alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ahok Effect Membuat Beberapa Paslon PDIP Tumbang
4.08 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a9fcd212e25792528b4571/ahok-effect-membuat-beberapa-paslon-pdip-tumbang

Ahok Effect Membuat Beberapa Paslon PDIP Tumbang

Sejumlah pasangan calon (paslon) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kalah dalam Pilkada serentak yang digelar 15 Februari 2017 kemarin. Ada yang menyebut kekalahan sejumlah paslon diusung PDIP karena efek dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, petahana gubernur DKI Jakarta yang menjadi terdakwa penista agama.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Zaki Mubarak mengatakan, ada beberapa hal yang membuat sejumlan paslon PDIP kalah Pilkada serentak. Pertama, di daerah yang sentimen Islamnya kuat maka bisa jadi ada Ahok effect, yang membuat pemilih muslim tidak mau mendukung calon yang diiusung PDIP.

Kedua, PDIP gagal melakukan desentralisasi dalam hal menyerap aspirasi siapa yang akan diusung sebagai kepala daerah karena DPP terlalu dominan. Effectnya, muncul sejumlah resistensi dari grass root (akar rumput) di daerah yang menolak. Ketiga, khusus untuk pilgub Banten, PDIP kurang terampil membangun koalisi untuk memenangkan incumbent yakni Rano Karno - Embay Mulya Syarief. Sehingga hanya didukung sedikit parpol, dan parpol pendukungnya juga tidak memiliki akar yang kuat dikalangan muslim di level akar rumput.

Ahok Effect Membuat Beberapa Paslon PDIP Tumbang


"Faktor Ahok juga mungkin ada, sehingga menjadi problem serius bagi PDIP untuk melakukan mobilisasi kelompok-kelompok muslim di Bawah," ujarnya.

Zaki menegaskan, faktor agama masih menjadi pilihan bagi seseorang untuk menjadi kepala daerah. Apalagi jika isu yang diangkat soal penodaan agama. Karena di Amerika Serikat pun yang sangat liberal dan maju, agama masih menjadi faktor penting dalam electoral atau pemilihan. Oleh karena itu di Indonesia jika ingin survive harus peka terhadap agama.

"Jadi parpol di indonesia, termasuk PDIP, untuk bisa survival dalam electoral (pilkada, pilpres dan pileg) harus memiliki sensitivitas terkait isu-isu keagamaan," tegasnya.

Zaki mengakui, PDIP memang bukan partai agama. Namun pemilihnya adalah orang-orang yang beragama. Kecuali jika pemlihnya adalah ateis semua. Oleh karena dalam electoral berlaku hukum pasar. Siapa yang mampu menyesuaikan diri dengan selera pasar, dalam hal ini aspirasi/ suara pemilih, maka akan mendapat suara dari pemilih tersebut.

"Di Indonesia timur, pastinya PDIP harus menimbang dan memperhitungkan suara masyarakat Kristen yang mayoritas. Sebaliknya, bila ingin dapat suara masyarakat muslim, di daerah-daerah yang mayoritas muslim maka perlu pendekatan yang bernuansa keislaman," jelasnya.
[htc]

Spoiler for list:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Tinggal megang jawa tengah dan bali... ahok effect diyakini bakal pengaruh ke pilkada kedepan
Ayo nastak keparat bully itu pengamat

berani2 nya dia menjelekan partai suci
emoticon-Mad
Diubah oleh miyaza
partai anjing indonesia emoticon-Big Grin
Tenang
Iwam bopeng blom turun ke daerah.
emoticon-Cool
Ahok Effect Membuat Beberapa Paslon PDIP Tumbang
Quote:


bali udah gan, lewat pak I Made Mangkupastika.

pdip mewek dibali..

cuma ditingkat kecamatan kabupaten, PDIP masih kuat di bali
Paling calon yang diusug emang kalah pamor dengan calon lainnya. Kalau yang base calonnya sudah bagus ya tetap kepilih. Paling yang jadi Icon PDIP kedepan hanya risma doang nih yang masih punya kans buat naik dari posisi sekarang yang lainnya, nama saja belum dikenal publik emoticon-Malu
Quote:


ane jadi kebalik sekarang..

kalau dulu ane memilih figur daripada partai, sekarang ane lebih memilih partai daripada figur.

semenjak pdip bermain sangat kotor di pilgub kemarin, ane jadi makin benci..

dari tahun 1999 juga udah benci, tapi puncaknya kemarin yg dia pakai antasari buat jatuhin ahy.

mau ngalahin pdip di jatim, gus ipul siap.

mau ngalahin pdip di jateng, nah ini yg agak sulit, harus lihat dulu siapa orangnya emoticon-Big Grin

ane harap yoyok mau maju.


Quote:

Iya ternyata yang sekarang dari demokrat.. gagal deh megang jawa nih pdip.. tinggal jateng basis pdip.. jawa timur kemungkinal saiful yang maju dan di dukung NU
Quote:


kalo gus ipul maju kemungkinan menang, basis suara NU kan dijatim.
Quote:


Jatim bisa aja risma


Quote:

Iya bisa risma.. tapi sulit tanpa dukungan kaum nadiyin
Quote:


kalau lawan nya Khofifah Indar dan Gus Ipul ya sulit emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:



Maksud ane, bisa aja risma yg diusung pdi
Diubah oleh sebatang.rokok
eh ts, sumbernya cantumin dong..

nanti dihapus momod emoticon-Big Grin
Nastak kejang2 emoticon-Cool
sebusuk busuknya politisi partai lain, paling busuk emang kader nih partai preman, sarangnya koruptor, ane ngakak ngeliat hasil pilkada dimana2 tumbang, di banten lagi mewek emoticon-Ngakak (S)
mamak banteng pasti ngamuk nih, pake segala cara menangin putaran 2 emoticon-Takut (S)
Partai pendukung penista agama bakalan keok juga di pemilu 2019
Uda ngga kepegang itu jawa
Btw persepsi masyarakat buat pilpres 2019 tetep figur ane rasa.. jokowi masih punya diehard fans lah masih cukup kuat kecuali ada bunder politik di 2018 2019.
Tapi kalo paslon lainnya tampil greget ya wassalam
Quote:

roy suryo aja bray buat jateng 1 emoticon-thumbsup
mejeng dlu di trit ny nasbung sblm di hapus momod. wo ts lo kaga faham klo posmetro haram hukumnya di bp?? jngn kasih bahan coli yg semu sama laskar nasbung..
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di