alexa-tracking

Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589420b960e24bcc488b456d/bahasa-tubuh-di-balik-pidato-sby
Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY
JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar bahasa tubuh, Monica Kumalasari, berpendapat, gestur dan ucapan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu (1/2/2017) tidak sinkron, tepatnya saat mengatakan ingin bicara blakblakan dengan Presiden Joko Widodo.

Saat itu, tangan kanan SBY memegang mikrofon, sementara tangan kirinya diangkat, kelima jari terentang dan telapak tangannya menghadap keluar.

Monica menjelaskan, pikiran, emosi, dan tubuh punya sistem yang sinkron.

Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY

"Saat pikiran mengatakan ingin bicara keterbukaan, bila diikuti dengan emosi yang ikhlas (kredibel), maka direspons tubuh dengan gerakan tangan terbuka, bukan dengan gerakan yang justru malah seperti terkesan menolak," kata Monica kepada Antara News, Kamis (2/2/2017).

Bahasa tubuh lebih dominan ketimbang perkataan, kata Monica, sebab bahasa tubuh merupakan respons bawah sadar yang tidak bisa ditutup-tutupi.
Dia juga menganalisis suara dan tone berbicara SBY yang disebut berbeda dari biasanya.


"Terjadi perubahan emosi," kata dia.

Suara SBY biasanya semangat berapi-api, tetapi pada konteks ini suaranya jadi lebih lembut dan lambat.
"Apa indikasinya? Terjadi keragu-raguan atas apa yang diucapkannya," kata dia.

Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY

Sementara itu, saat SBY bicara masalah penyadapan, kata Monica, ada emosi kemarahan yang coba ditahan.

"Masalah penyadapan ilegal ini bisa terjadi saat pemilihan pemimpin... rahasia apa pun bisa ketahuan... masalah penyadapan ilegal ini sangat serius... sangat serius..."

"SBY dua kali mengucapkan itu. Emosinya kemarahan yang coba ditahan. Kalau dilihat dari micro expression, ada lipatan bibir ke dalam," kata Monica.

http://nasional.kompas.com/read/2017/02/02/18532161/bahasa.tubuh.di.balik.pidato.sby.

emoticon-Wkwkwk udah biarin aja emoticon-Big Grin
kalo ini kerjaan siapa???...bukti sudah jelas ada penyadapan...tapi ga ada tuh pake acara mewek segala

Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY




perbedaan tanggapan kedua org ini pas mengahadapi isu yg sama emoticon-Cape d... (S)

Bahasa Tubuh di Balik Pidato SBY
iya..iya dech percaya...
iya aja ane mahemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


Tuh, kena deteksi pengamat....!!

Makanya pak Beye....lain kali kalau konpers pakai topeng aja... emoticon-Big Grin
Quote:


konpers di twitter aja
emoticon-Ngakak
Belakangam emang lebih emosional kayanya , lagi banyak pikiran aja mungkin...
Gw khawatir juga kl jokowi mrasa ga ada ucapannya yg cukup berguna bagi pihak asing.
wong kata ahox yang nyadap tuhan kok om beye bukan australia emoticon-Smilie
Enak ne klo bisa punya pacar yg bs baca gestur tubuh..
Misalny kita pingin ehem2 dia uda ready tanpa cape ngegombalin..

*jangan terlalu srius ah
Quote:


kalo nulis yang jelas dong, emoticon-Nohope






"ehem2" itu maksudnya apa..? emoticon-Malu
peduli amat bahasa tubuh

yg pentung tu bahasa qolbu

perasaan ngeliat itu mic dipegang tangan kanan rasanya malah janggan bngt...kidal apa
kebo oh kebo emoticon-Leh Uga bapermu itu lo emoticon-Leh Uga
manusia baperan didengerinemoticon-Leh Uga
Mau dong dianalisa juga saat Ahok bicara kurang sopan ke pak Kyai...ayo kalau berani supaya adil wkwkwkwkwk
sby mah ga pernah sinkron
katakan tidak pada korupsi: padahal korupsi
all out:walk out
waktu jd presiden pengin jadi musisi,waktunya jd musisi malah kepengin jd presiden

ya sdhlah
Quote:


Topeng anonymous .. ?
lagi seru bahas kasus penistaan dan skandal pisang kok ini malah bikin isu baru emoticon-Malu
Quote:


bagus kan, jadi banyak bahan beritaemoticon-Big Grin
saya disadap bray emoticon-Blue Guy Bata (L)
×