alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Iklan Rokok Harus Dilarang Total !! Setujuhkah Anda ????? Yukk.... komen gan.. :D
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58937b81507410b8308b4567/iklan-rokok-harus-dilarang-total--setujuhkah-anda--yukk-komen-gan-d

Iklan Rokok Harus Dilarang Total !! Setujuhkah Anda ????? Yukk.... komen gan.. :D

Jakarta (Antara) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Anak meminta pemerintah membuat regulasi untuk melarang total iklan rokok agar melindungi anak muda menjadi perokok.

Ketua Lentera Anak Lisda Sundari melalui siaran pers yang diterima Atara di Jakarta, Kamis mengatakan, lewat iklan, promosi dan sponsor, perusahaan rokok membidik anak muda sebagai target pasar utama mereka untuk mendapatkan perokok pengganti yang akan menjamin keberlangsungan bisnisnya.

"Itu sebabnya iklan rokok selalu ditempatkan di semua tempat dimana anak muda berkegiatan dan berkumpul, seperti di sekitar sekolah, kampus, kafe, taman kota, tempat olahraga, tempat wisata, dan di jalan-jalan utama di pusat kota," kata Lisda,

Karena itu, untuk melindungi generasi muda Indonesia dari target pemasaran industri rokok, Lentera Anak mendesak pemerintah segera melarang iklan, promosi dan sponsor rokok secara menyeluruh melalui regulasi yang kuat.

"Pemerintah daerah yang sudah melarang iklan, promosi dan sponsor rokok, agar lebih mengawasi industri rokok yang kerap mengakali peraturan," kata dia.

Untuk membuktikan fenomena tersebut secara empiris, Lentera Anak bersama Ruandu Foundation merilis buku bertajuk Ketika Invasi Iklan Rokok tak Terbendung Lagi, Catatan dan Keresahan Pembaharu Muda¿, yang merupakan hasil pantauan Pembaharu Muda di 15 kota di Indonesia.

Menurut Lisda hasil pantauan Pembaharu Muda ini sangat mengkhawatirkan karena industri rokok semakin masif dan brutal.

"Di beberapa kota ditemukan iklan rokok yang menyiasati dan tidak mematuhi peraturan. Iklan rokok hampir tanpa pengawasan," ucap Lisda.

Pada acara peluncuran dan diskusi yang digelar di Kota Padang itu hadir empat orang Pembaharu Muda (PM) dari Sumatera Barat yang menjadi anggota tim pemantau iklan rokok, yakni Febrian dan Gesyica (Padang), Yori Marlika (Mentawai), dan Renaldo Pratama (Sawahlunto).

Menurut Febrian, dari hasil pemantauan iklan, promosi, dan sponsor rokok yang dilakukan Pembaharu Muda di 15 kota, terbukti industri rokok bebas dan leluasa beriklan dengan masif di semua ruang publik.

Berdasarkan data, lima merek rokok yang paling sering beriklan memenuhi ruang publik, yakni Djarum MLD, Maxus, LA Bold, A-Mild dan Lucky Strike.

Selain beriklan secara masif, hasil pemantauan juga menemukan di beberapa kota industri rokok cenderung licik menyiasati peraturan seperti Kota Bogor dan Jakarta

"Di kedua kota yang sudah memiliki peraturan pelarangan iklan rokok ini, industri rokok masih mencari celah memasang iklan rokok, yakni di depan warung-warung penjualan rokok dan toko sembako. Ini menunjukkan industri rokok tidak serius mematuhi peraturan atau dengan sengaja memanfaatkan lemahnya pengawasan yang ada," kata Febrian.

Sedangkan di kota Jember, Makassar dan Samarinda, ditemukan industri rokok yang berusaha mengakali peraturan PP 109 tahun 2012 terkait kegiatan sponsorship.

Dalam pasal 36 (a) PP 109 tahun 2012 diatur bahwa sponsor rokok dilarang menggunakan nama merek dagang dan logo produk tembakau termasuk brand image produk tembakau.

Tapi industri rokok menyiasati aturan ini dengan cara menonjolkan huruf tertentu dari merek rokok dalam pencantuman nama event.

Rokok merek LA misalnya, menonjolkan huruf LA pada nama event "All About". Ada pula yang menggunakan font dan warna yang sama dengan merek rokok. Seperti Surya Pro dengan event musik Pro Jam yang menonjolkan hurup O dengan warna merah khas Surya Pro. Atau rokok GG Mild dengan event musik Urban GiGs yang menonjolkan huruf GG dengan warna dan font yang sama dengan merk GG Mild," kata dia.

Temuan tentang siasat licik industri rokok dalam mengakali peraturan ini juga sejalan dengan pantauan Badan POM terhadap iklan rokok.

Berdasarkan data Direktorat Pengawasan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Badan POM, pada 2014 tercatat 51.245 iklan di media luar ruang, media cetak dan elektronik yang diawasi, dan dari jumlah tersebut sebanyak 61,16 persen iklan rokok tidak memenuhi ketentuan PP No. 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan.

Hasil pemantauan yang dilakukan Pembaharu Muda juga menemukan industri rokok bermain di wilayah yang menyentuh sisi psikologis konsumen, agar konsumen langsung berasosiasi dengan subyek dan slogan iklan rokok.

Sehingga, slogan iklan rokok diasosiasikan dengan sikap kritis, memberontak, anti arus utama, gaul, suka hal-hal baru, petualangan, sesuai suasana psikologis anak muda.

Beberapa merek rokok mengusung anak muda inspiratif yang sukses di bidang industri kreatif dan musik untuk mengesahkan rokok kepada anak muda yang menjadi pengikutnya.

Seperti rokok A Mild mengusung figur Arian Arifin vokalis kelompok musik Seringai dan ilustrator muda, Iga Massardi pemusik muda, dan Dendy Darman pelopor industri distro. ***4***

Antarabengkulu
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Memangnya kita wajib merokok? Ingat sobat, merokok apa enggak nya balik ke kita masing-masing. Rugi tanggung sendiri.




Yang paling anjing itu ya, sakit gara gara rokok, tapi pake BPJS atau SKTM berobatnya emoticon-fuck
emoticon-Leh Ugaga masalah asal harganya ga dinaikan
Huahhaaaaa.............. sip gan


Jangan mimpi lawan industri roko tanah air

Klo mau ekstrim

Tutup pabrik rokok siapin tempat rehabilitasi kecanduan roko utk puluhan juta rakyat

Dan siapin lapangan kerja baru utk pabrik roko

Meski gk ada iklan roko mudah ditemukan dimana"
namanya juga industri bree.....
ngomong2 seringai yang metal hardcore, ente jangan salah musisi hardcore yang straight edge itu anti rokok dan ga mau disponsorin rokok..
masalahnya kultur industri disini susah cari sponsor non rokok...berbeda dengan diluar produk sepatu kayak vans mau dijadiin sponsor buat acara musik rock (warped tour)
namanya juga rokok om emoticon-Big Grin
Ribet amat, pabriknya aja yg langsung di tutup... hal mudah di buat sulit... hadeuuhhh
ga nyimak liga inggris nanti :'(
Tutup pabriknya donk, nanggung banget cuma iklan
ogut gelar bangku dimari ya tsemoticon-Matabelo
yang bikin anak muda ngerokok itu bukan dari iklan tapi dari lingkungannya

efek dominonya terlalu banyak kalo industri rokok diganggu bakal banyak ngegenerate nasbung baru nanti kalo industri rokok dimatiiin (yang enggak bakal mati)

PS:gua enggak ngerokok emoticon-Big Grin
percuma di larang gak bakalan ngaruhemoticon-Sorry
penyebarannya dari lingkungan & pergaulanemoticon-Ultah
contoh nyata narkoba dan sejenisnya apa pernah iklan terbuka kayak rokok?emoticon-Wakaka
dan sekali mencoba jadi candu ini yg bikin repotemoticon-Leh Uga
ketinggalan
untuk megurangi perokok anak cara paling ampuh ya menaikan tarif rokok emoticon-Sorry

masalah menonjolkan merk mah emang lagi iklan merk, bukan rokok itu cuman promosi biar pasarnya gak di serobot ma merk sebelahemoticon-Wakaka


Gak setuju bro entar jadi sepi iklan dong...

Soalnya ane kalo denger jingle iklan rokok seperti terbawa suasana gitu.. pikiran seperti menembus ruang dan waktu gitu bro.

terutama iklan yg ini...



emoticon-Frown

Meskipun ane bukan perokok ya,

emoticon-Frown
Diubah oleh Ramma64
buat apa nutup iklan rokok? di kampung2, rokok yg gak pernah ngiklan juga laku kok...

kalo berani, pertama2 stop rokok import dan tutup pabrik rokok kepunyaan orang asing,
Iklan roko atau apapun yg ada unsur cewek seksinya sebaiknya dilenyapkan
setuju dah kalo pelarangan iklan rokok di tempat umum....

tapi menurut ane, pelarangan iklan rokok ga akan menurunkan perokok, namun hanya menghambat produsen baru rokok......
Anak2 ingin merokok itu karena liat orang2 disekitarnya merokok.


Bayangkan jika anak2 itu melihat orang2 di sekitar mereka membaca buku.


Maju negara kita.
Klo berani yang fair dunk...
Sama2 di klaim haram kenapa miras g ada gambar2 menjijikkan dan ditulisin "alkohol membunuhmu"

Yang kasih duit besar iklan rokoknya gans, kalau dihilangin TV bakal mati TV mati bakalan sepi hihihi. Sepertinya kalau masalah duit apa aja jadi gans, yang gak halal aja dilakuin apalagi sekedar iklan rokok. Btw ane gak ngerokok gans, masih enakan nasi uduk
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di