alexa-tracking

Brotoseno Didakwa Terima Duit Terkait Penanganan Kasus Cetak Sawah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58948727d89b09017c8b456a/brotoseno-didakwa-terima-duit-terkait-penanganan-kasus-cetak-sawah
Brotoseno Didakwa Terima Duit Terkait Penanganan Kasus Cetak Sawah
Brotoseno Didakwa Terima Duit Terkait Penanganan Kasus Cetak Sawah
AKBP Brotoseno (Herianto Batubara/detikcom)

Jakarta - AKBP Raden Brotoseno didakwa menerima duit terkait dengan penanganan kasus dugaan korupsi cetak sawah. Brotoseno didakwa menerima duit Rp 1,9 miliar.

Duit tersebut diterima Brotoseno dalam dua tahap pada Oktober 2016. Uang diterima Brotoseno melalui perantara bernama Lexi Mailowa Budiman.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (1/2/2017), Brotoseno didakwa menerima duit terkait dengan pengaturan jadwal pemeriksaan terhadap Dahlan Iskan sebagai saksi dalam kasus proyek cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat.


Brotoseno memang menjadi penyidik pada Subdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, yang menangani kasus cetak sawah dengan tersangka Upik Rosalinawasrin.

Jaksa dalam surat dakwaan menyebut, terkait dengan pemeriksaan Dahlan Iskan sebagai saksi, terjadi pertemuan yang intinya meminta penundaan pemeriksaan. Hingga akhirnya terjadi pertemuan dengan Lexi Mailowa, yang diminta Harris Arthur Hedar membantu menghubungkannya ke Brotoseno.

"Saksi Harris Arthur Hedar menyampaikan bahwa saksi Suhendra Boroma minta tolong mengurus penundaan panggilan pemeriksaan Dahlan Iskan dalam perkara cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat, dengan alasan masih di China dan bila Saudara Dahlan Iskan tidak bersalah agar surat keterangan tidak bersalah," kata jaksa dalam surat dakwaan.

Lexi mengetahui Brotoseno menjadi penyidik Dedi Setiawan Yunus, yang juga penyidik pada Ditipidum Bareskrim Polri. Hingga akhirnya Brotoseno, Lexi, dan Dedi bertemu di Cafe Batik, Kemang Selatan.

Menurut jaksa, Brotoseno saat pertemuan menyarankan agar pihak Dahlan mengirimkan surat pemberitahuan penundaan pemeriksaan. Beberapa waktu kemudian, Lexi menyerahkan duit kepada Brotoseno di parkiran RSPAD sebesar Rp 1 miliar.

Dari duit ini, Brotoseno menyisihkan Rp 100 juta untuk diberikan kepada Dedi. Sedangkan pemberian duit kedua dilakukan melalui Lexi setelah surat pemanggilan Dahlan kembali dikeluarkan. Saat itu Brotoseno disebut jaksa menerima duit Rp 900 juta dan disisihkan Rp 50 juta untuk Dedi.

"Bahwa selain menerima uang sebanyak Rp 1 miliar dan Rp 900 juta tersebut pada bulan Oktober 2016, terdakwa Raden Brotoseno juga menerima 5 tiket penerbangan dari Yogyakarta yang disediakan Lexi Mailowa Budiman atas permintaan terdakwa Raden Brotoseno," sambung jaksa.

Beberapa waktu kemudian, polisi menyita duit dari Brotoseno sebesar Rp 1.748.800.000. Ikut disita pula duit Rp 150 juta dari Dedi Setiawan Yunus. Brotoseno didakwa dengan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat 2 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Atas dakwaan jaksa penuntut umum, pengacara Brotoseno, Robinson, memberikan sejumlah sanggahan. Terkait dengan pemeriksaan Dahlan, pemanggilan tetap dilakukan pada awal November 2016. Selain itu, Robinson keberatan bila kliennya disebut terkena operasi tangkap tangan (OTT).

"Tidak ada pembicaraan menyangkut uang pada saat pertemuan antara Lexi dan Brotoseno saat berada di kafe Batik. Setelah ada informasi bahwa uang yang diterima ada kaitannya dengan perkara, Brotoseno berinisiatif mengembalikan ke Propam," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Sarjono Turin menyebut sidang terdakwa lainnya belum dijadwalkan.

"Sidang sudah hari Rabu, sementara baru dengan (terdakwa) Lexi. Kalau yang lainnya belum keluar penetapannya," ucap Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Sarjono Turin saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/2).

https://news.detik.com/berita/d-3413380/brotoseno-didakwa-terima-duit-terkait-penanganan-kasus-cetak-sawah

Nah lho Dahlan iskan nyangkut lagi kasus cetak sawah jaman kebo
image-url-apps
Brotoseno Didakwa Terima Duit Terkait Penanganan Kasus Cetak Sawah
×