alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58833e4862088182348b457d/parpol-disarankan-bentuk-koalisi-permanen
Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen
Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus senior Partai Golkar, Akbar Tanjung, menyarankan partai politik membentuk koalisi permanen. Selain menjaga stabilitas politik, fungsi pengawasan pemerintah akan lebih terasa.

 

Akbar menyarankan, koalisi dibentuk berlandaskan ideologi dan visi yang sama sehingga membuat kebersamaan politik itu kokoh. "Bangun koalisi permanen dengan landasan ideologi dan program yang jelas," ujar Akbar Tanjung dalam diskusi Populi Center dan Smart FM di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1/2017).

 

Pecah kongsi menjadi catatan Akbar kepada partai politik yang membentuk koalisi. "Yang tidak boleh adalah membentuk koalisi terus pindah haluan, alasannya misinya tidak jelas. Awalnya mungkin agendanya jelas, terus bubar karena pragmatis," ungkap dia.

 

Menurut Akbar, membentuk koalisi di luar pemerintahan lebih baik ketimbang gugur di tengah jalan. Koalisi oposisi, kata Akbar, akan memperkuat struktur negara dalam menyeimbangi koalisi pemerintah.

 

"Meski di luar pemerintahan, ada pemikiran dan kekuatan yang menjadi penyeimbang. Kita membutuhkan kekuatan yang harus mengimbangi (pemerintah) lewat check and ballance," kata Akbar.

 

Partai politik, kata Akbar, merupakan wadah rakyat untuk memberi pemahaman berpolitik. Literasi edukasi lewat partai politik menjadi cara jitu agar rakyat memahami situasi politik dalam negeri.

 

"Sekarang ini nuansanya pragmatis. Seharusnya (parpol) berikan langkah-langkah yang memiliki nilai edukasi untuk kepentingan masyarakat," ujar Akbar.

 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...alisi-permanen

---

Kumpulan Berita Terkait KOALISI PARTAI :

- Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen

- Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen Fungsi Partai Tak Melulu Memenangkan Pemilu

- Parpol Disarankan Bentuk Koalisi Permanen Pascapertemuan dengan Zulkifli Hasan, Kediaman Mega Dibanjiri Tamu

-partai mau koalisi berdasar kesamaan ideologi dan visi misi,ok itu cuma salah satu pertimbangan,seperti diketahui bersama mereka membentuk/masuk koalisi ada juga yang alasan untuk mendapat jatah baik menteri atau posisi strategis lainnya "the winners take all" apakah partai-partai siap kalo pihak koalisi politik mereka kalah? dan dengan adanya koalisi permanen begini jelas salah satu yang akan benar-benar mereka (partai) timbang adalah jumlah basis pemilihnya/pendukungnya karena memungkinkan untuk untung dan menang pemilu.
-nah ok-ok saja ada beberapa koalisi atau mungkin cuma 2 koalisi sama seperti yang sudah pernah terjadi tapi jelas ini akan tidak proposional nanti di parlemen antar propemerintah dan oposisi lagi pula siapa yang menentukan leader dari koalisi nantinya baik pro atau oposisi?apalagi rejim terus berganti-ganti di negara demokrasi ini?
-nah kerugiannya cuma satu dan mungkin akan dirasakan oleh rakyat saat pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan yang sangat tidak pro rakyat apakah partai-partai yang tergabung dalam koalisi pro pemerintah harus tetap taat/nunut saja atau bisa keluar dari koalisi tersebut?
padahal...... golkar partai paling oportunis. liat aja sepak terjangnya. emoticon-Wkwkwk

koalisi permanen tiga parpol paling korup kayaknya seru tuh : golkar, demokrat dan pdip emoticon-shakehand

apa mau dibentuk mirip sistem 2 partai kayak USA ato sistem 1 partai mirip china?

https://en.wikipedia.org/wiki/One-party_state
https://en.wikipedia.org/wiki/Two-party_system
koalisi permanen? merah putih? nyatanya bubar emoticon-Embarrassment