alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58948a1414088d83438b4575/fkub-peran-perempuan-vital-dalam-upaya-menjaga-kerukunan-umat-beragama
FKUB: Peran Perempuan Vital dalam Upaya Menjaga Kerukunan Umat Beragama
FKUB: Peran Perempuan Vital dalam Upaya Menjaga Kerukunan Umat Beragama
Purbalingga, GATRAnews – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah menilai perempuan sangat berperan penting dalam upaya menjalin kerukunan umat beragama. Untuk itu, tahun 2017 ini, pemberdayaan perempuan menjadi salah satu program fokus FKUB Purbalingga.

Ketua FKUB Kabupaten Purbalingga, H Muhamad Noor Issja mengatakan kegiatan awal FKUB pihaknya menitikberatkan sosialisasi kepada kaum wanita yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga. Menurut Muhamad Noor, peran perempuan kerap lupakan. Padahal, peran perempuan pada zaman modern ini penting dan semakin diperhitungkan. “Dewasa ini tokoh wanita perannya semakin besar di masyarakat. Sehingga sangat penting mengajak tokoh wanita untuk bersama-sama menyuarakan kerukunan beragama di tengah-tengah masyarakat,” katanya, Kamis (2/2).Kata dia, para tokoh perempuan itu akan menjadi penyampai pesan kampanye kerukunan dan perdamaian antar umat. Perempuan dianggap bisa meredam gejolak sekaligus menyejukkan suasana. “Tokoh perempuan, misalnya lewat PKK, kelompok atau komunitas perempuan lainnya bisa dijangkau secara efektif,” ujarnya.Sementara, Bupati Purbalingga, H Tasdi SH MM mengatakan peran FKUB dalam menjaga kondusifitas daerah sangat besar. Kerukunan, lanjut Bupati, menjadi modal pembangunan. Tanpa adanya kebersamaan dan kerukungan, pembangunan di Purbalingga tidak akan berjalan maksimal.Berbagai kegiatan yang telah dilakukan FKUB, menurut Bupati, mampu menyumbang terhadap kondusifitas wilayah sehingga program-program pembangunan di kabupaten Purbalingga dapat berjalan dengan baik.“Saya berkomitmen terhadap peran FKUB dalam menciptakan kebersamaan dan kerukunan umat beragama. Karenanya tahun ini saya menganggarkan Rp 300 juta untuk mendukung kegiatan FKUB,” katanya saat membuka Sarasehan yang terselenggara atas kerjasama FKUB dengan Kementerian Agama dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).Menurut Bupati Tasdi, ada tiga hal yang diamanatkan kepada kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati dalam memelihara kerukunan umat beragama di daerah sesuai Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006.Tiga hal yang menjadi tugas dan kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah meliputi tugas memelihara kerukunan antar umat beragama, memberdayakan FKUB dan membangun tempat ibadah. Dukungan dana bagi FKUB merupakan salah satu komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka memberdayakan FKUB di Kabupaten Purbalingga.“Dukungan dana untuk FKUB pada 2015 hanya Rp 50 juta, kemudian pada 2016 Rp 200 juta. Tahun ini saya anggarkan Rp 300 juta agar FKUB semakin berperan dalam memelihara dan membangun kerukunan di Purbalingga,” katanya.

 
Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...-umat-beragama

---


- Tim Saber Pungli Purbalingga Mulai Bekerja