alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/588323241cbfaa84418b4567/akankah-logo-baru-juventus-diikuti-oleh-klub-klub-lain

[Juventini Wajib Masuk] Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain?

Peringatan: Thread ini berasal dari data dan pengetahuan pribadi yang terbatas. Jadi mohon jangan mengkultuskan thread ini sebagai kebenaran mutlak. Jika terjadi kesesatan setalah membaca thread ini bukan tanggung jawab ane.

Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
source: interbrand.com

Juventus baru saja merilis logo barunya, tepatnya pada tanggal 16 Januari 2017. Logo ini dirancang oleh agensi desain asal Milan, Interbrand.

Sebelum membahas terlalu jauh. Agan bisa tonton video pembukaan logo baru Juventus yang berdurasi 1:34 menit dengan tema Brace yourselves. Kalo ente Juventini dijamin nyut-nyutan gan nontonnya emoticon-siul.



source: interbrand.com


Quote:

Bisa dikatakan perubahan logo baru Juventus termasuk revolusioner. Juventus meninggalkan pakem desain-desain logo lain yang berbentuk perisai. Akibatnya kecamanpun berdatangan dari suporter Juventus. Tidak sedikit suporter Juventus yang mengecam perubahan logo baru tersebut. Bahkan Juan Jesus mengklaim bahwa logo baru juventus mirip dengan logo pribadi miliknya.

Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain

source: twitter.com


Quote:

Publik menilai logo I Bianconeri terlalu sederhana dan tak menggambarkan lambang sebuah klub sepakbola. Logo baru itu juga dipandang terlalu komersil. (source: goal.com)

Terlalu komersil adalah sebuah kata kunci. Karena memang itulah tujuan yang ingin dicapai oleh Andrea Agnelli (presiden Juventus). Seperti pernyataan yang dikutip dari situs Interbrand "The new identity will then follow the team to showcase future digital, social, and retail experiences to loyal supporters, soccer enthusiasts, business partners, and entertainment enthusiasts."

Jadi bisa dikatakan perubahan bentuk logo baru ini didasarkan pada prinsip-prinsip desain logo yaitu; bentuknya sederhana sehingga mudah diingat, dapat tampil baik ketika dipasang keberbagai media, tetap terlihat jelas meski ukuran diperkecil pada skala tertentu, dan bentuknya tidak akan terpengaruh oleh perubahan jaman sehingga bisa dikatakan bentuk logo tidak akan lekang oleh waktu. Jadi logo baru Juventus bukan hanya berfungsi sebagai emblem yang terpasang di jersey klub.

"Juventus telah mengembalikan logo pada kodratnya." - kata ane emoticon-Wow


Quote:

Branding "J"

Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
source: juventus.com

Jika diperhatikan sebelum merubah logo menjadi inisial "J" sebenarnya Juventus telah membangun brand dengan inisial "J". inisial "J" telah digunakan oleh Juventus untuk menamai J-TV, J-Cafe-J-Museum, J-Academy, dan J-Stadium. Tak ketinggalan Juventus menamai maskot mereka dengan nama Jay. Bagi yang mengerti tentang branding gerak-gerik Juventus seharusnya tidak terlalu mengejutkan.

Kekeliruan strategi branding dapat mengakibatkan kerugian melebih SAMSUNG Galaxy Note 7

Dikatakan oleh Andrea Agnelli bahwa Juventus telah melakukan riset selama satu tahun untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar. Melihat banyaknya tanggapan negatif, apakah berarti riset yang dilakukan oleh Juventus mengalami missing link?

Perubahan logo yang begitu drastis dapat menjadi kesalahan yang fatal jika Juventus tidak melakukan aktifitas branding yang tepat dan efisien. Banyaknya tanggapan negatif bisa membuktikan bahwa pesan yang ingin disampaikan atau dimaksudkan tidak sama dengan apa yang diartikan oleh pasar khususnya suporter Juventus. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah jika Juventus sudah memiliki "amunisi" untuk membangun brand-nya.

Langkah aman yang dapat dilakukan Juventus adalah dengan menggunakan ke-dua logo sekaligus. Logo lama dapat digunakan sebagai identitas klub dan logo baru dapat digunakan dalam aktifitas branding.


Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
source: goal.com


Keberanian membangun brand "J"

Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
Logo Juventus terlihat outstanding dibanding logo-logo lainnya

Selain keberanian "menendang" pakem desain-desain logo lama yang terlihat generik berupa bentuk perisai. Ane melihat ada tujuan besar yang ingin dibangun oleh Juventus. Yaitu membangun brand "J". Tujuan akhirnya dimana setiap orang yang mendangar atau melihat huruf "J" maka yang akan diingat adalah Juventus. Untuk mencapai hal tersebut dipastikan Juventus akan melakukan pengenalan secara besar-besaran dan butuh waktu yang panjang untuk mencapainya.

Quote:

Jika dugaan ane benar maka yang harus dilakukan oleh Juventus adalah mengikuti jejak Coca-Cola. Coca-Cola tidak menggunakan satu bentuk logotype dalam aktifitas branding-nya. Melainkan Coca-Cola menggunakan berbagai bentuk logotype tergantung karakteristik tempat tersebut.

Akankah Logo Baru Juventus Diikuti Oleh Klub-klub Lain
Berbagai logotype Coca-Cola

Quote:

Patut ditunggu apakah klub-klub lain akan mengikuti jejak Juventus. Tapi yang pasti jika Juventus berhasil membangun brand "J"-nya. Ane yakin langkah revolusioner Juventus akan diikuti oleh klub-klub eropa lainnya. Wajib dinantikan nih.

Sekian gan dan terima gaji emoticon-Toast


Quote:

Pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk pembelajar dan tempatnya salah. Jadi kalo ada salah dalam penulisan baik secara materi atau ejaan tolong dikoreksi dan dimaafkan.

Spoiler for ngupi enak nih di sini gan:
Diubah oleh psdink
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Buat tambahan kaskuser
Diubah oleh psdink
Forza milan
kalo ada yang ngikutin pastinya ada bray

tapi kalo dari tim papan atas kayaknya masih pikir-pikir lagi kalo mau bikin logo seperti juventus ini terlalu ekstrim perubahannya
emoticon-Maaf Agan
Apanya yang J sih, kok gue lihatnya JJ (read:Jeje) emoticon-cystg
Quote:

agensinya dari milan dan launcing juga di milan gan emoticon-Toast
Quote:

tapi kalo juve terbukti sukses ane yakin bakal diikutin tim2 gede gan. tapi mereka pasti belajar dari kesalahan juve. jadi bakal ada riset perubahan bentuk dulu dan diterima ga sama khalayak.
Quote:

cuma perbedaan interpretasi gan

emoticon-Sundul Up
Diubah oleh psdink
emoticon-Sundul Up
jangan deh gan, ga asik kalo jadi minimalis semuaemoticon-Ngakak
Quote:


kalo untuk kebutuhan industri mau ga mau gan. tapi emang paling ga logo yg udah generik itu tetep dipakai.
JJ gt ya om?simpel tapi ada dua j malahan jadi bingung maknanya emoticon-Hammer (S)
Quote:


kalo dari situs agensi dan pernyataan Agnelli sih J yg kecil itu inisial kalo yg gede sebagai perisai. jadi tetep ga ngebuang perisainya. tapi interpretasi orang pasti bakal beda2.
Emang MILANISTY takut apa sama JUVENTINY?..... *pangcingan* emoticon-Ngakak
Quote:


emang di kaskus sama kaya di goal.com gan. komentar antar suporter saling serang emoticon-Cape d...
Quote:


Bisa jadi bray, diforum bola kaskus juga sering terjadi gesekan dan perang hoax wkwk..... emoticon-Ngakak
Quote:


alay dong gan emoticon-Ngakak

"fanatisme menjurus pada kebodohan". - kata siape ane lupa emoticon-Big Grin
Quote:


Kata si Albert Einstein bray..... emoticon-Ngakak
cocoknya ini logo clothing line gan
emoticon-Ngakak
Intinya porsah jupeh bre emoticon-Cool
Wah ane interisti gan.. bingung kalo naggepin jupe..emoticon-Leh Uga
Quote:

emoticon-Toast
Quote:

emang lebih gaul logonya gan. ga berkesan kaku.
Quote:

yoi gan
Quote:

agensinya dari milan gan. tapi tau pendukung inter atau milan deh emoticon-Big Grin
Semoga gak diikutin , Futuristik sih menurut mereka tapi emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di