alexa-tracking

Menanggapi Polemik Keberadaan Pabrik Semen Indonesia di Rembang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589478e5c1d7706b208b4570/menanggapi-polemik-keberadaan-pabrik-semen-indonesia-di-rembang
Menanggapi Polemik Keberadaan Pabrik Semen Indonesia di Rembang
Menanggapi Polemik Keberadaan Pabrik Semen Indonesia di Rembang

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Pakar hukum dari Universitas Diponegoro Prof DR Adji Samekto mengatakan bahwa tak ada larangan hukum terhadap korporasi yang telah dicabut izin lingkungannya oleh peradilan kemudian mengajukan kembali hal yang sama.

Menurut Adji, proses tersebut bisa dilakukan kembali asal sesuai dan mematuhi ketentuan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan.

Pandangan tersebut diungkapkan Adji, Kamis (2/2/2017), menanggapi polemik keberadaan pabrik Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah. Diketahui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu mencabut semua izin lingkungan Semen Rembang sesuai perintah putusan Mahkamah Agung pada 5 Oktober 2016.

Dengan dicabutnya izin lingkungan tersebut, maka segala aktivitas pabrik Semen Rembang juga harus dihentikan. Kendati begitu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tetap memberikan kesempatan kepada pihak Semen Rembang guna mengajukan lagi amdal dan izin lingkungan jika masih ingin beroperasi nantinya.

Mengenai tenggat waktu pengajuan amdal serta izin lingkungan pabrik Semen Rembang, Ganjar tidak menetapkan batas waktu. Ganjar menyerahkan kepada pihak Semen Rembang penyelesaian proses penyempurnaan amdal dan izin lingkungannya.

Menyikapi kondisi seperti itu, Adji berpendapat bahwa tidak ada yang dilanggar secara hukum, baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun Semen Rembang.

Adji menyebutkan, putusan Mahkamah Agung hanya mengatur dua perintah terhadap Semen Rembang yaitu menyatakan batal SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/17 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan PT Semen Rembang dan meminta tergugat segera mencabut SK tersebut.

"Di dalam putusan peninjauan kembali hanya terdapat dua hal di atas. Sedangkan tentang pengajuan izin usaha oleh PT Semen Indonesia bisa diterbitkan lagi bila telah dikeluarkan izin lingkungan. Dasar hukumnya pasal 40 UU Nomor 32 Tahun 2009," ujar Adji.

Dengan begitu, Adji menyimpulkan pihak Semen Rembang dapat kembali melakukan usahanya bila sudah memperoleh izin lingkungan. Izin lingkungan itu, tutur Adji, akan diperoleh pihak Semen Rembang bila sudah dinilai layak dokumen amdalnya.

"Dasar hukumnya ada di UU Nomor 32 Tahun 2009 juga," beber Adji.

Penjelasan hukum yang Adji sampaikan juga membantah anggapan beberapa pihak mengatakan putusan Mahkamah Agung bersifat multitafsir. Dengan demikian tetap memberikan kesempatan pabrik Semen Rembang bisa melakukan kegiatan usaha lagi dan menyempurnakan amdal serta izin lingkungannya.
"Putusan Mahkamah Agung tidak multitafsir. Dalam amar putusan PK Nomor 99/TUN/2016 tanggal 5 Oktober tegas dinyatakan. Jadi sudah tegas," ucap Adji.

Namun demikian, Adji tetap meminta agar pihak Semen Rembang memperhatikan dasar pertimbangan putusan peninjauan kembali Mahkamah Agung tersebut. Terutama keterlibatan masyarakat dalam penyusunan dokumen amdal dan jaminan tidak merusak lingkungan hidup dan cekungan air tanah di lokasi penambangan.

"Masyarakat semakin kritis dan menyorot dengan tajam maka harus ada pertanggungjawaban yang bersifat substansial, bukan sekadar formal belaka," ujar Adji.

Guna diketahui, sidang komisi dokumen amdal pabrik Semen Rembang akan digelar pada tanggal 2 Februari mendatang. Sebelumnya sesuai rencana seharusnya pabrik Semen Rembang sudah beroperasi pada awal Januari lalu dengan biaya investasi Rp 4,97 triliun.

sumber : http://m.tribunnews.com/regional/201...sia-di-rembang
semoga kendeng tetap lestari
Pernah baca kalo gubernur sudah mencabut ijinnya.
Coba di cari di gugel
dilanjut aja deh kasian warga sana yang kerja disitu kalo di tutup

ane liat pegawainya juga kebanyakan fresh graduate SMA sederajat
emoticon-Matabelo
amin..... kendeng lestari jauhkan dari para penambang yg tdak bertanggung jawab

Quote:


cari lagin info yang lengkap biar tdk salah faham

Quote:


emoticon-2 Jempol

Quote: