alexa-tracking

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58946c5914088d42378b456b/kisah-singkat-sang-legenda-bsa
Kisah Singkat Sang Legenda, BSA
Kisah Singkat Sang Legenda, BSA

Manufaktur apa yang terkenal sebagai produsen senjata sekaligus pembuat sepeda motor? Jawabannya cuma satu, BSA.

Spoiler for BSA:


Ya, pertemuan yang digelar di sebuah hotel di Birmingham, Inggris pada 7 Juni 1861 telah menghasilkan kata sepakat, bahwa perusahaan bernama The Birmingham Small Arms Company Limited akan memproduksi senjata. Senjata-senjata ini dirakit di fasilitas seluas 10 hektar yang pembangunannya itu baru selesai dua tahun kemudian. Sayangnya, akibat dari permintaan senjata menurun drastis akhirnya membuat perusahaan ini harus tutup pada 19 Agustus 1878.

Momen bersejarah bagi perusahaan bentukan J.D Goodman ini muncul kala Mr. E.C.F Otto datang ke pabrik di tahun 1880 dan mendemonstrasikan sepeda kreasinya di hadapan para Direktur. Gayung pun bersambut, pada tahun 1881 BSA mulai memproduksi sepeda roda dua dan roda tiga dengan torehan logo tiga senapan yang menjadi trademark mereka. Lantaran didera kesulitan mencari komponen, sayangnya lagi-lagi langkah ini pun tidak bertahan lama, cuma sekitar lima tahun hingga akhirnya mereka harus kembali gulung tikar.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Dewi Fortuna ternyata masih singgah di atas atap pabrik mereka. Berkat kejeniusan salah satu Direkturnya yang melihat bahwa bagian tengah sepeda bisa dicangkokkan mesin untuk menggerakkan mesin, maka divisi riset dan pengembangan BSA mulai memutar otak. Hasilnya ternyata diluar dugaan, sepeda buatan BSA sukses di pasaran. Hingga pada tahun 1903 perusahaan ini bereksperimen dengan memasang mesin motor Minerva 233 cc pada frame sepeda yang mereka produksi.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Selepas itu, BSA makin populer sebagai produsen motor sambil tetap memproduksi senjata dan komponen pendukungnya. Untuk roda dua, pabrikan Britania dimaksud melansir BSA S27 alias Sloper Model yang hadir dalam opsi mesin 350cc, 500cc, dan 595cc yang diproduksi dalam kurun waktu satu dasawarsa. Selain itu mereka juga merakit BSA Blue Star G14 1000cc V-Twin, Blue Star, Empire Star, Silver Star, Gold Star, dan M20. Model yang terakhir ini merupakan andalan pasukan Inggris saat Perang Dunia II. Sekitar 126.000 unit BSA M20 dipasok khusus untuk angakatan bersenjata Inggris.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Kala berlangsungnya Perang Dunia II, BSA sudah memiliki 67 pabrik yang memproduksi 5 milyar komponen amunisi dari 468.098 senjata browning. Kesuksesan tersebut membuat mereka mampu mengakuisisi New Hudsin Ltd, Sunbeam Ltd, Ariel Motors Ltd hingga Triumph Motorcycles. Dan untuk menjawab kebutuhan akan alat transportasi, fasilitas BSA di Small Heath kembali merakit sepeda motor serta membentuk BSA Motor Cycles Ltd, terpisah dari BSA Cycles Ltd.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Sayangnya, serbuan pabrikan Jepang (Honda, Yamaha dan Suzuki) serta Eropa (Jawa, Bultaco dan Husqvarna) menggerogoti pasar yang selama ini dinikmati BSA. Ditambah dengan keputusan yang salah mengenai strategi marketing serta proyek-proyek mahal seperti pengembangan Ariel 3 serta moped 3 roda yang menghabiskan dana hingga 2 juta poundsterling.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Pada tahun 1968 BSA mengumumkan beberapa perubahan pada deretan produknya. Termasuk model bermesin single, twin hingga memproduksi mesin tiga silinder berjuluk Rocket Three. Mereka mencoba berkonsentrasi untuk pasar lain di luar Inggris, seperti Kanada dan Amerika Serikat yang kala itu terkenal gandrung pada sepeda motor gambot dengan kapasitas mesin yang besar.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Kendati mengalami kesuksesan penjualan, ternyata krisis pun terjadi di dalam perusahaan. BSA merugi hingga 3 juta poundsterling. Selain masalah ini, terdapat banyak resistensi terhadap penjualan beberapa fitur yang ada di sepeda motor yang mereka produksi di tahun 1970. Para pemegang saham diinformasikan bahwa kesalahan manajemen ikut berkontribusi terhadap situasi ini. Dari 2000 unit moped Ariel 3 yang diproduksi, cuma terjual cuma beberapa ratus unit saja.

Kisah Singkat Sang Legenda, BSA


Dan setelah meluncurkan 13 model baru BSA dan Triumph dalam sebuah gelaran malam gala nan mewah di London berkat dukungan Barclays Bank sebesar 10 juta poundsterling, BSA akhirnya tiba di pintu kehancuran. Bulan-bulan berikutnya mereka malah berkonsentrasi pada negosiasi dengan Departemen Perdagangan Inggris serta dan Manganese Bronze Holding. Hingga akhirnya mereka menghentikan produksi di musim panas 1973 setelah melansir Gold Star 500, Thunderbolt/Lightning 650 dan Rocket Three 750.

SUMUR
1
2
motor keren neh
dolo bapak punya nyang BMW, udah di lego emoticon-Mad
motor legend gan
ane dari dulu kepengen tapi karang uda jadi barang koleksi
da langka banget ni sepeda
emoticon-Matabelo
keren ya motornya
barang klasik yg indah ... emoticon-Matabelo
bagi atu dong bray emoticon-Matabelo
Motor lejen, kapasitas mesinnya itu lLoh ewow banget, tapi sayang susah nyarinya sekarang emoticon-Matabelo
Gw gak tau nih merk emoticon-Hammer2


ayo mpeng kita lanjut cari kang barcenemoticon-Ngacir emoticon-Traveller
si klasik yg menawan emoticon-Matabelo
Barang klasik,tua2 keladi....makin tua makin mahal.
Masih kerenan motor jepang..