alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58940dafc1d77014628b456f/ngaku-punya-passion-di-game-8-kampus-ini-cocok-banget-buat-agan
icon-hot-thread
Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!
emoticon-Gotta catch 'em all! emoticon-Games emoticon-Gotta catch 'em all!

Siapa sih yang nggak suka main game? Meski banyak orang yang mikir kalo main game itu sekedar hura-hura, sekedar hiburan, tapi ternyata industri game di Indonesia itu lagi maju loh.

Supaya industri video game di Indonesia makin sejalan sama perkembangan pasar, pastinya perlu regenerasi dong. Di Indonesia, beberapa kampus juga udah buka jurusan video game buat ngejawab tantangan kebutuhan industri game di tanah air.

Cek yuk kampus apa aja yang ada jurusan di bidang game-nya!


Quote:1. Universitas Bina Nusantara/ Binus University

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Prodi Game Application and Technology di Binus udah dibuka dari bulan September 2012 gan, adanya di jurusan Ilmu Komputer. Di prodi ini, bukan cuma fokus di pemrograman tapi juga pembuatan seni dan desain sebuah game.

Fokusnya adalah mengajarkan aplikasi pembuatan game berdasarkan teori dari kondisi industri sekarang dan di masa depan. Kerennya, waktu ngeluncurin prodi ini, Binus ngedatangin desainer game Final Fantasy VI, Takashi Tokita dari Square Enix, buat membicarakan potensi game mobile di masa mendatang.


Quote:2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Bukan cuma dikenal karena mencetak profesional di bidang ilmu robotika dan industri aja, ITS juga turut berkecimpung di bidang game nih gan. Tapi programnya itu magister S2 Teknologi Game yang bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional Biro Perencanaan Luar Negeri.

Program yang merupakan gabungan dari bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer ini ditujukan untuk guru SMA supaya mampu menyajikan modul pembelajaran dalam bentuk game dan juga software komputer. Keren banget ya. Jadi lewat media game dan aplikasi kreatif, para guru ini diharapkan bisa mengajar lebih efektif.


Quote:3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

PENS yang lokasinya sebelahan sama ITS ini ternyata buka prodi D4 dengan subjek Teknologi Game. Misinya adalah untuk mencetak tenaga ahli dan melatih kemampuan kerjasama dalam wirausaha di bidang game.

Kampus yang tahun 2016 lalu ini jadi tuan rumah Game Prime Surabaya ini cakupan bidang studinya meliputi pembelajaran engine game, tool dan lain-lain. Tapi di luar bidang akademis, PENS juga jadi partner komunitas Game Developer Surabaya (GADAS) untuk penyelenggaraan Global Game Jam Surabaya 2017.


Quote:4. Institut Teknologi Bandung

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Siapa yang nggak tau ITB? Kampus yang dikenal mencetak tenaga ahli di bidang teknologi dan industri ini ternyata juga buka prodi game. Namanya adalah prodi Media Digital dan Game yang merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro ITB, tapi cuma buat S2 gan.

Contoh matkulnya ada 3D modeling, desain engine game, VR dan lain-lain. Pokoknya bener-bener ngikutin tantangan di dunia digital banget deh.


Quote:5. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Dari sekian nama kampus di daftar ini, STMM Yogyakarta atau juga dikenal dengan MMTC ini nama jurusannya cukup unik. Lewat produk Desain Teknologi Permainan, MMTC ingin menghasilkan lulusan kreatif untuk memenuhi kebutuhan pasar industri game yang mengutamakan kearifan lokal.

Beberapa matkulnya ada kajian media game, programming, desain grafis, penulisan naskah game, merancang sistem game dan lain-lain.


Quote:6. Universitas Negeri Malang (UM)

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Kampus UM juga nggak mau kalah dalam ngehasilin developer game berkualitas lewat prodi Game Animasi. Kampus ini dulunya dikenal dengan nama IKIP Malang ini menghasilkan lulusan D3 yang dibekali kemampuan membuat game 2D dan 3D.

Kerennya, prodi game ini bisa diterusin ke S1 UM lewat jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan konsentrasi bidang game. Cocok banget buat agan yang mau lanjut S1 game setelah lulus D3 nih.


Quote:7. Universitas Ciputra Surabaya

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Prodi jurusan game di kampus ini masuk ke dalam konsentrasi pendidikan sarjana Teknik Informatika. Lewat prodi ini, mahasiswa bakalan belajar berbagai teknik pengembangan aplikasi dan game berbasis mobile, dengan pake tool terkini; Unity.

Selain buat apps mobile Android, kampus ini juga melibatkan kurikulum dengan lisensi Apple iOS Developer Education Program. Kalo agan pengen belajar bikin game atau apps iOS, prodi yang ditawarin tuan rumah GDG Surabaya 2015 ini bisa dijadiin pertimbangan loh.

Quote:8.Universitas Multimedia Nusantara

Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!

Kampus yang terletak di Serpong, Tangerang ini adalah perguruan tinggi milik grup Kompas Gramedia gan. Mirip-mirip sama S1 jurusan game di Universitas Negeri Malang, prodi game di UMN ini masuk ke bagian DKV, dengan konsentrasinya desain media interaktif.

Lewat prodi ini, mahasiswa bakalan disiapin untuk masuk ke dalam industri game, khususnya dalam hal desain visual. Setelah lulus dari sini, agan bisa jadi 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist sampe ke Art Game Director gan!

Selain prodi game, UMN juga nyediain coworking space dan inkubator buat startupnya dari dalam UMN sendiri ataupun dari luar UMN, namanya Skystar Ventures.


Ternyata banyak juga kampus yang udah buka jurusan game di Indonesia gan! Sekarang waktunya yakinin orang tua di rumah berbekal bukti kalo game itu bukan sekedar main-main, tapi justru industri game itu lagi berkembang pesat banget di dunia.

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Yuk kita main (sambil belajar) game gan!


Sumber
wah fsrd itb impian yang gapernah tercapai emoticon-Mewek
Ane sampe skrng masih pengen ke ITB kgak kesampean mudah mudahan anak ane dah entar
emoticon-Mewek
Ngaku Punya Passion di Game, 8 Kampus Ini Cocok Banget Buat Agan!
ane alumni umn bre emoticon-Wink
maen game aja kabgak bisa apalagi bikin nya emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By jimjanis46
wah fsrd itb impian yang gapernah tercapai emoticon-Mewek


sabar gannnn emoticon-Mewek
pengen kuliah lagi tp dana dan otaknya g ada emoticon-Hammer2
ane orang accounting kok gaan.. tetap bs ngegame kok

emoticon-Salaman
Dan kampus ane yg berada di kab.bdg belum dianggap emoticon-Wakaka
Bukan salah satu orang yang punya duit buat kuliah, yah..... Kutempuh jalan lain untuk bikin game
ane dulu smp pernah maen game animasi yg temanya pocong salah satu jurus lakonnya itu jurus sabetan ganteng ane lupa univ penciptanya tp sepertinya univ tarumanegara
yah ane kira kampus yang dibebaskan untuk main game emoticon-Hammer2
Wah
emoticon-Leh Uga tuh bro
emoticon-Matabelo
Ane bukan anak kuliahan breemoticon-Ngakak
ada jg ternyata jurusan games ya gan
Quote:Original Posted By rubah007
Ane bukan anak kuliahan breemoticon-Ngakak

Jadi anak apa nih breemoticon-Big Grin
beh mantep2 yaemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
stei itb emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By marksui

Jadi anak apa nih breemoticon-Big Grin
Anak sekolahan lah..emoticon-Ngakak

Jelas kuliahnya mahal secara prospeknya game developer dihargai tinggi