alexa-tracking

Jurnal penjualan aset tetap dengan PPN tanpa ada sisi Ak. Penyusutan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589418d212e257bd4d8b456c/jurnal-penjualan-aset-tetap-dengan-ppn-tanpa-ada-sisi-ak-penyusutan
Peringatan! 
Jurnal penjualan aset tetap dengan PPN tanpa ada sisa Ak. Penyusutan
Agan-agan yang baik hati, minta penerangannya dunk.. Lg galau banget...

Misal nih, perusahaan beli mobil 102.500.000 terus dijual dengan harga 65.000.000 (include PPN). Terus kebenaran gak ada sisa akumulasi penyusutannya.

Kira-kira jurnal nya gimana yak?

Kalo gini bener gak sih??

(D) Kas/Bank 65.000.000
(D) Biaya lain-lain 43.409.091 -------> karena jualnya rugi jadi dianggep aja biaya lain-lain
(K) Aset tetap 102.500.000
(K) PPN Keluaran 5.909.091

Help me!!!! >.<
Pake asumsi aja gan mau rugi atau untung emoticon-Big Grin akumasi penyusutan harus dilibatin dalam penjurnalannya karena penyusutan dihitung sejak kendaraan digunakan, namanya juga akuntansi beda metode,beda pengakuan laba/rugi. kalo contoh soal tanya dulu ke dosen ybs. Kalo beneran agan cari tau tuh kendaraan diperoleh taun, bln, tgl berapa, apakah kendaraan sdh dioverhaul (otomatis mengurangi akumulasi penyusutan),dll. Lalu bikin skedul penyusutan nanti diketahui nilai bukunya..

Quote:


Akhrnya ad yg balas jg emoticon-Belo Kebeneran ini bukan cth soal gan, tp kejadian di kantor emoticon-Bingung Akumulasi penyusutannya udh gak ada sisa kok. Udah berakhir di tahun kemarin. Makanya bingung gimana jurnalnya kalo gak ada sisa akumulasi penyusutan emoticon-Frown
Quote:


Haduh berarti aset "zombie" , jadi udh terjual. Berarti di laporan posisi keuangan, mobil ybs hilang jadi kelompok aset tetap - kendaraan berkurang. Berarti diakui pendapatan lain" emoticon-Big Grin soalnya akun aset kendaraan ybs hilang. Coba gan PM data mobil ybs.
-Perolehan mobil.
-Riwayat overhaul.
-Metode penyusutan.
-Nilai residunya.
- Umur ekonomisnya.

Moga aja bisa bantu, nanti bikinin skedul penyusutannya. Sekaligus jurnal koreksinya.

Oiya kalo masalah PPN itu, berarti mobil itu tadinya tidak untuk diperjualbelikan,jd dijual artinya kena PPN yg berdasarkan pasal 16D berarti tidak bisa dikreditkan cantumin di SPT induk sebesar (Nilai perolehan - Nilai penjualan) di bagian 1B (Tidak terutang PPN) karena mobil ybs tercatat sebagai non inventory asset.

Quote:


Ya ampun ribet banget. Aku tanya sama divisi pajak ajalah..
Makasih anyway emoticon-Wowcantik
Quote:


Ok gan salam kenal gan, tanya jg ke chief accountant nya..
Nilai buku aset saat penjualan berapa ?
Terus akumulasi penyusutan berapa ?
Jurnal yg benernya
(D) Kas/Bank
(D) Akumulasi penyusutan Mobil
(D) Loss on disposal

(K) Mobil dengan Harga perolehan awal beli Sebelum PPN
(K) PPN Keluaran
Quote:


Nilai Buku aset mksdnya harga beli asetnya ya? Kalo iya nilainya anggap aja 105.850.000. Dijual 67.350.000. Terus gak ada sisa akumulasi penyusutan. PPN nya jadi 61.227.273.
Quote:


nilai buku aset itu mksdnya aktiva tersebut tercatat dineraca berapa gan? biasanya aktiva itu Harga Beli dikurangi akumulasi penyusutan. emang agan catat di aktiva untuk aset tersebut gmn?

Jurnal yg dipost agan garbarian udah benar itu
Quote:


Gak ada lagi sisa Akumulasi Penyusutannya. Akumulasi Penyusutannya udh habis sebelum dijual. Kalo lihat dr pencatatan akumulasi penyusutan Nilai Buku-nya 0. Aku gak tahu perhitungan Akumulasi Penyusutannya pk metode apa. Pengajarku wkt itu cm bilang, "gak ush pusing, tinggal copas aja -.-". Yg jelas tiap bulan kami sll ad pencatatan Akumulasi Penyusutannya jd Nilai Buku-nya menurun tiap bulannya dan lama2 jd 0.
Kayanya bakal resign nih, pusing banget. Mn cm diajarin seminggu, gak ada basic akun pula. emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
Quote:


Kalo ente jurnal begitu, akumulasi penyusutan nya bakalan terus nyaldo di ledger..
Ente bilang nilai buku nya udah nol.
Berarti akumulasi penyusutan udah sama dengan harga perolehan.
Jadi, sebaiknya jurnalnya gini:
(D) Kas/Bank Rp 65.000.000
(D) Akumulasi Penyusutan - Mobil Rp 102.500.000
(K) Aset Tetap - Mobil 102.500.000
(K) Pendapatan Rp. 59.090.909
(K) PPN Keluaran 5.909.091

Sehingga di Ledgernya.
Saldo Aset Tetap - Mobil jadi 0
Saldo Akumulasi Penyusutan - Mobil juga sudah 0
Quote:


Woke makasih, gan. Aku udh bikin gitu jg sih, dpt pencerahan dr yg laen.. emoticon-Malu emoticon-Malu