional mending bikin motor aja tuh
Industry pendukung nya uda ada tinggal rakit doang
Entar bikin skutik pake mesin dongfeng aja biar murah emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By basuki.tp
Itu yg protes suruh bikin skutik sendiri aja..

Bisa nggak dgn duit 10juta bikin semdiri skutik yg kualitasnya setara Yamaha atau Honda..emoticon-Big Grin


Pake punya beijing, tossa, viar juga masih dapet di bawah 10 jeti.
Kartel bertebaran emoticon-Wow
Parah bener ya
Quote:Original Posted By basuki.tp
Itu yg protes suruh bikin skutik sendiri aja..

Bisa nggak dgn duit 10juta bikin semdiri skutik yg kualitasnya setara Yamaha atau Honda..emoticon-Big Grin


bisa gan, emang harga bikinnya dibawah itu kok..
sayangnya gak ada yang minat kalo gak terkenal mereknya, itulah indonesia..
Moga makin murah harga motornya
persaingan usaha biasa
Quote:Original Posted By basuki.tp
Itu yg protes suruh bikin skutik sendiri aja..

Bisa nggak dgn duit 10juta bikin semdiri skutik yg kualitasnya setara Yamaha atau Honda..emoticon-Big Grin


komen tergoblok dari nastaik babik. imbisil yg ga ngerti tugas kppu
Quote:Original Posted By jacky.return


komen tergoblok dari nastaik babik. imbisil yg ga ngerti tugas kppu


Elu yg GOBLOG bree..ga tau apa2 soal produksi skutik

Mana ada skutik 125cc baru yg bisa dijual isi dibawah 10 juta..

Kalau lu ga mampu beli merk jepang...beli yg abal2 aja merk cina...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cameleonxxx


bisa gan, emang harga bikinnya dibawah itu kok..
sayangnya gak ada yang minat kalo gak terkenal mereknya, itulah indonesia..


Makanya..ente bikin sendiri aja bre..

Kalau udh jadi PM ane ya..kalau berkualitas dan bisa ente jual dibawah 10 juta..ane borong 5 biji deh..