alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pencopotan Dwi Soetjipto Sarat Unsur Politik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58944430529a45e15f8b456b/pencopotan-dwi-soetjipto-sarat-unsur-politik

Pencopotan Dwi Soetjipto Sarat Unsur Politik

Pencopotan Dwi Soetjipto Sarat Unsur Politik
Dwi Soetjipto. Dok. Jitunews/Johdan A.A.P

JITUNEWS.COM - Pengamat Energi Fahmi Radi menilai pencopotan Dwi Soetjipto dari posisinya sebagai Dirut Pertamina sarat unsur politis. Menurut Fahmi, pencopotan Dwi seakan sudah direncanakan lama.

Fahmi menuturkan, kondisi tersebut sudah terlihat sejak sejumlah kejadian terjadi di internal Pertamina. Seperti halnya kilang minyak yang rusak beberapa waktu lalu dan munculnya transaksi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dalam jumlah besar yang terjadi tiba-tiba. Tak hanya itu, dalam waktu yang bersamaan mantan Wakil Dirut Pertamina Ahmad Bambang dipanggil kejaksaan.

"Nah ini nampak sekali. Saya melihatnya sangat sistemik dan sangat sangat keras. Tapi saya tidak tau siapa yang munculkan itu. Itu bagi Dirut ini pasti merupakan tekanan yang begitu berat," ungkap Fahmi saat dihubungi Jitunews.com, Jumat (3/1/2017).

Fahmi menilai, peran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sangat erat dalam mengendalikan kebijakan yang terjadi di Pertamina. Kondisi tersebut diyakini Fahmi menjadi sangat berbahaya lantaran sebagai National Oil Company (NOC) Pertamina harus berdiri secara independen tanpa intervensi dari pihak manapun, kecuali terhadap penugasan-penugasan yang diberikan pemerintah.

"Saya membaca, peran dominan Rini sangat besar yang tujuannya untuk mengendalikan pertamina ditangan menteri bumn. Nah ini saya kira sangat berbahaya karena sangat mengganggu Pertamina itu kan NOC dan kelanjutan negara dalam mengelola migas," terangnya.

Lebih lanjut, Fahmi menganggap pencopotan Dirut dan Wakil Dirut Pertamina ini sebagai puncak upaya Rini sebagai Menteri BUMN dalam mengendalikan Pertamina berada terus dibawah kendalinya.

"Saya kira ini puncaknya upaya mempreteli dan melengserkan terutama yang dilakukan oleh Menteri BUMN. Adanya matahari kembar itu saya kira upaya sistemik oleh Rini untuk mempreteli kewenangan dari Soetjipto dan sekarang puncaknya," jelasnya.

Terapkan Skema JCM, Bukti Serius Pemerintah RI Tangani Emisi Gas Rumah Kaca

JCM Sebagai Bentuk Kerjasama Antara Indonesia-Jepang Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Penulis : Citra Fitri Mardiana, Marselinus Gunas

Sumber berita
Berita Indonesia - JITUNEWS.COM
Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
ane enggak ngerti gan, yg ane tau Pertamina bilang nya rugi mulu
Diubah oleh boy.care
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di