psdinkAvatar border
TS
psdink
Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
Peringatan: Thread ini berasal dari data dan pengetahuan pribadi yang terbatas. Jadi mohon jangan mengkultuskan thread ini sebagai kebenaran mutlak. Jika terjadi kesesatan setalah membaca thread ini bukan tanggung jawab ane.


source: interbrand.com

Juventus baru saja merilis logo barunya, tepatnya pada tanggal 16 Januari 2017. Logo ini dirancang oleh agensi desain asal Milan, Interbrand.

Sebelum membahas terlalu jauh. Agan bisa tonton video pembukaan logo baru Juventus yang berdurasi 1:34 menit dengan tema Brace yourselves. Kalo ente Juventini dijamin nyut-nyutan gan nontonnya emoticon-siul.



source: interbrand.com


Quote:

Bisa dikatakan perubahan logo baru Juventus termasuk revolusioner. Juventus meninggalkan pakem desain-desain logo lain yang berbentuk perisai. Akibatnya kecamanpun berdatangan dari suporter Juventus. Tidak sedikit suporter Juventus yang mengecam perubahan logo baru tersebut. Bahkan Juan Jesus mengklaim bahwa logo baru juventus mirip dengan logo pribadi miliknya.


source: twitter.com


Quote:

Publik menilai logo I Bianconeri terlalu sederhana dan tak menggambarkan lambang sebuah klub sepakbola. Logo baru itu juga dipandang terlalu komersil.(source: goal.com)

Terlalu komersil adalah sebuah kata kunci. Karena memang itulah tujuan yang ingin dicapai oleh Andrea Agnelli (presiden Juventus). Seperti pernyataan yang dikutip dari situs Interbrand "The new identity will then follow the team to showcase future digital, social, and retail experiences to loyal supporters, soccer enthusiasts, business partners, and entertainment enthusiasts."

Jadi bisa dikatakan perubahan bentuk logo baru ini didasarkan pada prinsip-prinsip desain logo yaitu; bentuknya sederhana sehingga mudah diingat, dapat tampil baik ketika dipasang keberbagai media, tetap terlihat jelas meski ukuran diperkecil pada skala tertentu, dan bentuknya tidak akan terpengaruh oleh perubahan jaman sehingga bisa dikatakan bentuk logo tidak akan lekang oleh waktu. Jadi logo baru Juventus bukan hanya berfungsi sebagai emblem yang terpasang di jersey klub.

"Juventus telah mengembalikan logo pada kodratnya." - kata ane emoticon-Wow


Quote:

Branding "J"


source: juventus.com

Jika diperhatikan sebelum merubah logo menjadi inisial "J" sebenarnya Juventus telah membangun brand dengan inisial "J". inisial "J" telah digunakan oleh Juventus untuk menamai J-TV, J-Cafe-J-Museum, J-Academy, dan J-Stadium. Tak ketinggalan Juventus menamai maskot mereka dengan nama Jay. Bagi yang mengerti tentang branding gerak-gerik Juventus seharusnya tidak terlalu mengejutkan.

Kekeliruan strategi branding dapat mengakibatkan kerugian melebih SAMSUNG Galaxy Note 7

Dikatakan oleh Andrea Agnelli bahwa Juventus telah melakukan riset selama satu tahun untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar. Melihat banyaknya tanggapan negatif, apakah berarti riset yang dilakukan oleh Juventus mengalami missing link?

Perubahan logo yang begitu drastis dapat menjadi kesalahan yang fatal jika Juventus tidak melakukan aktifitas branding yang tepat dan efisien. Banyaknya tanggapan negatif bisa membuktikan bahwa pesan yang ingin disampaikan atau dimaksudkan tidak sama dengan apa yang diartikan oleh pasar khususnya suporter Juventus. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah jika Juventus sudah memiliki "amunisi" untuk membangun brand-nya.

Langkah aman yang dapat dilakukan Juventus adalah dengan menggunakan ke-dua logo sekaligus. Logo lama dapat digunakan sebagai identitas klub dan logo baru dapat digunakan dalam aktifitas branding.



source: goal.com


Keberanian membangun brand "J"


Logo Juventus terlihat outstanding dibanding logo-logo lainnya

Selain keberanian "menendang" pakem desain-desain logo lama yang terlihat generik berupa bentuk perisai. Ane melihat ada tujuan besar yang ingin dibangun oleh Juventus. Yaitu membangun brand "J". Tujuan akhirnya dimana setiap orang yang mendangar atau melihat huruf "J" maka yang akan diingat adalah Juventus. Untuk mencapai hal tersebut dipastikan Juventus akan melakukan pengenalan secara besar-besaran dan butuh waktu yang panjang untuk mencapainya.

Quote:

Jika dugaan ane benar maka yang harus dilakukan oleh Juventus adalah mengikuti jejak Coca-Cola. Coca-Cola tidak menggunakan satu bentuk logotype dalam aktifitas branding-nya. Melainkan Coca-Cola menggunakan berbagai bentuk logotype tergantung karakteristik tempat tersebut.


Berbagai logotype Coca-Cola

Quote:

Patut ditunggu apakah klub-klub lain akan mengikuti jejak Juventus. Tapi yang pasti jika Juventus berhasil membangun brand "J"-nya. Ane yakin langkah revolusioner Juventus akan diikuti oleh klub-klub eropa lainnya. Wajib dinantikan nih.

Sekian gan dan terima gaji emoticon-Toast


Quote:

Pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk pembelajar dan tempatnya salah. Jadi kalo ada salah dalam penulisan baik secara materi atau ejaan tolong dikoreksi dan dimaafkan.

Spoiler for ngupi enak nih di sini gan:
Diubah oleh psdink 21-01-2017 15:20
1
8.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan