alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a119b0ded770ec138b456c/masuk-proyek-strategis-nasional-n245-dan-r80-terbang-di-2020
Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020
Pesawat R80 dan N245 masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). R80 akan digarap PT Regio Aviasi Industri, milik mantan Presiden BJ Habibie dan putranya, Ilham Akbar Habibie. Quote:Sedangkan N245 akan digarap PT Dirgantara Indonesia (DI) bersama LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Telekomunikasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, pesawat N245 adalah pengembangan dari CN235 yang juga diproduksi PT DI . "PTDI kembangkan dari CN235, jadi N245 yang tadinya ada ramp door pintu buat barang, itu diubah semuanya untuk penumpang. Kalaupun untuk barang itu di bagasi-bagasi," ujar Putu di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2017).
Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020
Dua proyek pesawat ini diperkirakan menelan biaya sekitar US$ 180 juta-200 juta. Dengan dimasukannya pengembangan pesawat N245 dan R80 ke dalam PSN, diharapkan bisa meminimalisir risiko dalam pengembangan. Putu menambahkan, permintaan pesawat N245 dan R80 cukup banyak, baik dari dalam maupun luar negeri.
Quote:"Untuk kurangi risiko itu, ini dimasukan ke dalam PSN. Karena demandnya besar sekali ukuran 30-60, demand dunianya 800-an gitu, demand domestiknya bisa mungkin 120-an setahun," terang Putu.
Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020
Proyek itu akan dimulai tahun ini seiring dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres). Diharapkan pesawat N245 dan R80 selesai dan dapat terbang di 2020. "Ini diharapkan kalau disetujui terbang di 2020. Jadi udah bisa terbang, kalau udah bisa terbang kan tinggal diurus sertifikasi. Tinggal dijadiin Perpres saja," tutup Putu. https://finance.detik.com/industri/3...erbang-di-2020
Quote:Beberapa saat lalu saya menerima Bapak B.J. Habibie, Presiden RI ke-3 dan penggerak industri penerbangan Indonesia. Beliau seorang tokoh yang menginspirasi dan selalu berikhtiar mendorong Indonesia menguasai teknologi maju.
Di usia 80 tahun, Pak Habibie masih memikirkan bangsanya. Setelah tiga bulan berada di luar negeri, beliau datang ke Indonesia dan siang ini berkunjung ke istana. Wajahnya terlihat gembira dan segar bugar. Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020
Kami berbincang selama dua jam, bertukar pikiran tentang pengembangan teknologi yang bernilai tinggi.
Saya melepas Pak Habibie di tangga istana, sore ini. Semoga beliau tetap sehat dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk bangsa Indonesia.
Foto: Agus Suparto dari facebook @jokowi
Semoga yang terus di serap pemimpin pemimpin kita adalah kritik, saran, nasihat dan masukan yang bisa memajukan bangsa,.. Bukan sekedar keluhan yang mematahkan semangat kerja



Senegal Beli Pesawat CN-235 PT DI, Negara Sekitar Menyusul

Spoiler for Senin 09 Jan 2017, 03:54 WIB Laporan Dari Dakar Senegal Beli Pesawat CN-235 PT DI, Negara Sekitar Menyusul:
emoticon-Sundul

Anak Bangsa Produksi Pesawat, Indonesia Bisa Kurangi Impor

Quote: Industri dirgantara dalam negeri akan kembali unjuk gigi, setelah proyek dua pesawat buatan anak bangsa yakni R80 dan N245 masuk kedalam daftar proyek strategis nasional.
Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020
Dengan memproduksi pesawat secara mandiri, Indonesia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri penerbangan domestik dan tidak lagi mengimpor pesawat.

"Kita jangan belanja (pesawat) dari luar terus. Kita punya pesawat yang bisa kita pakai. Yang kita buat sendiri. Ini pasar yang harus kita isi," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Putu menilai, saat ini Indonesia sudah memiliki kemampuan dalam menjawab tantangan industri penerbangan, salah satunya melalui PT Dirgantara Indonesia (DI).

"Kemampuannya sudah ada. Investasi sudah banyak di PT DI. Kita harus punya. Tidak harus isi 100 persen (kebutuhan), isi 30 persen dari market sudah bagus. Apalagi kalau 50 persen. Kalau 100 persen butuh waktu," jelasnya.

Adapun pesawat yang akan dikembangkan adalah jenis N245 yang dikembangkan oleh PT DI dan R80 oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI).

"Karena kita lihat pertumbuhan penumpang sekarang di Indonesia dan dunia sangat tinggi, di atas 15 persen per tahun. Pertumbuhan kepemilikan pesawat juga antara 7 persen-8 persen," ujarnya.

Putu menegaskan, dengan kondisi geografis Indonesia berupa kepulauan dan dipisahkan oleh laut, maka penggunaan pesawat sebagai trabsportasi antarpulau menjadi krusial. Dengan itu permintaan pesawat terbang, khususnya pesawat kecil diprediksi terus meningkat.

Selain itu, transportasi antarpulau dengan jarak tempuh pendek hingga menengah, sangat tidak efisien jika menggunakan pesawat bermesin jet. "Jika jaraknya dekat menggunakan mesin jet itu mahal, dan akibatnya umur pesawat jadi pendek. Umur ditentukan dari berapa kali dia take off (terbang) dan landing (mendarat). Kalau jarak dekat pakai baling-baling kan bisa hemat," jelasnya.
Quote:Masuk Proyek Strategis Nasional, N245 dan R80 Terbang di 2020 @JokopediaID : Kemampuan Indonesia dalam membuat pesawat terbang dan senjata yang mampu bersaing dengan militer asing tentunya menjadi kebangaan tersendiri untuk rakyat Indonesia.
Mudah-mudahan sebelum 2020 kagak ada krismon macem 1997 yang membuat N-250 gagal di produksi
Ga tau pak habibi masih hidup ga pada saat itu nanti....
Salut buat pak habibi.....mencintai indonesia sangat
mudah"an sukses nih industri pesawatnya Indonesia emoticon-Cool
selanjutnya pengembangan industri kapal selam khas Palembang, biar dilirik negara tetangga emoticon-Leh Uga
Sukses aja ya... fans berat gw nih habiebie
Eyang Habibie.. pahlawan tersia sia.. kalau dalam istilah Jawa "Ksatria Sinampar"
disia siakan di negeri sendiri padahal dibutuhkan di negeri lain..
kalau gw jadi beliau bodo amat, gw cabs dari negeri ini..

Untung Beliau Eyang Habibie, bukan gw..
Quote:Original Posted By tgenim
Spoiler for Senin 09 Jan 2017, 03:54 WIB Laporan Dari Dakar Senegal Beli Pesawat CN-235 PT DI, Negara Sekitar Menyusul:


CN-235 bukan buatan PTDI

PTDI cuma distrihutor/pemasar skaligus perakit aja

Quote:Original Posted By urban21


CN-235 bukan buatan PTDI

PTDI cuma distrihutor/pemasar skaligus perakit aja



Kok begitu gan?
gimana cerita lengkapnya ??emoticon-Traveller
Mari kita doakan berhasil

Aamiin
Terimakasi sby
Quote:
youtube-thumbnail
CN-235 adalah pesawat terbang hasil kerja sama antara IPTN atau Industri Pesawat Terbang Indonesia (sekarang PT.DI) dengan CASA dari Spanyol. Kerja sama kedua negara dimulai sejak tahun 1980 dan purwarupa milik Spanyol pertama kali terbang pada tanggal 11 November 1983, sedangkan purwarupa milik Indonesia terbang pertama kali pada tanggal 30 Desember 1983. Produksi di kedua negara di mulai pada tanggal Desember 1986. Varian pertama adalah CN-235 Series 10 dan varian peningkatan CN-235 Seri 100/110 yang menggunakan dua mesin General Electric CT7-9C berdaya 1750 shp bukan jenis CT7-7A berdaya 1700 shp pada model sebelumnya.
Spoiler for Pesawat N219 Siap Terbang Perdana:
Quote:Original Posted By tgenim


Kok begitu gan?
gimana cerita lengkapnya ??emoticon-Traveller


CN-235 = versi lawas CN-295

CN = Casa Nusantara

Casa = Pabrik pesawat Spanyol, skarang jadi anak perusahaan Airbus

Jadi CN = Pesawat hasil rancang bangun Cassa yg dirakit dan dpasarkan oleh industri pesawat nusantara (IPTN)

Kalo esemka
Quote:Original Posted By tgenim
Semoga yang terus di serap pemimpin pemimpin kita adalah kritik, saran, nasihat dan masukan yang bisa memajukan bangsa,.. Bukan sekedar keluhan yang mematahkan semangat kerja[/RIGHT]
Quote ini aja deh emoticon-Matabelo




semoga sukses uji terbangnya.. emoticon-thumbsup
biar gak anget2 tai ayam jadinya..
Quote:Original Posted By tgenim
Semoga yang terus di serap pemimpin pemimpin kita adalah kritik, saran, nasihat dan masukan yang bisa memajukan bangsa,.. Bukan sekedar keluhan yang mematahkan semangat kerja[/RIGHT]

Quote ini aja emoticon-Matabelo