alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5893be2c902cfeb52d8b4572/bisnis-pun-butuh-cek-kesehatan-1
Bisnis pun Butuh Cek Kesehatan (1)
Bisnis pun Butuh Cek Kesehatan (1)

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi manusia. Sebab, dalam kondisi sehat, orang bisa bekerja lebih optimal dan produktif. Begitu pula bisnis. Bila bisnis dalam keadaan sehat, ia akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Bisnis yang sehat memiliki kecenderungan untuk mampu bertahan terhadap persaingan pasar yang makin ketat. Untuk mengetahui apakah sebuah bisnis bisa dikatakan sehat, ada beberapa indikator yang perlu dinilai.

Indikator pertama adalah sumber daya manusia (SDM) perusahaan itu sendiri. Kemudian, tingkat kepedulian bisnis terhadap lingkungan. Terakhir, tentu saja mengenai keuntungan yang dapat dihasilkan bisnis itu sendiri.

Untuk kualitas SDM, budaya kerja di sebuah perusahaan memegang peranan yang penting. Lingkungan kerja yang sehat akan secara otomatis meningkatkan motivasi karyawan-karyawan yang ada di dalamnya.

Menurut penulis buku Gladiator's Guide to Corporate Health and Wealth Roger Sahoury, program kesehatan dan kesejahteraan kerja yang baik sangat ampuh meningkatkan kinerja para karyawan.

Sahoury mengungkap, sebanyak 55% karyawan ternyata menggunakan program tersebut sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi secara keseluruhan. Hal semacam ini biasa dikenal sebagai overall well-being.

“Nyatanya, hal tersebut bisa menghemat dana kesehatan (perusahaan) hingga US$250 juta dan mengurangi gangguan tekanan darah tinggi para karyawan hingga 50%,” ungkap Sahoury seperti dilaporkan Forbes.

Lebih lanjut, Sahoury mengatakan, evaluasi pada kesehatan dan kesejahteraan sebuah organisasi juga memegang peran penting. Sebaiknya, perusahaan melakukan evaluasi dengan pendekatan holistik atau menyeluruh.

Demikian, perusahaan bisa menekan masalah-masalah teknis dan struktural. Di sisi lain, budaya kerja yang baik juga mampu meningkatkan keuntungan perusahaan secara berkelanjutan.

“Saat tim (karyawan) mengerti bahwa perusahaan sangat peduli pada tiap karyawan, mereka akan bekerja lebih keras, lebih berdedikasi, dan mampu bekerja sama sebagai sebuah unit dengan lebih baik,” papar Sahoury.

Berlanjut ke bagian kedua.

Sumber : http://smart-money.co/bisnis/bisnis-...ek-kesehatan-1