alexa-tracking

Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589451d3c1cb1799678b457a/wadirut-pertamina-jabatan-seumur-jagung
Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung
Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng menyelamati Plt Dirut Pertamina Yenni Andayani usai memberikan keterangan pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/2). Kementerian BUMN akhirnya menghapus jabatan Wakil Direktur Utama.
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang digelar di Kementerian BUMN Jumat (3/2) akhirnya memutuskan untuk mencopot Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto dan Wakil Direktur Utama (Wadirut) Ahmad Bambang.

Dewan komisaris menilai adanya ketidakcocokan dan kurangnya kepemimpinan kedua orang tersebut dalam memimpin Pertamina.

Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng menyebut ketidakcocokan ini membuat organisasi tidak berjalan sesuai harapan. "Memang kalau Dirut tidak ada, Wadirut berfungsi, namun ada kasus di mana proses itu tidak berjalan sebagaimana mestinya," jelas Tanri pada Jumat (3/2) seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Deputi Kementerian BUMN Gatot Trihargo menjelaskan, dua pejabat itu diganti karena tidak mampu menjalankan roda perusahaan lebih baik. Walau secara individual, kedua sosok tersebut dipandang memiliki kapasitas yang andal.

"Kami tidak perlu individual pemain, kami perlu kerja sama tim," ungkap Gatot usai RUPS seperti dipetik dari financedetik.

Gatot menambahkan, posisi Wadirut yang tadinya dibentuk untuk membantu kinerja Dirut juga tidak berjalan. Gatot menjelaskan, jabatan Wadirut di BUMN lain juga ada. Fungsinya membantu kerja Dirut.

"(Tapi) Ini yang tidak terjadi (di Pertamina). Karena leadership yang ada di Pertamina belum mampu menggeser itu semuanya," kata dia.

Menurut Tanri, tujuan awal adanya jabatan Wadirut agar ada pembagian tanggung jawab antara sektor hulu dan hilir. Namun, kenyataanya tidak seperti yang diharapkan.

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan, jabatan Wadirut Pertamina ini berdasar usulan Dewan Komisaris Pertamina. Kajian dari konsultan independen juga digelar.

Jabatan ini diadakan agar bisa membantu jajaran direksi dalam menjalankan tanggung jawab Pertamina ke depan yang makin besar.

Hingga pada akhirnya Rini selaku Menteri BUMN dan pemegang saham menyetujui adanya penambahan kursi Wadirut sejak 21 Oktober 2016.

"Dan kami sebagai pemegang saham melakukan itu dan memutuskan menerima usulan Dewan Komisaris dan memutuskan adanya Wadirut dan tambahan direksi," tutur Rini.

Untuk selanjutnya, jabatan Wadirut tak akan diadakan lagi. Tanri menyebut keputusan tersebut sesuai amanat Menteri BUMN. Alasannya posisi Wadirut yang baru tiga bulan itu bisa mengganjal kerjasama tim dalam struktur organisasi Pertamina.

Jika dihitung, jabatan ini hanya bertahan sekitar tiga bulan alias seumur jagung.

Sebelum pengumuman pencopotannya, Dwi Soetjipto, enggan berkomentar. "Kita dengar saja nanti ya," kata dia seperti dikutip dikutip dari Katadata.co.id.

Sedangkan dari Ahmad Bambang, dia mengungkapkan lewat akun Twitternya, Jumat pagi.
Alhamdulillah ... telah aku tunaikan amanah ini meski dgn tertatih-tatih. Semoga bermanfaat bagi orang banyak dalam jangka panjang. Aamiin.
— Ahmad Bambang (@abe_ptm) February 2, 2017
Jabatan Wadirut Pertamina merupakan jabatan baru di perusahaan pelat merah itu.

Saat Dwi diangkat jadi Dirut, November 2014, dia tak memiliki wakil. Setelah dua tahun kemudian, Menteri BUMN Rini Soemarno menambah dua jabatan baru di PT Pertamina yaitu Wadirut dan Direktur Megaproject Pengolahan dan Petrokimia.

Sebagai gantinya, Kementerian BUMN menunjuk Yenni Andayani sebagai Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Direktur Utama. Yenni berjanji sebagai pucuk pimpinan tertinggi Pertamina dia bertugas membuat manajemen lebih solid lagi.

"Saya dan teman-teman tugasnya untuk (membuat Pertamina) jadi lebih solid dan kemudian mengisi jabatan-jabatan strategis yang belum terisi," ujarnya.

Yenny juga menegaskan kegiatan operasional Pertamina ke depan tidak akan terganggu dengan adanya pencopotan Dirut dan Wadirut.
Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-seumur-jagung

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung Kinerja baik industri farmasi dan koreksi harga obat-obatan

- Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan

- Wadirut Pertamina, jabatan seumur jagung Kisah si 'Ratu Minyak' Batam yang bebas dan terjerat lagi

×