alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a3e2bdd44f9f620f8b456b/5-kejanggalan-dibalik-gerakan-non-blok-gnb
5 Kejanggalan dibalik Gerakan Non-Blok (GNB)
Quote:
Spoiler for para pendiri GNB:


Kalian tentu tau Gerakan Non-Blok atw biasa disingkat GNB kan. gerakan tersebut katanya ditujukan utk menolak aliansi terhadap blok barat yg dipimpin negara adidaya Amerika Serikat (AS) & blok timur yg dipimpin jg oleh negara adidaya Uni Soviet (USSR) pada masa Perang Dingin yg pd akhirnya dimenangkan oleh Blok Barat & AS jadi satu2nya negara adidaya & polisi dunia. Gerakan yg terdiri dr negara2 Asia, Afrika & Amerika Latin serta didirikan salah satunya oleh bapak proklamator kita Sukarno ini ternyata memiliki sejumlah kejanggalan, berikut kejanggalannya:


Quote:1. Negara2 komunis jg ikut masuk & pemimpin komunis pernah jadi Sekjennya

Quote:
Spoiler for Fidel Castro, pemimpin komunis tapi jadi Sekjen GNB:

Walaupun katanya tidak memihak blok manapun, pd kenyataannya negara2 komunis (yg identik dgn blok Timur) macem Cina, Laos, Vietnam bahkan Korea Utara (Korut) & Kuba jg ikut2an masuk GNB. Apakah krn komunis2 Asia terutama Cina mecah ama USSR pas Perang Dingin (cek Sino-Soviet split). Padahal Korut sendiri dulu jg didanain ama USSR & sekarang Rusia. Bahkan pemimpin komunis Kuba, Fidel Castro jg diangkat jadi Sekretaris Jenderal atw Sekjennya


Quote:2. Jepang & Korea Selatan (Korsel) gak ikut

Quote:
Spoiler for Pejabat Korsel, AS & Jepang:

Ini jg aneh, 2 negara Asia ini jg gak ikut2an masuk GNB. Atas dasar apa 2 negara itu gak ikut GNB ? Apakah krn ada pangkalan militer (pangmil) AS disana ? Kalo cuman masalah ada pangmil AS bukannya Filipina jg punya ya & tetep ikut GNB ? Atw krn keduanya lagi perang ama Cina & Korut ?


Quote:3. Negara2 Persemakmuran/Commonwealth jg ikut gabung

Quote:
Spoiler for negara2 Persemakmuran:

Meskipun Persemakmuran/Commonwealth dianggep sebagai neo-kolonialisme oleh sebagian negaraw GNB, pd kenyataannya negara2 Persemakmuran macem Brunei, Singapura (SG), Malaysia, bahkan salah satu negara pendirinya India jg ikut gabung. Apa itu berarti GNB jg memaklumkan Persemakmuran ?


Quote:4. Banyakan hujatan ditujukan ke AS & Israel

Quote:
Spoiler for PM Israel, Netanyahu & Presiden AS, Obama:

Meskipun katanya GNB mengecam 2 blok yg bersaing dlm Perang Dingin, pd kenyataannya banyakan hujatan yg dikeluarkan oleh GNB ditujukan ke AS & Israel (walaupun ada jg negara GNB yg menjalin hubungan baik dgn Israel, contohnya SG sama Myanmar) ane malahan gak pernah denger GNB ngehujat USSR/Rusia & kroni2nya. Mungkin agan2 bisa tunjukin bahwa GNB jg pernah ngehujat USSR/Rusia ?


Quote:5. Banyakan diisi oleh negara2 (maaf) terbelakang & berkembang

Quote:
Spoiler for Ilustrasi kawasan kumuh:

Meskipun GNB ditujukan utk menghindari intervensi dr negara2 adidaya terutama AS, pd kenyataannya malahan banyakan negara2 yg masuk GNB jg negara2 (maaf) terbelakang & berkembang macem (maaf lagi) Indonesia, kecuali SG yg jd negara maju & Macan Asia bareng Korsel & Jepang. Mungkin org2 pendukung GNB jg bakal bilang kl ini ulah Merica, Si Rael, Laminating, Remason, dlsb


Quote:Bagi yg ngerti GNB mungkin bisa jawab ?
gue gak perhatian ma hal gituan sih. di filipina udah gak ada pangkalan militer usa. taun berapa tuh udah di tutup. di malaysia emang ada ya? setau gua gak ada pangkalan militer usa.
Quote:Original Posted By nugrohoardyanto
gue gak perhatian ma hal gituan sih. di filipina udah gak ada pangkalan militer usa. taun berapa tuh udah di tutup. di malaysia emang ada ya? setau gua gak ada pangkalan militer usa.


di filipin katanya masih ada kok gan, malahan katanya kl Filipin perang ama Cina terkait LCS, USA bakal ngebantuin dgn alasan ada pangmilnya disono

kl di malay setau ane katanya masih ngontrak pertahanan ama Inggris ampe ratusan taon, oh ya, bukan USA deng, tp Inggris emoticon-Bukan IGO emoticon-Cape d...
Nyimak dulu gan emoticon-nyantai