alexa-tracking

Soal penyadapan SBY, Rudiantara:Kayak Kurang Kerjaan Aja!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5893f303582b2e41178b456a/soal-penyadapan-sby-rudiantarakayak-kurang-kerjaan-aja
Soal penyadapan SBY, Rudiantara:Kayak Kurang Kerjaan Aja!
Soal penyadapan SBY, Rudiantara:Kayak Kurang Kerjaan Aja!

JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengeluarkan pernyataan lumayan keras terkait terus bergulirnya isu penyadapan terhadap mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Quote:


Diakuinya, penyadapan bisa dilakukan tetapi sesuai aturan. “Ada aturannya, misal oleh Badan Intelijen Negara (BIN) atau KPK. Namanya lawfull interception. Bahkan operator pun biasanya tak tahu itu. soalnya seamless,” tukasnya.

Sementara itu, Badan Intelijen Negara (BIN) dalam rilis resmi yang dikeluarkan Deputi VI BIN menegaskan informasi penyadapan terhadap SBY dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin bukan berasal dari lembaga tersebut.

Selain itu juga disampaikan, bahwa informasi adanya penyadapan, menjadi tanggung jawab Ahok dan kuasa hukumnya. Ini karena Ahok dan kuasa hukumnya tidak menyebutkan secara tegas apakah komunikasi itu dalam bentuk verbal secara langsung atau percakapan telepon yang diperoleh melalui penyadapan.

Ditegaskan BIN, berdasarkan UU No. 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, BIN merupakan elemen utama dalam sistem keamanan nasional untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan NKRI.

Dalam menjalankan tugas, peran dan fungsinya, BIN diberikan kewenangan untuk melakukan penyadapan berdasarkan peraturan perundang-undangan, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia. Namun penyadapan yang dilakukan hanya untuk kepentingan penyelenggaraan fungsi intelijen dalam rangka menjaga keselamatan, keutuhan, dan kedaulatan NKRI yang hasilnya tidak untuk dipublikasikan apalagi diberikan kepada pihak tertentu.

Sebelumnya, isu adanya bukti percakapan antara Ketua Umum MUI KH. Ma'ruf Amin dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul di pengadilan Terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Selasa (31/1).

Beberapa penggiat telekomunikasi mempertanyakan masalah ini karena penyadapan bukan oleh aparat penegak hukum melanggar pasal 40 UU Telekomunikasi No.36 1999 dimana sesuai pasal 56 ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 15 tahun. (Baca: Hukuman Penyadapan)

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia menegaskan tidak pernah ada perintah atau instruksi penyadapan kepada SBY, karena ini bagian dari penghormatan kepada presiden-presiden yang ada.

Walau bantahan sudah ramai dari pejabat pemerintah, namun media sosial makin panas membahas isu ini. Hal yang menjadi sorotan adalah dari Tim Pengacara Ahok bisa menyebutkan Time log dari pembicaraan antara SBY dan KH. Ma'ruf Amin yakni tepat pada 6 Oktober 2016 pukul 10.16 WIB dan isi pembicaraan yang intinya membahas dua hal yakni mengatur pertemuan Pasangan Calon Agus Harimurti Yudhoyono-Syalviana Murni bisa datang dan diterima di kantor PBNU oleh pengurus dan membuatkan fatwa MUI untuk masalah penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

SBY sendiri mengakui ada pembicaraan telepon dengan KH. Ma'ruf Amin tetapi melalui telepon yang dimiliki salah satu stafnya pada waktu yang disebutkan Tim Pengacara Ahok. Namun, SBY meminta agar transkrip percakapan bisa didapatkan, karena khawatir percakapannya bisa ditambah atau dikurangi, yang tentu akan berubah dari isinya seperti apa.

Quote:



Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 36/1999 tentang Telekomunikasi, permintaan data atau Call Data Record (CDR) memang dibenarkan, tetapi oleh lembaga yang diperintahkan UU.

Di Pasal 40 UU Telekomunikasi, setiap orang dilarang melakukan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun.

Sesuai UU Telekomunikasi pada pasal 56 menegaskan bahwa pelanggaran terkait soal penyadapan ini diancam hukuman pidana penjara paling lama 15 tahun. (Baca: Ramai Penyadapan)

Dikenal ada dua metode yang mungkin bisa menyadap isi percakapan. Salah satunya dengan menyusupkan trojan (tactical) atau bekerja sama dengan operator (lawful intercept). Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan bahwa tata cara penyadapan harus diatur dalam UU tersendiri.(id)

sumber
benul sekali
kurang kerjaan aja
Pepo dijolimi kurang kerjaan emoticon-Ultah
KASKUS Ads
emang kerjaan lu apa pak rudiiikkk selain ungkang2 kaki aja.....


hasil jatahhh....


begokkk

emoticon-Big Grin
Cikeas seenaknya menuduh
Quote:


sejak kapan si nutrisariii dipandang berguna?,,,,,

blbikkk jamann dia aja malahh di peti es kann..


emoticon-Big Grin
Si kebo emg rajany merasa di zolimi.
Pret lah
Kenapa SBY terlihat panik sekali begitu ada isu penyadapan yang belum tentu benar. Hmm... :sudahkuduga
Panik bener pak ,,sans ajaa lah klo emang ga salah emoticon-Embarrassment


Biasa nya sih klo panik pasti ada apa2nya nih...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Males baca beritanya kepanjangan..
jiaah mantan presiden 2 periode di hina sama menteri Jokowi

menjijikan emoticon-Embarrassment
repost
Ahok sayang blunder lagi..

Sejak debat Agus suaranya turuun,Anis stabil,Ahok naik

Ahok blunder JD Anies nih bisa2 yg menang

Hok hok...
ya selesain dong....

Yang bilang disadap kan SBY sendiri.... emoticon-Matabelo
iya nnih kayak kurang kerjaan pemerintah ngurusin ngahox mulu...emoticon-Big Grin
Dari pada urusin beginian, mending bapak perbaikin Internet Indonesia dah. 😤
lebih tak ada kerjaan menghabiskan uang milyaran demi membuat website abal-abal repolusimental!!! emoticon-Marah
Banyak yang salah melihat substansi utama dalam isu ini gan. Luput melihat substansi persidangan, yaitu soal keterangan saksi emoticon-Embarrassment

Harusnya urutan melihat isu ini , memastikan dulu hal berikut secara berurutan :

1. Keterangan saksi (jujur atau tidak)
2. Informasi percakapan dari kuasa hukum (sadapan atau hal lain)
3. Cara mendapatkan informasi (legal atau ilegal)
4. Yang bercakap (dalam percakapan)

Ngeliat dari urutan ini, yang baper harusnya belakangan bapernya, setelah ada kepastian poin 1,2 dan 3 emoticon-Embarrassment


Quote:


sudah sarapan bray ...
jangan lupa minum air putih yang banyak ..
baik utk detox zat2 buruk di tubuh ..
dan baik juga utk mengurangi tersedotnya cairan otak yg bikin pusing ..