alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58943f97dac13e265c8b457e/politikus-pks-dan-pkb-jadi-tersangka-kasus-suap-proyek-jalan
Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan
Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan
Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/1).
Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menetapkan tersangka kasus suap proyek jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dua tersangka yang ditetapkan tersangka itu yakni Yudi Widiana dan Musa Zainuddin.

Kedua orang ini merupakan anggota Komisi V DPR yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan. Yudi adalah politikus PKS dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V sementara Musa adalah anggota Komisi V yang berasal dari PKB.

"(Ditetapkan sebagai tersangka) sejak 24 (Januari)," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan seperti dilansir detik.com.

Kedua nama orang ini sudah sering disebut dalam persidangan di Pengadilan Tipikor. Keduanya disebut ikut kecipratan dana proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara.

Dalam kesaksiannya di sidang Tipikor, tersangka Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa, So Kok Seng (SKS) alias Aseng menyebut nama Yudi. Katanya ia pernah memberi duit Rp2,5 miliar kepada Yudi melalui anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS Muhammad Kurniawan. Namun Yudi membantah.

Begitu juga nama Musa. Namanya muncul dalam sidang pembacaan dakwaan

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara Kementerian PUPR Amran HI Mustary, Desember lalu. Dalam dakwaan itu jaksa penuntut umum KPK menyebutkan Musa pernah bertemu dengan Amran. Pertemuan itu terjadi dalam rapat 'setengah kamar' antara Komisi V dan Kementerian PUPR. Dalam pertemuan itu, Amran juga bertemu dengan Damayanti Wisnu Putranti, Budi Supriyanto, dan Andi Taufan Tiro.

Tiga nama terakhir sudah menjadi terpidana dalam kasus ini. Nama-nama mereka muncul ketika KPK menangkap tangan Damayanti Wisnu Putranti, anggota Komisi V DPR, di sebuah tempat di dekat gedung DPR, Rabu (13/1/2016). Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu ditangkap seusai stafnya Julia Prasetyarini dan Dessy A Edwin melakukan transaksi yang diduga suap terkait dengan pembangunan infrastruktur yang diadakan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

KPK menetapkan Damayanti sebagai tersangka dugaan penerimaan suap masing-masing sebesar 33.000 dolar Singapura sehingga totalnya mencapai 99.000 dolar Singapura.

Uang tersebut berasal dari Direktur PT WTU Abdul Khoir yang sudah divonis 4 tahun penjara Juni lalu. Total komitmen Khoir adalah sebesar 404.000 dolar Singapura sebagai fee agar PT WTU mendapat proyek-proyek di bidang jasa konstruksi yang dibiayai dana aspirasi DPR di provinsi Maluku yang dicairkan melalui Kementerian PUPR.

Abdul Khoir termasuk saksi pelaku yang bekerja sama dari KPK. Atas dasar itu, jaksa penuntut umum menuntut Abdul Khoir hukuman penjara 2 tahun 6 bulan. Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Jakarta, menjatuhkan vonis hampir dua kali lipat lebih tinggi dari tuntutan jaksa terhadap Abdul Khoir, 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta.

Sementara Damayanti juga sudah divonis 4,5 tahun penjara pada September 2016 lalu. Damayanti yang juga menjadi Justice Collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum mengungkap sejumlah nama yakni Budi Supriyanto, anggota DPR RI Komisi V dan Amran Hi Mustary.
Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...p-proyek-jalan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan Kisah si 'Ratu Minyak' Batam yang bebas dan terjerat lagi

- Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan Belanja iklan 2016 kembali bergairah

- Politikus PKS dan PKB jadi tersangka kasus suap proyek jalan Praperadilan tak bisa hentikan penyidikan Hadi Poernomo

PKS emoticon-Mewek
Eh, partai suci :3