alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Jam /
Mau tanya seputaran seiko 5
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58936bbb1cbfaad7388b4567/mau-tanya-seputaran-seiko-5

Mau tanya seputaran seiko 5

Salam
Gini gan ane baru aja dapet seiko 5 yg 7009,cuma mau nanya aja seri ini mesinnya bandel ga?trs biasanya yg paling gampang dan paling sering rusak apanya?maklumlah baru belajar pake automatic.terima kasih
Urutan Terlama
Movement-nya bandel kok, asal asli. Seri 7009 banyak kw-nya juga.

Paling sering permasalahan yg ditemui di per rambutnya yg mudah deformasi akibat pemakaian yg kurang telaten (sering kepentok, terjatuh, atau disimpan di dekat speaker). Itu pun gak sering.

Selain itu, jarang ada kasus.
Beberapa bulan yang lalu, saya membeli sebuh jam tangan Seiko seri SNZG15K1 (automatic) di daerah Blok M, awal pemakaian dirasa normal . . . Tapi setelah beberapa kali ini commuter menggunakan KRL dengan waktu tempuh hampir dua jam, setiap sehabis turun KRL, diperhatikan waktu pada jam tangan selalu bertambah beberapa menit. Hingga kini sudah selisih hampir 9 menit dari waktu seharusnya. Setiap naik KRL ada penambahan sekitar 1,5 menit.
Apa mungkin penyebabnya karena medan magnet? Adakah pengguna Seiko automatic yang mengalami hal serupa? Antisipasinya bagaimana?
nunggu masternya aja dah
Quote:


diregulasi aja dulu bro, rasanya mustahil magnet pada krl bisa sampai berefek ke jam.
kecuali dalam krl terjadi benturan2 yg bikin per rambutnya deformasi.
Quote:


Kenyataannya, setiap habis naik KRL waktunya bertambah . . . Tapi sekarang udah normal, setelah dibawa ke service center. Sayangnya, yang buka back cover-nya ceroboh, ada goresan emoticon-Meweks:
Suhu mw tnya sya punya ajam seiko 5 21 jewel itu Klo gak di pake plig cm bertahan 5-7 jam apa kahan normal?? Gmn ya biar bs awet 12an suhu?? Apakah harus di servis?
Quote:

Seiko 5 yg 21 jewel yg mesin 7s26 itu kan msh blm bisa manual winding, jd daya tahan pas ga dipakenya bnr2 trgantung gerakan tangan. Klo tangan ga trlalu aktif ya bisa aja cuma tahan 5-7jam..
Mungkin perlu dicoba agan senam 8jam shari nonstop gan biar jam nya klo udh ga dipake bisa tahan agak lamaan, hehe
Quote:

kalo mo dilepas dikocok dulu, dan dikocok lagi pas mau dipakai. bagusnya dikocok agak lama, sekitar 1~2 menit sebelum ditinggal.
Quote:

Hehe Mksh om infonya
Quote:
iy om mksh infonya, jd emg kisarn 4-5 jam y kalo gak di pake. Soalnya ada jam kk bisa tahan 12 jam lebih ketika gak di pake, kiraain jam sy yg rusak krna cm ba brthan 4-5 jam
Quote:
seiko 5 7s26 bearti emg gak bs tahan lama y om? Plig cm 4-5 y kalo gak di pake? Maklum om newbi soal jam mekanik

Quote:


info sesat dari mana? kalau power reserve terisi penuh, bisa ±3hari.
Quote:

Oww kalo power reservenya terisi penih bs 2-3 hr y om, bearti asa yg salah sm jam sy, mgkin nanti cb bwa ke service jam dulu y. Btw om biar tw power reserve nya terisi penuh gmn y??
Mau tanya seputaran seiko 5
Quote:


Mau tanya seputaran seiko 5
Mau tanya seputaran seiko 5
Quote:


yg aku tandai kuning pada gambar di bawah, coba lihat tuasnya bergerak gak kalau bandulnya diputar 2~4 putaran? kalau gak, berarti mekanisme pengisiannya bermasalah.

supaya terisi banyak (gak mesti sampai penuh), baut yg aku tandai merah diputar searah jarum jam 3~5 kali aja. itu bisa mengisi power reserve cukup untuk semalaman. jangan sampai terlalu penuh. khawatir kait penahan per power reserve malah patah.

do it at your own risk.
Quote:
ok mksh om infonya

Dari balasan pos yang saya baca sebelumnya ada beberapa info yang kurang tepat.

Seiko 5 (model dalam gambar) menggunakan movement kaliber 7S26, automatic winding, no hacking dan manual winding, Power Reservenya (PR) 40 jam (jadi bukan 2-3 hari. 40 jam itu gak sampe 2 hari, tapi nyaris). Cara pengisian PR 7S26 adalah pegang bodi jam dengan kokoh, bukan braceletnya, lalu mulai diayun perlahan ke kanan - kiri (sesuai dengan petunjuk yang ada di buku manual seiko). Ayunkan dengan kecepatan 1 ayunan penuh per detik, sudut ayunan 45 derajat, siku agan sebagai poros yang dan pergelangan tangan diam, tak bergerak. Jadi yang melakukan ayunan adalah siku agan.
Ayunkan selama kira-kira 6-7 menit, seharusnya sudah dapat full 40 jam PR.

Jika agan tidak mau mengayun selama itu bisa diayun dengan cara yang sama diatas selama minimal 30 detik, kemudian pakai dan biarkan pergerakan pergelangan agan yang meneruskan mengisi PRnya. Dengan catatan jam dipakai selama 8 jam dan agan juga punya aktifitas yang banyak menggerakkan tangan, sehingga bisa sering menggerakkan rotor untuk mengisi PR. Ini keunggulan jam mekanis otomatis.

Dan tidak usah kuatir jika agan mengisi PRnya "terlalu penuh" sehingga akan merusak "mekanisme" dalam movement. Pada jam automatic telah dilengkapi dengan fitur untuk mencegah hal tersebut.

Saya pribadi malah mengayun selama +/- 9 menit untuk mengisi PR saat jam seiko 5 saya sempat mati. Saya kuatir PR nya tidak full, jadi sengaja saya lebihkan waktunya pengisiannya. Ini pribadi saya sendiri dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan atau keefisienan seiko 5 dalam mengisi PR. Dan jam saya sama sekali tidak bermasalah sampai hari ini.
Diubah oleh lorenzov157
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
siang suhu, mau nanya, sorry kalo oot. tau nya seiko 5 asli atau kw dari mana ya?
Langsung ke AD resmi Seiko saja gan. Kalau mau beli online, cek layanan CSnya gimana. Apakah responnya cepat? ramah? dan informatif. Hal ini saya lakukan sblm membeli seiko 5 saya di slh satu website dan terbukti barangya ori 100%. Saya bahkan membawanya ke AD seiko di kota saya untuk lebih memastikan keaslian produk yg saya beli.
Jika di kota agan tidak ada AD resmi Seiko, pertama bisa dicoba dengan melihat jenis huruf SEIKO yang digunakan pada dialnya. Mohon maaf saya tidak bisa/tidak tahu caranya untuk upload foto dsni. Tapi agan bisa googling tuk mengetahuinya. Semua Seiko asli selalu menggunakan jenis huruf yang sama, jika ada yg berbeda hampir bisa dipastikan itu barang palsu.

Kedua perhatikan tulisan merek 'seiko' casebacknya. Barang yang asli juga menggunakan jenis huruf yang sama dgn yg di dialnya.

Ketiga, hampir semua seiko 5 menggunakan see through case back yg mana agan bisa melihat movement jamnya. Tulisan seiko tertulis di kaca case backnya dengan tinta hitan dan rapi. Juga ada tertulis kaliber movementnya. Di Seiko 5 saya yang seri SNK789K1 menggunakan kaliber 7S26.

Keempat, di rotor (bandul berbentuk seperti bulan sabit) juga diukir merek 'seiko' dgn jenis huruf yang sama dan juga terukir kaliber movementnya. Di jam saya kalibernya tertulis 7S26C di rotornya. Sekedar info Seiko memproduksi kaliber 7S26, kemudian diupgrade menjadi 7S26B dan yg terbaru 7S26C.

Rata2 Seiko 5 keluaran terbaru (saya tidak tahu mulai dr tahun berapa) sudah menggunakan kaliber 4R36A (tipe yang ada display day & date). Saran saya coba googling dulu untuk mengetahui Kaliber apa yg digunakan pada seiko 5 incaran agan.

Kemudian dari braceletnya, biasanya seiko 5 yg berharga dibawah 2jt masih menggunakan besi lipat (fold steel) dan yg diatas 2jt sudah menggunakan besi padat. Seiko melakukan hal ini untuk menghemat ongkos produksi yg berimbas pada harga jual yg bisa ditekan serendah mungkin (menguntungkan untuk konsumen 😊). Dan di claspnya juga ada terukir merek seiko (dgm jenis huruf yg sama dgn dial dan case back) dan ukiran angka 5 dalam kotak segi lima (mohin googling untuk melihat contohnya).

Demikian dari saya, semoga bermanfaat untuk agan. Mungkin ada dari sesepuh kaskus yg lebih tahu dari saya bisa menambahkan.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di