alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5893e69598e31b341d8b456b/bagaimana-biar-bisa-ikhlas-sama-keluarga
Bagaimana biar bisa ikhlas sama keluarga ?
ada yang mengalami hal serupa ya sama kaya saya ... padahal anda hidup nya tidak susah ... pendapatan anda perbulan tinggi ... tapi tanggungan anda yang membuat anda menjadi susah ... kaya saya harus menanggung 3 adik ( SD SMP SMA ) , 2 orang orang tua , satu orang nenek dan semua nya tidak ada yang kerja ... sudah 7 tahun seperti ini ... walau ada satu adik lagi yang kerja nya jadi CS di salah satu provider seluler ternyata dia masih minta saja ke saya ...

untuk makan aja sebulan 3 juta .... biaya tak terduga 3 juta ... 3 juta utk biaya pengeluaran usaha ... omset saya 10 juta ... sisa 1 juta itu juga kalau biaya pengeluaran tak terduga nya sampe 1 juta ... mau ga mau ini harus di naekin omset dengan menambah kuantitas produksi ... sedangkan menambah itu perlu modal kan ? nah saya tidak mau pinjam uang lagi ... saya mau dari hasil usaha ... sedangkan dari hasil usaha saja pas pas an ... andai mereka mengerti puasa satu tahun aja dulu atau sambil bantu saya meringankan beban saya otomatis saya ada modal dan bisa menaikkan omset saya ... pagi ini aja udah abis 100 ribu ... uang jajan anak2 total 50 ribu adik yg kerja di xl 20 ribu bokap 30 ... saya sudah malas mau marah karena urusan bisa panjang ...

kalau diam saja bersabar saya lelah
Kalau saya ngomong saya ga tega dan pasti keluarga saya nyolot

yang pasti yang tertekan juga nenek ... uang nenek juga byk habis nombokin keluarga ... saya ga habis fikir kalau usaha saya mundur keluarga saya gimana ? keluarga saya itu non produktif banget ... maka nya yang mengerti saya itu cuman nenek ... karena kami sama sama nombokin ... kalau cuman sebulan sekali bantu keluarga itu ga berat ... yang berat ini berhari hari total selama 7 tahun ( ada yang mengalami hal yg serupa bertahun2 ? ) ... terus di keluarga saya ini bokap yang rada sombong ... kalau dia ada duit dia seolah lagak dunia milik dia ... kalau dia ga berduit aku kadang kasian ...

yang aku sayang kan ... keuntungan usaha ku apa ? itu kadang mikir ... selama bertahun2 keuntungan nya cuman bikin keluarga survive hidup ... mereka ga ada satu pun yang bisa cari uang ...

bukan nya ga ikhlas ke keluarga ... kalian akan rasakan kalau bantu keluarga setiap hari dan uang kalian habis buat keluarga ... saya hanya cemas gimana saya berkeluarga nanti ? buat keluarga saya aja pas pas an ... padahal uang yang saya hasilkan besar ... usaha saya mampu hasilkan 350 an sehari ... saya pengusaha game centre ... mau ga mau ini omset harus di atas 500 kali ya ... doakan ya saya bisa sabar ... dan semoga yg mengalami hal serupa juga sabar

PELAJARAN BUAT KALIAN :

usahakan kalau sudah ada yang dewasa jangan ada yang tidak produktif di keluarga kalian karena kalau bergantung pada satu tulang punggung , tulang punggung nya akan retak ... dan ini juga saya mikir usaha lain sebagai backup apabila usaha saya mundur atau bangkrut ... jangan seperti ayah saya ... pegawai bank ... yaa hampir mayoritas pegawai maen nya di hutang ... ayah saya orang nya suka ngutang dan semasa hidup dia di lalui dengan bayar hutang2 ... sampai saya waktu sma makan nasi sama kecap aja ... 11 tahun yang lalu ... kalau anda pegawai usahakan pegawai yang produktif jangan bergantung pada gaji ... dan kalau bisa ada sampingan ... kalau anda bermain di zona aman pegawai , kalau anda di pecat atau pensiun anda akan kebingungan melanjutkan hidup ... kaya ayah saya untung ada saya ... kalau tidak ada saya gimana ? beliau itu gampang banget menggampangkan sesuatu ... sama terlalu anggap remeh ... ya jangan sampai gitu ... lebih ke sombong ... kalau anda sombong harta anda perlahan berkurang trust me it works ... hidup itu keras kita harus berusaha dan berusaha jangan malas malasan ... saya lelah mikir terus setiap hari ... beruntung kalian yang terlahir di keluarga yang nyaman ... saya harus melanjutkan hidup entah seberapa kuat saya menahan ...

jadi gimana cara nya biar ikhlas bantu keluarga di tahun ke 8 ?
coba dibicarakan dg ortu
"gimana ya enaknya, saya mau mengembangkan usaha nih, tapi mentok di modal"
kira2 spt itu lah
emoticon-Smilie
stres ya pasti?
sabar, kalo ngeluh pahala 7 tahun 'ngurus ortu dimasa tua' bisa ilang..

tapi berarti ini masalah nya ts pengen idupnya maju?
kalo ane ya, mungkin nih... bayangan ane nih kalo ada diposisi ts.
ane mau ga mau cut sedikit2 masing2 pos. jajan adek, uang makan, (ortu ane ga yakin bisa apa engga)
dipangkas 3-4 ribu/pos/hari juga berasa insyaAllah.
idup susah dulu lah, karna kan punya target.
mesti rada dipaksa. alasan ya biar punya simpanan, besok2 juga kalo ada masalah trus ekonomi jatoh, mau ga mau pasti idup susah.

makasih nasehat nya, meskipun ane ga diposisi membebani, tapi sedikit menyadarkan ttg perasaan yang bekerja buat keluarga..
alhamdulillah ane pernah susah, dikit banyak ngerti trik idup pas lagi susah emoticon-Ngakak (S)
mangats buat ts. ane jalan dulu emoticon-Traveller
Caranya ikhlas?

Gak usah cerita ke manapun tentang beban yang lo tanggung.

Kalau lo masih cerita.
Itu tandanya lo belum ikhlas.
Requote komen no.3
Cut sedikit demi sedikit. Lihat bagaimana mereka survive dengan uang yang terbatas (khususnya bokap).
Si adek yang udah kerja, jangan dikasih dulu.

* * *

Kuncinya sih, nabung nabung nabung.
Buat tabungan tsb sebagai daftar pengeluaran, dan jangan digunakan kecuali dalam keadaan yang sangat urgent, misal keluarga kecelakaan, dll.

Kalo ente masih punya uang lebih, coba buka gerai pulsa.
Adik ente suruh jualan disela kesibukan sekolahnya.
Ga perlu sewa kios, cukup hape dia aja yang digunakan.

Buat bokap agak susah nih kalo sifatnya tempramen begitu.
Kasi uang secukupnya, cukup lah buat makan 2x sehari.
Ga usah dikasi uang rokok.

Dan kalo ente masih juga berat hati...
Tinggalkan rumah, cari kontrakan atau penginapan lain.
Beri mereka uang secukupnya, misal 3 juta per bulan buat satu rumah.
Lihat bagaimana mereka membaginya dalam urutan prioritas mereka.
Quote:Original Posted By route16
coba dibicarakan dg ortu
"gimana ya enaknya, saya mau mengembangkan usaha nih, tapi mentok di modal"
kira2 spt itu lah
emoticon-Smilie


udah gan ... tapi ya mereka juga susah ... mereka tidak produktif ... gambaran nya gini

situ misal kuliah atau sekolah ... tiap hari traktir 10 teman situ selama satu bulan ... nah gitu sensasi nya ...
padahal sudah di cut tapi masih kurang ...

Quote:Original Posted By rahmah222
stres ya pasti?
sabar, kalo ngeluh pahala 7 tahun 'ngurus ortu dimasa tua' bisa ilang..

tapi berarti ini masalah nya ts pengen idupnya maju?
kalo ane ya, mungkin nih... bayangan ane nih kalo ada diposisi ts.
ane mau ga mau cut sedikit2 masing2 pos. jajan adek, uang makan, (ortu ane ga yakin bisa apa engga)
dipangkas 3-4 ribu/pos/hari juga berasa insyaAllah.
idup susah dulu lah, karna kan punya target.
mesti rada dipaksa. alasan ya biar punya simpanan, besok2 juga kalo ada masalah trus ekonomi jatoh, mau ga mau pasti idup susah.

makasih nasehat nya, meskipun ane ga diposisi membebani, tapi sedikit menyadarkan ttg perasaan yang bekerja buat keluarga..
alhamdulillah ane pernah susah, dikit banyak ngerti trik idup pas lagi susah emoticon-Ngakak (S)
mangats buat ts. ane jalan dulu emoticon-Traveller


nah kalau mengalami perasaan yang sama mungkin ngerti nih ...
stress nya ga stress lagi tapi stress banget ... tahun ke 7 ... yg bikin ane tambah stress kalau usaha ane drop ... keluarga ane makan apa ? terus ane kan kalau punya pasangan ... takut ga cukup ... sedangkan penghasilan ane besar ... namun ongkosin keluarga besar ... seharus nya penghasilan ane harus tambah besar ... target sih sejuta sehari ... udah ada jalan tapi ya modal buat usaha di pakai buat makan terus ...
apalagi kerja sekarang yg hasilin 10 juta + sebulan kerja apa ? padahal udah di cut ... makan juga ga terlalu mewah ... walau pengeluaran sedikit x 7 orang sama aja besar banget ... kalau buat ane sendiri income ane dah lebih dari cukup ... dah bisa kredit mobil dll ...tapi ya ane kalah kan semua itu demi keluarga ... hebat kalau ada yang bilang ... jalani aja sabar aja ga boleh ngeluh ... terus dia ga ngeluh ... ane sih ga masalah nyariin keluarga tapi yang jadi masalah ini bokap ... anggap ane berduit ... ane takut bokap angkat muka ... sombong ... sekarnag dah malas bermasalah ma beliau ... kalau ane dah marah bisa panjang ... tapi tetap income ane usahakan up ... sebenar nya ane tau jawaban masalah ane tapi ya cuman sekedar mengutarakan isi hati aja ... sapa tau ada yang memiliki perasaan yang sama


Quote:Original Posted By vaaviivoo
Caranya ikhlas?

Gak usah cerita ke manapun tentang beban yang lo tanggung.

Kalau lo masih cerita.
Itu tandanya lo belum ikhlas.


gue cerita gini sapa tau ada yang mengalami perasaan yang sama ... aneh aja lu ini group curhat sah sah aja ... lagian gue ga pake muka dan identitas ... jadi menurut gue gapapa ... btw lu pernah jalanin kek gue gak ?

Pukpuk TS. emoticon-Peluk

Kalau mau cara kejam, kamu keluar dari rumah. Prinsip anjing gila, manusia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat keadaan terdesak. Selepas kamu keluar dari rumah, mereka pasti muter otak untuk menuhin kebutuhan mereka sendiri. Jadi nggak ada lagi yang duduk di zona nyaman.
itu 10 juta keuntungan bersih apa omzet?
Quote:Original Posted By artwing
Requote komen no.3
Cut sedikit demi sedikit. Lihat bagaimana mereka survive dengan uang yang terbatas (khususnya bokap).
Si adek yang udah kerja, jangan dikasih dulu.

* * *

Kuncinya sih, nabung nabung nabung.
Buat tabungan tsb sebagai daftar pengeluaran, dan jangan digunakan kecuali dalam keadaan yang sangat urgent, misal keluarga kecelakaan, dll.

Kalo ente masih punya uang lebih, coba buka gerai pulsa.
Adik ente suruh jualan disela kesibukan sekolahnya.
Ga perlu sewa kios, cukup hape dia aja yang digunakan.

Buat bokap agak susah nih kalo sifatnya tempramen begitu.
Kasi uang secukupnya, cukup lah buat makan 2x sehari.
Ga usah dikasi uang rokok.

Dan kalo ente masih juga berat hati...
Tinggalkan rumah, cari kontrakan atau penginapan lain.
Beri mereka uang secukupnya, misal 3 juta per bulan buat satu rumah.
Lihat bagaimana mereka membaginya dalam urutan prioritas mereka.


hehehe sulit nabung ... kenapa ? yg jadi masalah itu kebutuhan tak terduga ... buku sekolah baju sepatu bensin , bokap kan RT , terus nombokin dana masyarakat , beli alat tulis , terus bokap sakit beli obat ... ga ketinggalan rokok ... dan adik ane yang baru bekerja juga masih minta ma ane ... gaji pertama nya abis buat beli sepatu 3 adik ... sedangkan makan keluarga aja sebulan nya 3 juta ... masalah nya ini bokap ane ada 3 anak lagi yang kecil2 adik ane SD SMP SMA ... kalau buat ane sendiri lebih dari cukup gan ... anggap 10 juta itu kotor ane ... bersih ane sekitar 8 jutaan ... 8 juta kalau buat 7 orang tentu nya itu kecil gan ... buat sendiri itu lebih dari cukup gan ... mau ga mau ane rata2 omset sehari 350 ribuan ... ane mau up ke 500 + biar cukup kalau ga ane hidup utk menghidupi keluarga aja gan ...

yang jadi maslah itu DANA TAK TERDUGA buat 7 ORANG gan .... kalau DANA TAK TERDUGA buat 1 orang alias pribadi bisa kita management ... maka nya semoga aja adik adik ane sukses juga ... dari kecil adik2 ane ... ane yang didik ... karena didikan bokap didikan yang salah memanja dll ... adik2 ane ane ajarkan kerja keras gan ... dan ane ajarkan betapa sulit nya hidup ...


ilustrasi nya

beli nasi padang satu bungkus di bagi 7 orang ...

sebenar nya kalau diam aja ga ngeluh = PASTI NGELUH GAN ... karena lelah yang berulang jenuh

sebenar nya kalau ngomong = NTAR GA IKHLAS GAN ... karena yg kita bantu keluarga

maka nya rata rata orang orang yang hidup nyaman di keluarga nya produktif ... liat aja orang orang yang hidup susah rata rata keluarga nya tidak produktif kek ane ... syukur2 omset ane besar kalau omset ane kecil mgkn ane tambah stress gan ... ini juga stress takut omset drop ntar makanin keluarga apa ... ini ane single tapi tanggung jawab nya udah kaya punya anak byk banget gan ...

Quote:Original Posted By hanalove


udah gan ... tapi ya mereka juga susah ... mereka tidak produktif ... gambaran nya gini

situ misal kuliah atau sekolah ... tiap hari traktir 10 teman situ selama satu bulan ... nah gitu sensasi nya ...
padahal sudah di cut tapi masih kurang ...


bkn masalah tdk produktifnya mereka, tapi biar bokap lo tau keinginan lo ngembangin usaha.
biar bokap lo tau rincian pengeluaran lo perbulan.
biar bokap lo tau, lo pengen punya sisa lebih.
biar bokap lo tau, lo juga pengen membina rumah tangga.
intinya biar bokap lo bisa bantu mikir.

jgn2 lo bakal beralasan selain ga produktif, juga ga bisa mikir..?
Quote:Original Posted By route16


bkn masalah tdk produktifnya mereka, tapi biar bokap lo tau keinginan lo ngembangin usaha.
biar bokap lo tau rincian pengeluaran lo perbulan.
biar bokap lo tau, lo pengen punya sisa lebih.
biar bokap lo tau, lo juga pengen membina rumah tangga.
intinya biar bokap lo bisa bantu mikir.

jgn2 lo bakal beralasan selain ga produktif, juga ga bisa mikir..?


udah tau koq ... tapi ini kondisi ... pelajaran buat lu pada ... kalau udah kerja jadi PEGAWAI ... dan maen di ZONA AMAN ... kran air lu jangan di satu sisi ... kalau kran air lu MATI ... ntar lu kesulitan kek gue ... yg parah nya sampai om gue minta2 duit juga ke gue ... asli ... tulang punggung gue bener2 remuk

jadi adeknya 5 apa 4?
jadi penghasilannya 10jt apa 8-9 juta?
jadi ini tahun ke-8 apa tahun ke-7?
jadi usahanya apa?
jadi dapet nope spg gak?
jadi....
jadi...
jadi...


emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By astrophel
Pukpuk TS. emoticon-Peluk

Kalau mau cara kejam, kamu keluar dari rumah. Prinsip anjing gila, manusia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat keadaan terdesak. Selepas kamu keluar dari rumah, mereka pasti muter otak untuk menuhin kebutuhan mereka sendiri. Jadi nggak ada lagi yang duduk di zona nyaman.


beda rumah ... mereka ga produktif gan ... duit ya minta disini ... ane bikin rumah di samping tempat usaha

Quote:Original Posted By akubukanjoni
itu 10 juta keuntungan bersih apa omzet?


bersih nya sekitar 8 jutaan ... ga cukup ...

Quote:Original Posted By binuncarinama
jadi adeknya 5 apa 4?
jadi penghasilannya 10jt apa 8-9 juta?
jadi ini tahun ke-8 apa tahun ke-7?
jadi usahanya apa?
jadi dapet nope spg gak?
jadi....
jadi...
jadi...


emoticon-Ngacir


4 ... 3 SD SMP SMA ... satu nya dah kerja di xl
penghasilan gue 8 jutaan ...
tahun ke 7 yang gue tanyain gimana tahun ke 8
tau game centre ?
apa hubungan nya sama spg ?
jadi lu aneh

Quote:Original Posted By astrophel
Pukpuk TS. emoticon-Peluk

Kalau mau cara kejam, kamu keluar dari rumah. Prinsip anjing gila, manusia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat keadaan terdesak. Selepas kamu keluar dari rumah, mereka pasti muter otak untuk menuhin kebutuhan mereka sendiri. Jadi nggak ada lagi yang duduk di zona nyaman.


DARI BEBERAPA KOMEN ... INI YG BIKIN TENANG ... MAKASIH YA ASTRO ... GUE SEBENAR NYA BUTUH DI MENGERTI ... YA KALAU MENGALAMI HAL SERUPA PASTI BISA MERASAKAN HAL YANG SAMA
Quote:Original Posted By hanalove


beda rumah ... mereka ga produktif gan ... duit ya minta disini ... ane bikin rumah di samping tempat usaha



bersih nya sekitar 8 jutaan ... ga cukup ...



4 ... 3 SD SMP SMA ... satu nya dah kerja di xl
penghasilan gue 8 jutaan ...
tahun ke 7 yang gue tanyain gimana tahun ke 8
tau game centre ?
apa hubungan nya sama spg ?
jadi lu aneh



baca ini lagi aja emoticon-Recommended Seller
https://m.kaskus.co.id/thread/5721b9...a-yang-senasib
Quote:Original Posted By binuncarinama


baca ini lagi aja emoticon-Recommended Seller
https://m.kaskus.co.id/thread/5721b9...a-yang-senasib


emang trit gue itu sebelum nya ada masalah ?
Quote:Original Posted By hanalove


udah tau koq ... tapi ini kondisi ... pelajaran buat lu pada ... kalau udah kerja jadi PEGAWAI ... dan maen di ZONA AMAN ... kran air lu jangan di satu sisi ... kalau kran air lu MATI ... ntar lu kesulitan kek gue ... yg parah nya sampai om gue minta2 duit juga ke gue ... asli ... tulang punggung gue bener2 remuk



baiklah..oke kk..sip tengkyu..
smoga rejekinya lancar dan bertambah
smoga semakin sukses
smoga ga mentok di angka 10 JUTA

setdah ngiler gw
Quote:Original Posted By hanalove


emang trit gue itu sebelum nya ada masalah ?


siapa yg bilang ada masalah?
tritmu yg gue kasih link-nya ma yg ini, sebelas dua belas.


tapi ywdc.. toh maunya dikasih perhatian ma kaskuser kan?

pukpukpuk emoticon-Peluk
Quote:Original Posted By hanalove


hehehe sulit nabung ... kenapa ? yg jadi masalah itu kebutuhan tak terduga ... buku sekolah baju sepatu bensin , bokap kan RT , terus nombokin dana masyarakat , beli alat tulis , terus bokap sakit beli obat ... ga ketinggalan rokok ... dan adik ane yang baru bekerja juga masih minta ma ane ... gaji pertama nya abis buat beli sepatu 3 adik ... sedangkan makan keluarga aja sebulan nya 3 juta ... masalah nya ini bokap ane ada 3 anak lagi yang kecil2 adik ane SD SMP SMA ... kalau buat ane sendiri lebih dari cukup gan ... anggap 10 juta itu kotor ane ... bersih ane sekitar 8 jutaan ... 8 juta kalau buat 7 orang tentu nya itu kecil gan ... buat sendiri itu lebih dari cukup gan ... mau ga mau ane rata2 omset sehari 350 ribuan ... ane mau up ke 500 + biar cukup kalau ga ane hidup utk menghidupi keluarga aja gan ...

yang jadi maslah itu DANA TAK TERDUGA buat 7 ORANG gan .... kalau DANA TAK TERDUGA buat 1 orang alias pribadi bisa kita management ... maka nya semoga aja adik adik ane sukses juga ... dari kecil adik2 ane ... ane yang didik ... karena didikan bokap didikan yang salah memanja dll ... adik2 ane ane ajarkan kerja keras gan ... dan ane ajarkan betapa sulit nya hidup ...


ilustrasi nya

beli nasi padang satu bungkus di bagi 7 orang ...

sebenar nya kalau diam aja ga ngeluh = PASTI NGELUH GAN ... karena lelah yang berulang jenuh

sebenar nya kalau ngomong = NTAR GA IKHLAS GAN ... karena yg kita bantu keluarga

maka nya rata rata orang orang yang hidup nyaman di keluarga nya produktif ... liat aja orang orang yang hidup susah rata rata keluarga nya tidak produktif kek ane ... syukur2 omset ane besar kalau omset ane kecil mgkn ane tambah stress gan ... ini juga stress takut omset drop ntar makanin keluarga apa ... ini ane single tapi tanggung jawab nya udah kaya punya anak byk banget gan ...



Masa iya per bulan selalu ada kebutuhan tak terduga?
Bensin sih konsumsi, itu udah masuk anggaran pengeluaran bulanan.
Baju, sepatu? Per bulan beli? Enggak kan.
Flat 8 juta bersih? Ga ada fluktuatif gitu, misal tiba2 banyak yang maen jadi bisa 9 juta per bulan, atau lagi musim ujian jadi turun 5 juta per bulan?
Banyak hal rancu dalam tulisan ente.
Dan kesimpulannya, ente bukannya ga ikhlas, ente cuma ga bisa mengatur keuangan.

Ente nabung? Bisa, sangat bisa.
Cara termudah, kalo ente ngakunya bersih 8 juta per bulan, ente bisa bohong kalo usaha lagi sepi dan cuma pegang 6 juta per bulan. Bam, 2 juta masuk tabungan.
Atau kalo dapet lebih dari 8 juta, selisihnya sisihkan ke tabungan. Bam, mereka ga akan tahu kalo ente dapat pemasukan tambahan.
Selisih uang bisa ente jadikan reksadana, obligasi, emas, dll.
Jadi ente melihat uang lebih bukan sebagai rupiah, tapi sebagai investasi.

Sudah mikir sampai situ?
Quote:Original Posted By hanalove


emang trit gue itu sebelum nya ada masalah ?


katanya kalo ga ikhlas mending ga usah ngasih. biar aja mereka pada mati kelaparan emoticon-Jempol
×