alexa-tracking

Mendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner Imlek

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5883677ade2cf2c84a8b4569/mendapat-protes-festival-daging-babi-di-semarang-diganti-jadi-festival-kuliner-imlek
Mendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner Imlek
Mendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner Imlek


TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Festival makanan berbahan daging babi bertajuk "Pork Festival 2017" akhirnya dibatalkan menyusul protes dari Forum Umat Islam Semarang (FUIS).
Ketua penyelenggara Firdaus Adinegoro mengatakan, keputusan pembatalan itu diambil dalam pertemuan pihaknya dengan perwakilan FUIS yang dimediasi kepolisian di Mapolrestabes Semarang, Jumat (20/1/2017).
"Inti dari pertemuan itu bahwa festival daging babi dibatalkan," kata Firdaus.
Meski dibatalkan, penyelenggara yang merupakan komunitas kuliner Semarang akan tetap menggelar acara dalam memeriahkan Imlek.
Namun, nama acara diubah menjadi "Festival Kuliner Imlek 2017" kendati bahan makanan tetap sama, yaitu daging babi.
"Kami dan FUIS tadi juga menyepakati kalau nama acaranya diubah menjadi Festival Kuliner Imlek 2017, bukan Pork Festival 2017," jelasnya.
Perubahan nama acara dengan substansi yang sama, yaitu semua menu makanan berbahan daging babi, justru membuat Firdaus khawatir.
Pasalnya, dengan tajuk festival kuliner maka setiap warga bisa datang ke acara tersebut.
Menurutnya, perubahan nama juga bertentangan dengan peraturan jaminan produk halal.
Dalam aturan itu tercantum bahwa harus dijelaskan atau disebutkan kandungan dan bahan produk makanan.
"Sebenarnya kami menyayangkan sikap mereka (FUIS). Kami sebenarnya berusaha menerapkan aturan itu dengan menyebut secara jelas bahan makanan yang digunakan. Jika berubah begini, justru menjadi abu-abu. Nanti misal ada umat muslim datang, baru tahu kalau itu daging babi sehingga merasa dijebak," papar dia.
Karena itu, dia mengimbau umat muslim tak hadir dalam Festival Kuliner Imlek 2017 yang akan digelar di area parkir Mal Sriratu Semarang pada 23-29 Januari 2017.
Festival Kuliner Imlek 2017 yang berlangsung tujuh hari itu akan diikuti 20 stan kuliner.
Penyelenggara menargetkan acara ini dihadiri 3.000 pengunjung per hari.
"Jadi setidaknya nanti ada 21.000 pengunjung selama festival berlangsung," tutur Firdaus.
Agar tak dianggap menyesatkan, Firdaus akan menempatkan panitia yang berasal dari komunitas Kuliner Semarang sebagai pemandu.
Jadi sebelum pengunjung menikmati beraneka ragam masakan, akan diberitahu bahan makanan itu adalah daging babi.

Sumur: http://jateng.tribunnews.com/2017/01...r-imlek?page=2

Dulu di Solo para pedagang sate jamu katanya ambigu diprotes harus ganti nama jadi sate guk-guk supaya lebih jelas dan spesifik, lah ini udah jelas2 ditulis pork malah diubah ambigu jadi kuliner imlek....gagal paham ane ama kaum intoleran...emoticon-Bingung (S)
dimana mana bikin kacau emoticon-Gila semakin dibiarin malah semakin gila. hopeless gw sama pemerintahan jaman sekarang. kalo aparat bisa kalah sama ormas intoleran brarti gak ada gunanya emang jokowi naik 1 periode lagi.
image-url-apps
Kan buat warga tiong hoa, bukan event untuk muslim, bau2 intoleran
KASKUS Ads

Padahal ada Pepatah dari Negara di Padang Pasir yang mengatakan...

Untukmu Makananmu... Untukku Makananku...
Mendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner ImlekMendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner Imlek
image-url-apps
kebodohan yg dilakukan Demi ego sesaat


yuk Brutus Cari makanan kesukaan kamu emoticon-Traveller emoticon-Buldog
image-url-apps
Quote:


Brutus nya mau d kasih makan apa gan emoticon-Leh Uga
emoticon-Buldog
ada fpi cabang semarang, tenggelamkan ning terboyo ndes
image-url-apps
Ganti nama tapi definisi sama..
Malah ambigu, mending yg sebelum d ganti, jd masyarakat awam jg tau, kalau emang ada babinya..
image-url-apps
Iyain aja, ketimbang entar dirusak ato gimana..
Mendapat Protes, Festival Daging Babi di Semarang Diganti Jadi Festival Kuliner Imlek


emoticon-thumbsup
image-url-apps
Kan udah dibilangin, ini acara bukan buat umat Islam...Katanya toleran yah hormati donk acara umat lain...Kita ga mengharapkan kedatangan kalian karena makanannya haram....Ini acara khusus buat kafir
"Sebenarnya kami menyayangkan sikap mereka (FUIS). Kami sebenarnya berusaha menerapkan aturan itu dengan menyebut secara jelas bahan makanan yang digunakan. Jika berubah begini, justru menjadi abu-abu. Nanti misal ada umat muslim datang, baru tahu kalau itu daging babi sehingga merasa dijebak," papar dia.



serba salah ye?
sumbu pendek bukan kalau yang ini?
emoticon-Ngacir
image-url-apps
Kalo Di india, pesta sate Sapi gimana ya
image-url-apps
Quote:


Brutus mah hobinya makan cukiok Dan charsiu om

emoticon-Leh Uga
Quote:


Ga usah jauh2 di India, di Bali aja tukang bakso sapi dari jawa banyak yg jualan disono, ga diganggu2 tuh, malah banyak yg sukses disono...emoticon-Malu (S)
ni orang maunya apa ya. udah jelas2 itu masakan berbahan babi jd yg muslim biar gak makan atau beli. makanya dikasih nama "Pork" kalo di ganti ya jd bingung. kayak sopir saya makan bakso dikira bakso sapi ternyata babi. udah terlanjur habis pelayan baru ngomong itu bakso babi. ya udah deh.... soalnya gak ada tulisan bakso babi
Gw malah lebih takutnya kalau diganti nama jadi pake embel Imlek bakal didemo juga kalau gak siapin angpao.

Soalnya Imlek kan identik dengan angpao emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Kasih tulisan di pintu masuk nya disini gak ada makanan halal
Bikin segede gaban,pk huruf latin dan huruf arab(buat antisipasi klo ada yg gk bs baca huruf latin)
image-url-apps
Quote:


Makanan nya horang kayah emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


sumbu pendek mah biasa urusi rumah tangga orang, klo rumah tangganya disenggol paling gampang sewot emoticon-Traveller
×