alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589471845c7798ea068b4569/amdal-semen-rembang-dinilai-layak-dpr-beri-apresiasi-dan-dukung-segera-beroperasi
Amdal Semen Rembang Dinilai Layak, DPR Beri Apresiasi dan Dukung Segera Beroperasi
Amdal Semen Rembang Dinilai Layak, DPR Beri Apresiasi dan Dukung Segera Beroperasi

Financial.id, Jakarta. Komisi VI DPR menyambut baik hasil keputusan sidang komisi amdal pabrik PT Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah, yang memberikan penilaian layak.

Dengan begitu, diharapkan ke depannya operasional dan usaha pabrik Semen Rembang tidak lagi mengalami kendala seperti sebelumnya. Hal lainnya menunjukkan arah positif bahwa triliunan uang investasi guna pabrik Semen Rembang tidak menjadi sia-sia.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana, Jumat (3/2). Azam mengungkapkan, DPR akan terus memberikan dukungan agar pabrik Semen Rembang dapat beroperasi maksimal.

"Kami mengapresiasi hasil (sidang komisi amdal Semen Rembang) tersebut. Berarti investasi yang telah ditanam tidak terganjal lagi. Ini semua untuk kesejahteraan. Rakyat di Rembang mayoritas juga mendukung," ucap Azam.

Mengenai beberapa hal hasil sidang komisi amdal pabrik Semen Rembang yang dinilai masih perlu disempurnakan, Azam menganggap adalah hal yang wajar. Faktor penilaian kelayakan bersyarat tersebut menurut Azam adalah bagian mengakomodasi keinginan penentang Semen Rembang.

"Waktu itu kan dianggap ada yang kurang amdal dan izin lingkungannya sehingga perlu dicabut. Kemudian sudah dilaksanakan Gubernur Jawa Tengah. Sekarang mana yang masih dikhawatirkan kalau pabrik semen beroperasi bisa dikemukakan " tutur Azam.

Terkait dengan sikap kubu penentang keberadaan pabrik Semen Rembang yang keluar ruang sidang komisi amdal, Azam mengungkapkan hal itu tidak masalah.

Bahkan Azam menganggap sikap seperti itu menjadi kerugian untuk kubu penentang Semen Rembang. Pasalnya, ujar Azam, mereka seharusnya bisa menyebutkan apa saja keberatannya terhadap aspek lingkungan hidup dengan beroperasinya Semen Rembang.

"Mereka kan sudah datang dan hadir ke sidang komisi amdal Semen Rembang. Mereka dianggap berarti mengikuti. Kenapa keluar ruangan? Apalagi mereka juga sudah tanda tangan, jadi biarkan saja, tidak masalah sikap mereka," kata Azam.

Para pakar dan ahli terdiri dari keahlian ilmu ekologi, sosiologi, ekonomi dan hukum telah memutuskan penilaian layak untuk amdal Semen Rembang. Para pakar tersebut merupakan tim penilai pada sidang komisi amdal Semen Rembang yang digelar Kamis (2/2).

Selanjutnya hasil penilaian itu akan direkomendasikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo guna dapat diterbitkannya izin lingkungan Semen Rembang. Sedangkan izin lingkungan yang lama telah dicabut Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sesuai perintah Mahkamah Agung 5 Oktober lalu.

Pada sidang komisi amdal tersebut diwarnai aksi walk out oleh Joko Prianto dan beberapa rekannya yang merupakan pihak penentang pabrik Semen Rembang.

Kedua kelompok masyarakat, pendukung dan penentang pabrik Semen Rembang, turut dihadirkan pada sidang komisi amdal ini. Mereka diminta memberikan keterangan mengenai keberadaan pabrik Semen Rembang ke kehidupan sosialnya.

sumber : http://financial.id/newsreader/Amdal...era_Beroperasi